Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Alpukat Bantu Turunkan Kolesterol, Bernarkah ? Simak Manfaat Lainnya

Alpukat Bantu Turunkan Kolesterol, Bernarkah ? Simak Manfaat Lainnya

Diposting pada 10 August 2021 oleh admin | Dilihat: 54 kali

Siapa yang tidak kenal dengan buah alpukat ? Buah alpukat merupakan salah satu buah favorit banyak orang, di luar negeri, alpukat kerap menjadi menu makanan sehat sehari-hari. Buah yang rasanya enak ini sering dijadikan topping dalam salad atau es campur, serta dikonsumsi baik secara langsung maupun diolah menjadi jus.

Selain enak, alpukat juga memiliki beberapa nutrisi penting, salah satunya adalah lemak yang tinggi. Namun, jangan salah sangka dulu, meskipun alpukat tinggi lemak, tetapi lemak yang terdapat dalam alpukat adalah lemak sehat yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol, lho sobat herbal. Alpukat juga kaya akan nutrisi yang sangat berguna untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, Vitamin K, kalium, lutein, karbohidrat, folat, magnesium, protein serta folat.

Menurut California Avocado Commission, alpukat sebenarnya dapat membantu tubuh kamu untuk menyerap nutrisi dari makanan lain yang kamu konsumsi. Buah berwarna hijau ini juga sarat dengan lemak tak jenuh ganda dan tunggal yang dapat memberi manfaat yang besar untuk jantung dibandingkan yang lain. Ketika berbicara mengenai kolesterol, alpukat adalah buah yang baik untuk membantu menurunkan angka kolesterol kamu.

Para peneliti di Penn State University menemukan bahwa mengonsumsi satu buah alpukat dalam sehari membantu menurunkan kolesterol jahat LDL. Kolesterol itu seringkali menumpuk di dinding pembuluh darah dan menyebabkan stroke atau serangan jantung. Penny Kris Etherton, profesor nutrisi yang terlibat dalam penelitian ini mengatakan bahwa ada banyak dasar ilmiah yang menyatakan bahwa oksidasi partikel LDL bisa memicu kondisi seperti kanker dan penyakit jantung.

“Kita tahu bahwa ketika partikel LDL teroksidasi, itu memulai reaksi berantai yang dapat memicu aterosklerosis, yang merupakan penumpukan plak di dinding arteri,” kata Etherton.

Dalam studi yang dimuat di Journal of Nutrition ini, alpukat ditemukan mengandung lutein yang mampu melindungi tubuh dari oksidasi kolesterol jahat.

 

Memahami Cara Kerja Kolesterol

Kolesterol sebenarnya adalah sejenis lemak yang ada di dalam tubuh tiap orang. Lemak ini diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh dan sekitar seperempatnya dihasilkan oleh sel-sel hati. Kolesterol bisa didapatkan dari produk hewani yang kamu konsumsi sehari-hari.

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan asupan kolesterol agar tetap sehat. Namun, bila kadarnya terlalu tinggi, kolesterol bisa membuat kamu berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan yang serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi sering diberitahu bahwa mereka perlu memilih makanan dengan cermat dan menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol mereka, seperti makanan berlemak tinggi. Namun, alpukat adalah makanan pengecualian bagi mereka yang mengidap kolesterol.

 

Lemak Tinggi Tidak Selalu Berarti Lebih Banyak Kolesterol

Produk hewani berlemak tinggi, seperti susu, keju, dan telur, biasanya juga tinggi akan lemak jenuh. Lemak jenuh dan lemak trans yang banyak ditemukan dalam makanan olahan dan cepat saji ini merupakan jenis lemak yang dapat meningkatkan kolesterol jahat. Namun, tidak semua lemak bersifat jenuh. Ada juga jenis lemak tak jenuh yang dianggap sebagai jenis lemak yang sehat. Nah, alpukat merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak sehat tersebut, bahkan alpukat tidak mengandung kolesterol apapun.

Baik lemak tak jenuh ganda maupun tunggal yang terdapat pada alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Hal inilah yang menjadikan alpukat sebagai makanan yang menyehatkan jantung. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Heart Association, mengonsumsi satu alpukat per hari dapat menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) yang dikenal juga sebagai kolesterol “jahat”.

Manfaat Kesehatan Lainnya dari Alpukat

Menurunkan kolesterol bukanlah satu-satunya manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi alpukat. Studi lain menemukan bahwa makan alpukat untuk makan siang dikaitkan dengan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu orang yang memiliki berat badan berlebih untuk mengurangi berat badannya. Para peneliti juga percaya bahwa alpukat memiliki peran positif dalam mengurangi kadar gula darah.

Berkat kandungan antioksidan dan beragam nutrisi yang telah disebutkan di atas, ada banyak manfaat alpukat yang luar biasa bagi kesehatan, antara lain :

1. Sehat untuk Jantung

Buah alpukat merupakan sumber lemak sehat, protein, serat, serta aneka vitamin dan mineral yang baik bagi jantung. Riset menunjukkan bahwa pola makan tinggi buah dan sayuan, termasuk buah alpukat, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Kolesterol LDL yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan sumbatan di pembuluh darah jantung dan memicu penyakit jantung. Oleh karena itu, buah alpukat baik dikonsumsi untuk mengontrol kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Alpukat mengandung beta-sitosterol, jenis kelompok sterol yang terdapat di berbagai tanaman. Apabila dilihat struktur kimianya, beta-sitosterol mirip dengan kolesterol. Meski strukturnya mirip, fungsinya berkebalikan. Karena kandungan beta-sitosterol ini, manfaat alpukat dapat membantu Anda menjaga kadar ‘kolesterol sehat’.

2. Menjaga berat badan

Karena alpukat mengandung karbohidrat dan serat, mengonsumsi buah ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Meski berlemak, alpukat tidak menyebabkan berat badan cepat meningkat, karena jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak baik.

Namun, untuk mendapatkan manfaat alpukat yang satu ini, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan mengingat kalorinya cukup tinggi, yaitu sektiar 150–200 kalori per buahnya. Selain itu, untuk menurunkan berat badan, Anda juga dianjurkan untuk rutin berolahraga.

 

3. Menyehatkan Kulit

Manfaat alpukat bagi kecantikan muncul dari kandungan vitamin C dan vitamin E yang sudah terbukti baik untuk kesehatan kulit. Secara spesifiknya, alpukat ternyata dapat membantu menjaga kelembapan kulit, lho! Ini karena kandungan vitamin C dan vitamin E berperan penting untuk membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh matahari dan faktor lingkungan lainnya.

Kepala Departemen Ilmiah LaFlore Probiotic Skincare Maya Ivanjesku pada Healthline mengatakan bahwa lemak, vitamin, dan senyawa lain dalam alpukat membantu mempercepat perbaikan kondisi kulit kronis seperti eksim dan jerawat.

Penelitian yang dipublikasikan di Archives of Dermatological Research menyebutkan bahwa alpukat juga mengandung senyawa yang membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Kerusakan yang disebabkan ultraviolet (UV) pada kulit bisa menyebabkan keriput dan tanda penuaan lainnya.

Kandungan vitamin C dan E pada alpukat juga diketahui mampu menangkal radikal bebas. Hal ini membuat kulit Anda akan terlihat lebih muda. Manfaat ini makin terlihat karena kandungan antioksidan dalam alpukat.

Bagikan informasi tentang Alpukat Bantu Turunkan Kolesterol, Bernarkah ? Simak Manfaat Lainnya kepada teman atau kerabat Anda.

Alpukat Bantu Turunkan Kolesterol, Bernarkah ? Simak Manfaat Lainnya | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Alpukat Bantu Turunkan Kolesterol, Bernarkah ? Simak Manfaat Lainnya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 31%
Jus Curcumin

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 125.000 Rp 180.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 180.000
Stok: Tersedia
OFF 33%
Eyesberry

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 110.000 Rp 165.000
Tersedia
Rp 110.000 Rp 165.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Madu Jawara

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 59.900 Rp 100.000
Tersedia
Rp 59.900 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Focus

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR