Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal šŸ˜Š CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri šŸ˜Š
Beranda » Artikel Terbaru » Amankah Ibu Menyusui Makan Pedas?

Amankah Ibu Menyusui Makan Pedas?

Diposting pada 8 August 2022 oleh admin | Dilihat: 194 kali

Sebagian ibu menyusui khawatir untuk mengonsumsi makanan pedas karena takut ASI yang mereka produksi juga akan terasa pedas dan membuat bayi tidak mau menyusu, bahkan menimbulkan dampak negatif pada kesehatan bayi. Sebenarnya, amankah ibu menyusui makan pedas?

Larangan mengonsumsi makanan pedas saat menyusui memang sudah menjadi kepercayaan yang lumrah di masyarakat Indonesia. Bahkan,Ā laranganĀ ini sudah berlaku sejak seorang wanita mengandung.

Ibu Menyusui Boleh Makan Pedas

Makan pedas saat menyusui boleh-boleh saja dan aman, kok, asalkan makanan pedas yang Busui konsumsi masih dalam jumlah yang normal atau tidak terlalu banyak porsinya.

Segala yang Busui konsumsi memang bisa memengaruhi rasa dan aroma ASI. Namun, bukan berarti makanan pedas lantas membuat ASI Busui jadi terasa pedas juga, ya.

Busui perlu tahu bahwa ASI hanya mengambil sari-sari nutrisi dari apa yang Busui makan. Jadi, Busui tidak perlu khawatir untuk makan pedas, karena ASI yang akan diminum Si Kecil tidak akan membuatnya kepedasan.

Risiko Makan Pedas Saat Menyusui

Kendati aman dan tidak membahayakan bayi, mengonsumsi makanan pedas tetap bisa menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan bagi ibu menyusui, terlebih jika memakannya dalam jumlah yang terlalu banyak.

Ini dikarenakan kandunganĀ capsaicinĀ pada makanan pedas bisa mengiritasi lambung selama proses pencernaan terjadi. Oleh sebab itu, konsumsi makanan pedas terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan pencernaan, mulai dari diare, nyeri perut, hingga kambuhnya gejala maag atau penyakit asam lambung (GERD).

Bila kesehatan Busui terganggu, Busui nantinya bisa kesulitan untuk menyusui Si Kecil. Padahal setiap 1 hingga 2 jam sekali, bayi harus disusui secara rutin untuk menunjang pertumbuhannya.

Setelah mengetahui informasi di atas, kini Busui tidak perlu khawatir untuk makan pedas, meski sekarang masih aktif menyusui Si Kecil. Bila dikonsumsi sesekali, makanan pedas cukup aman dan jarang berisiko untuk membahayakan kesehatan Busui dan Si Kecil.

Namun, bila setelah makan pedas Busui mengalami nyeri perut, perih di dada, atau buang air besar terus-menerus, segera hentikan mengonsumsi makanan pedas tersebut.

Biasanya keluhan akibat makan pedas bisa membaik dengan sendirinya, tanpa perlu pengobatan serius. Jika keluhan tidak segera mereda dalam waktu 2 hari hingga menyebabkan Busui mengalamiĀ dehidrasiĀ atau sulit menyusui, periksakanlah diri keĀ dokterĀ untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Ibu Menyusui Makan Pedas, Benarkah Bikin Bayi Jadi Rewel?

Saat menyusui, ibu biasanya dilarang makan makanan pedas. Kata para orangtua zaman dahulu, kalau makan makanan pedas, rasa ASI juga ikutan pedas. Akibatnya, bayi yang disusui menjadi sakit perut dan lebih rewel dari biasanya.

Namun sebenarnya, boleh tidak, sih, ibu menyusui (busui) makan pedas? Bagaimana penjelasan medis tentang hal ini? Simak jawabannya di sini ya, Bu!

Bolehkah ibu menyusui makan pedas?

Banyak orang Indonesia yang menyukai makanan pedas. Pasalnya, makanan tersebut dapat menambah selera makan.

Selama menyusui, kebiasaan makan pedas mungkin masih sulit dihilangkan. Apalagi di masa ini, Anda biasanya lebih sering merasa lapar.

Memang ada sejumlah pantangan makanan selama hamil karena apapun yang bumil dikonsumsi akan langsung disalurkan melalui plasenta dan memengaruhi pertumbuhan janin.

Namun pada saat menyusui, sebenarnya tidak ada pantangan makanan khusus.

Anda boleh menyantap makanan apapun yang Anda sukai asalkan ia bersih dan sehat.

Itu artinya, ibu menyusui boleh-boleh saja makan makanan pedas.

Terlebih hingga saat ini belum ada penelitian yang menyarankan untuk menghindari jenis makanan tersebut, baik saat menyusui maupun selama hamil.

Di samping rasa, sebenarnya yang lebih penting untuk diperhatikan adalah kandungan gizi dari makanan yang Anda konsumsi selama menyusui.

Benarkah bayi menjadi rewel karena ibunya makan pedas?

Menurut studi pada jurnal Canada Family Physician, banyak ibu menyusui menghindari makanan tertentu, termasuk makanan pedas karena khawatir anaknya menjadi rewel.

Pasalnya, konsumsi makanan pedas seringkali dikaitkan dengan penyakit pada pencernaan bayi, seperti kolik, diare, dan sebagainya.

Padahal, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang menjelaskan tentang efek buruk makanan pedas terhadap bayi yang sedang menyusu.

Meskipun makanan pedas dapat memengaruhi rasa ASI, tetapi hal tersebut tidaklah menyebabkan masalah pada pencernaan bayi.

Adapun penyebab bayi kolik dan menjadi rewel bukan berarti karena makanan ibunya.

Ada banyak faktor yang mungkin memengaruhinya dan belum bisa dipastikan hingga saat ini.

Melansir Mayo Clinic, kolik sering terjadi karena sistem pencernaan bayi belum sempurna, mengalami ketidakseimbangan bakteri pencernaan, atau menderita alergi makanan tertentu.

Bayi juga bisa menjadi rewel karena kelaparan, kesepian, kelelahan, tubuhnya basah, ingin digendong, ingin mengisap sesuatu, kepanasan, atau kedinginan.

Adakah manfaatnya bila ibu menyusui makan pedas?

Bukan hanya diperbolehkan, ibu menyusui yang makan pedas justru dapat memberikan beberapa manfaat bagi ibu dan bayinya, antara lain sebagai berikut.

  • Membantu AndaĀ makan lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan kalori selama menyusui.
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga mendukung kesehatan jantung.
  • Membantu program diet untukĀ menurunkan berat badan setelah melahirkan.
  • Membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Apa saja yang perlu diperhatikan bila busui makan pedas?

Meskipun ibu menyusui boleh-boleh saja makan makanan pedas, alangkah lebih baik untuk membatasi asupan makanan tersebut agar tidak berlebihan.

Terutama bila Anda mengidap penyakit pada saluran pencernaan seperti maag, dispepsia, dan sindrom iritasi usus.

Konsumsi makanan pedas dapat memicu gejala gangguan pencernaan seperti sakit perut, asam lambung naik, diare, sembelit, dan perut kembung.

Jadi, tidak masalah Anda makan pedas selama menyusui, tetapi bila setelahnya Anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas, sebaiknya segera membatasinya

Jangan sampai aktivitas Anda dalam merawat bayi menjadi terganggu karena mengalami sakit perut.

Di samping itu, Anda sebaiknya menghindari kebiasaan makan makanan pedas dalam jumlah yang terlalu banyak.

Menurut studi pada Chinese Medical Journal, kebiasaan tersebut dicurigai menjadi salah satu faktor penyebab penyakit kanker pada pencernaan.

Meski begitu, studi tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya karena masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kecurigaan tersebut.

Untuk menghindari risiko-risiko penyakit pada pencernaan yang mungkin terjadi karena ibu menyusui makan pedas, Anda sebaiknya mematuhi hal-hal berikut.

  • Tidak makan menu yang pedas setiap hari.
  • Tidak makan makanan pedas dalam jumlah yang terlalu banyak.
  • Menurunkan tingkat kepedasan makanan dari hari-hari biasanya.
  • Memantau reaksi ibu dan bayi yang sedang disusui.

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan pengaruh ibu menyusui yang makan pedas terhadap pencernaan bayi, Anda tetap perlu memantau kondisinya untuk berjaga-jaga.

Perhatikan reaksi si kecil setelah Anda menyantap makanan tersebut.

Bila ia nampak kesakitan, sering buang air besar, tidak mau menyusu, atau gejala-gejala lainnya sebaiknya Anda berhenti dulu.

Di samping membatasi makanan pedas, ibu menyusui juga sebaiknya membatasi minuman berkafein, minuman beralkohol, ikan yang berasal dari laut, dan makanan yang memicu alergi.

Bagikan informasi tentang Amankah Ibu Menyusui Makan Pedas? kepada teman atau kerabat Anda.

Amankah Ibu Menyusui Makan Pedas? | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Amankah Ibu Menyusui Makan Pedas?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 35%
D’haid

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 45%
Dutabee Kids Boost

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 55.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 55.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 47%
Madu Qusthul Hindi Habbazait

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 79.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 79.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Duralove

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 490.000 Rp 750.000
Tersedia
Rp 490.000 Rp 750.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR