Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Alami untuk Menurunkan Demam pada Anak

Cara Alami untuk Menurunkan Demam pada Anak

Diposting pada 22 February 2024 oleh admin | Dilihat: 13 kali

Selain pilek, kondisi kesehatan yang sering dialami anak adalah demam. Jika ini terjadi, sebaiknya Anda jangan panik dulu. Biasanya, demam akan mereda dalam 3—4 hari. Daripada langsung membawanya ke dokter, coba dulu cara alami menurunkan demam anak di bawah ini.

Cara alami mengatasi atau menurunkan demam pada anak

6 Cara Alami Menurunkan Demam pada Bayi Tanpa Obat

Saat demam, tubuh anak sebenarnya sedang melawan adanya penyakit infeksi yang terjadi.

Temperatur tubuh yang naik merupakan mekanisme pertahanan untuk membunuh virus atau bakteri. Dengan kata lain, demam merupakan hal yang baik.

Meski begitu, Anda sebagai orangtua pasti tidak tega saat melihat anak menjadi lesu serta merasa tidak nyaman ketika demam.

Maka dari itu, orangtua bisa melakukan cara alami untuk mengatasi demam pada anak. Berikut hal yang bisa Anda lakukan.

1. Menjaga asupan cairan tubuh

Saat temperatur tubuh meningkat (panas), tubuh akan lebih mudah kehilangan cairan sehingga anak rentan mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu, pastikan kebutuhan cairan anak tetap terpenuhi. Minta anak untuk minum air putih lebih banyak.

Selain air mineral, Anda juga bisa memberikannya minuman lainnya, seperti jus buah, es mambo, dan agar-agar manis atau ASI jika si Kecil masih menyusui.

Akan tetapi, hindari memberikan minuman dengan kandungan kafein, seperti teh, karena dapat meningkatkan peluang terjadinya gejala dehidrasi pada anak.

2. Mandi air hangat

Saat anak demam, coba mandikan ia dengan air hangat. Memandikannya dengan air hangat bisa menjadi penurun panas anak alami yang ampuh.

Namun, hindari untuk memandikan anak dengan air dingin karena bisa membuatnya menggigil dan berakibat pada meningkatnya temperatur dalam tubuh.

Apabila anak menolak untuk mandi, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mencoba cara lainnya seperti membersihkan tubuhnya dengan lap hangat.

Basahi kain atau handuk kecil, lalu gosokkan pelan pada tubuh anak. Hal ini bisa membuat tubuhnya menjadi lebih nyaman dan membantu meredakan demam.

3. Kompres ketiak dan selangkangan

Pertolongan pertama untuk meredakan demam ini dapat dilakukan orangtua dengan mengompres bagian ketiak dan lipatan selangkangan anak.

Anda bisa menggunakan kompres instan atau handuk kecil yang sudah direndam di air hangat. Letakkan kompres pada bagian tubuh tersebut selama 10—15 menit.

Melansir IDAI, cara ini dapat menjadi obat demam alami untuk anak dengan membantu mengeluarkan panas lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan.

4. Beristirahat yang cukup

Kondisi tubuh setiap anak berbeda-beda. Ada yang saat demam ia merasa lemas atau bahkan masih bisa beraktivitas seperti biasa.

Walaupun begitu, Anda perlu memastikan anak tetap beristirahat. Cara alami mengatasi atau menurunkan demam anak ini dapat membantunya cepat pulih dari kondisinya.

Setidaknya, biarkan anak beristirahat di rumah sampai demam benar-benar mereda. Anak dapat kembali bersekolah atau melakukan aktivitas lainnya sampai ia benar-benar telah pulih.

5. Jaga suhu ruangan

Agar anak dapat beristirahat dengan nyaman, atur dan jaga suhu ruangan agar tetap sejuk dan tidak terlalu dingin atau panas.

 suhu ruangan setidaknya perlu dijaga di kisaran 21—23º Celsius. Namun, sesuaikan kembali suhu ruangan ini dengan kenyamanan si Kecil.

Jika suhu ruangan terlalu panas, Anda bisa membuka jendela agar udara masuk atau menggunakan pendingan ruangan (AC) atau kipas angin.

6. Makan makanan hangat dan lembut

Ketika sedang demam, anak cenderung tidak ingin makan banyak makanan. Untuk mengatasinya, Anda dapat memberikan makanan yang lembut seperti bubur.

Berikan dalam porsi kecil, tetapi sering. Jangan paksa anak untuk makan banyak. Biarkan anak makan dalam porsi yang ia mau.

Selain bubur, sup kaldu ayam hangat juga bisa menjadi pilihan menu makanan anak. Di samping membuat anak lebih nyaman, sup juga bisa membantu menambah cairan tubuhnya.

7. Gunakan pakaian yang nyaman

Selain beristirahat, cara alami mengatasi atau menurunkan demam pada anak lainnya adalah dengan memakaikan pakaian yang ringan dan juga nyaman.

Pakaian yang tebal atau berlapis hanya akan membuat suhu panas terperangkap, sehingga suhu tubuh malah meningkat.

Jika anak menggigil, pakaian selimut yang tipis untuk membantunya merasa lebih nyaman. Memakaikan selimut yang tebal merupakan salah satu hal yang tak boleh dilakukan saat anak demam.

Perlukah memberikan obat penurun panas saat anak demam?

Bila penurun panas alami di atas tak ampuh mengatasi demam anak atau si Kecil terlihat sangat tidak nyaman dan kesakitan, obat demam anak bisa Anda berikan.

Obat penurun panas yang bisa diberikan adalah parasetamol atau ibuprofen khusus anak yang telah direkomendasikan dokter.

Hindari memberikan anak obat aspirin karena hal ini bisa memicu terjadinya penyakit langka, yaitu sindrom Reye yang berakibat fatal.

Apabila anak belum mencapai usia 2 bulan, hindari penggunaan obat demam tanpa diperiksa oleh dokter.

Periksakan anak ke dokter

Anda juga sebaiknya membawa anak ke dokter jika anak demam dengan kondisi berikut ini.

  • Suhu tubuhnya melebihi 39° Celsius.
  • Si Kecil masih berusia di bawah 3 bulan dan suhunya mencapai 38º Celsius.
  • Jika anak memiliki kondisi medis khusus.

Jika diperlukan, Anda juga bisa memberi obat penurun panas alami untuk si Kecil, misalnya dari campuran bahan-bahan alami seperti madu, lemon, jahe, dan lainnya.

Perlu diingat, ketika cara alami serta pemberian obat untuk menurunkan demam pada anak tidak juga membuahkan hasil, segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Bagikan informasi tentang Cara Alami untuk Menurunkan Demam pada Anak kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Alami untuk Menurunkan Demam pada Anak | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Cara Alami untuk Menurunkan Demam pada Anak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 50%
Madu Asam Urat

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Herbal Lancar BAK

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Bidara

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 47%
Madu Qusthul Hindi Habbazait

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 79.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 79.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR