Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal ūüėä CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri ūüėä
Beranda » Artikel Terbaru » Bagaimana mengatasi asam lambung di mlm hari?

Bagaimana mengatasi asam lambung di mlm hari?

Diposting pada 25 January 2022 oleh admin | Dilihat: 35 kali

Biasanya, beberapa orang yang menderita penyakit asam lambung kerap mengalami gangguan pencernaan di malam hari. Begitu mulai berbaring di tempat tidur, penderita bisa merasakan gejala asam lambung naik di malam hari seperti rasa panas sampai nyeri di perut dan menjalar sampai ke dada (heartburn).  Selain itu, penderita juga kerap merasakan cairan asam lambung naik sampai ke kerongkongan. Alhasil, tenggorokan jadi sakit dan mulut terasa pahit. Penyakit asam lambung naik di malam hari bisa mengganggu sesi tidur nyenyak para pengidapnya.

Dilansir dari Sleep Foundation, ada beberapa penyebab asam lambung naik di malam hari, yakni:  Saat berbaring, gaya gravitasi tidak mendukung asam lambung untuk tetap berada di perut, sehingga cairan tersebut rentan kembali naik ke kerongkongan  Posisi tidur mengurangi kemampuan seseorang menelan. Padahal, menelan penting untuk mendorong asam lambung ke bawah  Air liur yang bisa menetralkan asam lambung produksinya cenderung berkurang saat seseorang tidur

Kombinasi dari beberapa hal di atas rentan memicu asam lambung naik di malam hari.  Penyakit ini jadi bertambah parah apabila penderita melakoni beberapa hal yang bisa memicu naiknya asam lambung.  Melansir Medical News Today, beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan asam lambung naik di antaranya:  Makan makanan pedas atau asam  Berat badan berlebih tidak dikontrol  Stres  Merokok atau minum alkohol  Terlalu banyak makan  Makan terlalu dekat dengan waktu tidur

Tak hanya mengganggu tidur, penyakit asam lambung naik di malam hari juga bisa mengurangi kualitas hidup secara keseluruhan.  Melansir Cleveland Clinic, berikut beberapa cara mengatasi asam lambung naik di malam hari agar tidur tak lagi terganggu:

1. Atur pola makan  Penderita asam lambung tidak boleh makan dan minum sembarangan. Untuk mengendalikan penyakit ini, penderita perlu cermat mengatur pola makan. Hindari makan berlebihan dengan porsi besar.  Ganti pola makan dengan porsi yang lebih kecil tapi sering, terutama saat makan malam. Jenis makanannya juga sebaiknya minim makanan berlemak tak sehat dan gorengan. Jaga asupan seimbang, termasuk dengan buah dan sayur.  Selain itu, ingat beberapa makanan penyebab asam lambung naik. Sejumlah penderita biasanya cukup sensitif dengan makanan pedas, tomat, lemon, susu, soda, kopi, atau alkohol.  Penderita asam lambung kronis disarankan untuk mengonsumsi makanan sebanyak 500 kalori dengan jumlah lemak sehat sebanyak 20 gram sekali makan.

2. Jangan langsung tidur setelah makan  Selain pola makan, waktu makan juga wajib diperhatikan. Penderita asam lambung jangan langsung tidur setelah makan.  Perut membutuhkan waktu empat hingga lima jam untuk mencerna seluruh makanan. Jadi, berikan jeda makan setidaknya tiga jam sebelum tidur.

3. Minum obat asam lambung  Cara mengatasi asam lambung naik di malam hari lainnya yakni minum obat asam lambung. Obat yang paling sering diresepkan untuk penyakit asam lambung yang kerap kumat atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah jenis proton pump inhibitor (PPI).  Obat tersebut umumnya aman dikonsumsi saat penyakit kumat. Namun, penggunaan obat ini dalam jangka panjang perlu didiskusikan efek sampingnya dengan dokter.

4. Gunakan bantal yang lebih tinggi  Posisi tidur saat asam lambung naik juga perlu diatur agar penyakit tak mudah kambuh. Gunakan bantal lebih tinggi saat tidur agar tubuh bisa lebih mudah miring ke kiri dan kepala sedikit terangkat.  Berbaring dengan posisi miring memungkinkan kandungan asam lambung bisa melewati sfingter esofagus bagian bawah ke perut. Selain itu, tidur dengan posisi kepala lebih tinggi juga bisa menunjang gravitasi agar mendorong asam lambung tetap bertahan di perut.

5. Setop merokok  Jika saat ini penderita asam lambung masih merokok, segera setop kebiasaan tidak sehat ini. Salah satu studi menyebutkan, berhenti merokok efektif mencegah penyakit asam lambung kambuh.  Selain mengontrol penyakit asam lambung, setop merokok juga bisa menjaga kesehatan secara keseluruhan.  Baca Juga: Ini beragam organ dalam sistem pencernaan manusia serta fungsinya

6. Jaga berat badan tetap ideal  Cara mengatasi asam lambung naik di malam hari lainnya yakni menjaga berat badan tetap ideal. Orang yang kelebihan berat badan, penyakit asam lambungnya cenderung lebih mudah kambuh. Jaga berat badan tetap ideal dengan rutin olahraga dan menjaga pola makan sehat dan seimbang.  Jika penyakit asam lambung sampai kerap bikin susah tidur, Anda wajib mengonsultasikannya ke dokter.

Apabila asam lambung naik kambuh lebih dari dua kali seminggu, pemicunya bisa karena gastroesofageal reflux disease (GERD). Apa pun penyebabnya, penyakit asam lambung naik bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya.

APA SAJA PERTOLONGAN YANG HARUS DI LAKUKAN SAAT ASAM LAMBUNG NAIK 

1. Longgarkan pakaian

Melansir Healthline, tekanan p ada perut dapat memicu naiknya asam lambung. Untuk itu, pertolongan pertama saat asam lambung naik perlu menghilangkan segala tekanan pada perut. Saat penyakit kumat, segera longgarkan ikat pinggang, kait celana, baju, atau apa pun yang membuat penderita makin merasa sesak.

2. Berdiri tegak
Posisi tubuh tertentu terkadang bisa memicu asam lambung naik. Posisi yang tidak pas atau kurang nyaman dapat memberikan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah. Bagian tubuh ini berupa otot berbentuk cincin yang mengontrol asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

Pertolongan pertama juga perlu melibatkan perubahan posisi tubuh yang lebih tegak untuk mengurangi tekanan pada sfingter esofagus. Jika saat asam lambung kambuh penderita sedang berbaring, coba posisi duduk atau berdiri. Apabila posisi penderita saat asam lambung kumat sudah berdiri, coba tegakkan postur tubuh untuk berdiri lebih tegak.

3. Mengunyah permen karet

Penelitian pada 2014 membuktikan, mengunyah permen karet dapat membantu mengatasi asam lambung naik. Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur dan menelan. Cara alami ini dapat meredakan gejala asam lambung naik dengan jalan mengencerkan dan membersihkan asam lambung dari kerongkongan

 4. Minum obat asam lambung

Pertolongan pertama saat asam lambung naik juga perlu memberikan obat yang tepat bagi penderita. Terdapat beberapa jenis obat asam lambung yang tersedia di pasangan, yakni: Antasida H2 blocker Penghambat pompa proton (PPI) Obat jenis PPI dan H2 blocker dapat mengurangi produksi asam yang dikeluarkan lambung, sehingga membantu mengatasi asam lambung naik. Sedangkan obat jenis antasida berfungsi untuk menetralkan asam lambung.

Bagikan informasi tentang Bagaimana mengatasi asam lambung di mlm hari? kepada teman atau kerabat Anda.

Bagaimana mengatasi asam lambung di mlm hari? | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Bagaimana mengatasi asam lambung di mlm hari?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 47%
Madu Qusthul Hindi Habbazait

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 79.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 79.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 43%
Madu Kewanitaan Nisa Manja

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 100.000 Rp 175.000
Tersedia
Rp 100.000 Rp 175.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Kapsul Cacing Lumbrifit

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 50.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 50.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Kapsul Wasir

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR