Tips Mencegah Kolesterol Tinggi:

Setelah mampu menurunkan kolesterol tinggi,kamu dianjurkan untuk mempertahankan kadar kolesterol agar tetap normal. Supaya kadar kolesterol tidak mudah naik kembali, kamu perlu menerapkan pola hidup sehat secara konsisten.

Menerapkan pola hidup sehat sebenarnya tidak sulit, selama kamu memiliki niat dan kedisiplinan dalam menjalaninya. Selain rutin berolahraga, pola hidup sehat juga mencakup pola makan yang sehat.

Agar kadar kolesterol dalam darah terkontrol dengan baik, batasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging berlemak, daging asap, sosis, es krim, makanan bersantan, biskuit, dan kue kering.

Tidak hanya itu,  makanan yang banyak mengandung gula juga perlu dibatasi. Makanan seperti ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Beberapa produk suplemen, seperti chitosan, juga diklaim dapat menurunkan dan mencegah kolesterol tinggi. Sayangnya manfaat suplemen tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

Itulah beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi yang bisa kamu lakukan, tentunya sambil menjalani pengobatan dari dokter. Dan jangan lupa, periksalah kadar kolesterol secara rutin sesuai anjuran dokter.