Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Dampak dan Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan Manusia

Dampak dan Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan Manusia

Diposting pada 11 May 2022 oleh admin | Dilihat: 18 kali

Perubahan cuaca yang ekstrim atau bisa disebut juga dengan globalisasi ternyata memiliki pengaruh bagi kesehatan manusia. Umumnya diketahui bahwa perubahan iklim hanya akan berdampak kepada lingkungan dan alam. Ternyata kondisi cuaca yang berubah-ubah secara drastis mampu mempengaruhi kondisi manusia dari segi fisik maupun non fisik. Berikut beberapa contoh pengaruh perubahan iklim terhadap kesehatan manusia.

Cuaca Panas Berlebihan Dapat Memicu Penyakit Jantung

Suhu udara yang meningkat secara signifikan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan jantung. Dan apabila seseorang mengalami dehidrasi serta terpapar panas yang ekstrim maka dapat berpotensi memicu kerusakan pada otak. Hal tersebut bisa dipastikan juga mempengaruhi perilaku manusia.

Perubahan Iklim Mempercepat Tumbuhnya Penyakit Yang Berhubungan Dengan Air

Pada beberapa negara berkembang, tingginya curah hujan dapat mengancam suplai air bersih dan meningkatkan resiko penyakit seperti dehidrasi akut dan diare misalnya. Padahal setiap tahunnya penyakit diare tercatat menimbulkan kematian pada kurang lebih 760.000 balita. Belum lagi masalah kontaminasi industrial yang dapat mempengaruhi kualitas air.

Cuaca Dingin Ekstrim Menyebabkan Daya Imun Menurun

Selain panas yang ekstrim, cuaca dingin yang berlebihan juga bisa mengakibatkan daya imun tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit. Pada masa pancaroba ini bukan hanya manusia yang tidak bisa selalu keluar rumah, akan tetapi bakteri-bakteri dalam tubuh juga akan terperangkap dan menyebabkan daya imun menurun.

Hari Cerah dan Udara Sejuk Dapat Meningkatkan Mood

Tak hanya berpengaruh pada fisik, perubahan cuaca juga berdampak bagi psikologis manusia. Contoh mudahnya adalah ketika cuaca di satu hari cerah ditambah dengan udara yang sejuk, maka secara otomatis kita akan merasa bahagia dan mood atau semangat dapat meningkat ketika hendak beraktifitas. Cuaca cerah merangsang energi yang positif bagi tubuh dan otak kita.

Cuaca Ekstrim Dapat Menimbulkan Penyakit Psikologis

Selaras dengan poin sebelumnya, perubahan cuaca yang ekstrim juga dapat menimbulkan penyakit psikologis bagi manusia. Misalnya saja mereka yang tinggal di daerah rawan bencana alam. Tentunya akan banyak perubahan iklim serta traumatik tersendiri yang menimbulkan penyakit psikologis.

Dampak Cuaca Panas terhadap Tubuh dan Kesehatan, Jangan Anggap Sepele

Belakangan, cuaca di beberapa wilayah di Indonesia terasa lebih panas dari biasanya. Apakah kamu merasakannya juga?

Banyak kabar beredar yang menyebutkan bahwa ini adalah fenomena gelombang panas. Namun berdasarkan pemantauan BMKG, Indonesia tidak mengalami gelombang panas. Meski begitu memang ada peningkatan cuaca panas di beberapa daerah.

Perubahan cuaca ke arah yang lebih panas ini ternyata memberikan dampak bagi tubuh lho. Mulai dari mudah pusing, mudah lelah, hingga pada kasus yang ekstrim menyebabkan kejang dan membahayakan nyawa. Yuk pelajari lebih lanjut seputar dampak cuaca panas pada tubuh!

Dampak cuaca panas pada tubuh dan kesehatan

Cuaca panas nyatanya sangat memengaruhi kondisi fisik maupun mental manusia. Seseorang akan lebih sensitif, mudah marah dan kehilangan konsentrasi untuk bekerja saat ada peningkatan suhu di sekitarnya.

Tingginya suhu dan panasnya cuaca juga akan membuat tubuh manusia mengeluarkan berbagai reaksi. Berikut adalah sederet dampak dari cuaca panas bagi tubuh dan kesehatan

1. Berkeringat

Hal pertama yang terjadi pada tubuh ketika cuaca panas adalah berkeringat. Tubuh mengeluarkan keringat sebagai cara alami untuk mendinginkan suhu tubuh. Namun pada cuaca yang sangat panas, produksi keringat mungkin akan lebih banyak dari biasanya.

2. Dehidrasi

Tubuh akan mengeluarkan banyak cairan ketika dihadapkan dengan suhu yang panas. Cairan yang keluar biasanya juga mengandung mineral penting seperti natrium dan kalium sehingga tubuh rentan mengalami dehidrasi.

Kamu mungkin akan merasa lebih haus, kekeringan pada bibir dan lidah dan buang air kecil lebih sedikit dari biasanya. Untuk mengatasi dehidrasi, cobalah untuk beralih ke tempat sejuk dan minum minuman yang dapat mengganti cairan tubuh.

3. Kelelahan

Saat kamu menghabiskan waktu di bawah cuaca yang sangat panas, tubuh mungkin mengeluarkan terlalu banyak cairan yang enyebabkan kamu merasa lelah.

Kelelahan akibat cuaca panas sering ditandai dengan  lemah, pusing, mual, dan sakit kepala. Bila ini terjadi, beristirahatlah di tempat sejuk dan berikan asupan minum yang cukup.

4. Ruam kulit

Ketika cuaca dan suhu udara lebih panas, tubuh akan berkeringat lebih banyak. Kondisi ini mengakibatkan keringat lebih mudah tersumbat. Terutama di bagian lipatan tubuh seperti ketiak, selangkangan, leher, siku, dan di bawah payudara.

Keringat yang tersumbat di pori-pori biasanya akan menimbulkan benjolan kecil berwarna merah. Kondisi ini juga rentan terjadi pada bayi, terutama di bagian bawah dagu serta selangkangan.

Untuk mencegah ruam kulit, pastikan kamu mengenakan pakaian longgar dengan bahan yang menyerap seperti katun. Kemudian, cobalah untuk mencari tempat sejuk agar tubuh tetap kering.

5. Terbakar sinar matahari

Paparan sinar matahari secara langsung pada kulit yang tanpa perlindungan akan membuat kulit terbakar.

Luka bakar akibat sinar matahari akan membuat kulit kemerahan, gatal, nyeri, dan terasa hangat saat disentuh. Pada kasus yang lebih parah, kamu juga bisa lecet, sakit kepala, demam, hingga mual. Dalam jangka panjang, paparan matahari juga meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Bila kamu mengalaminya, oleskanlah gel aloe vera serta tempelkan kain dingin. Kemudian minum banyak air dan jangan menyentuh-nyentuh luka bakar.

6. Denyut jantung lebih cepat

Cuaca yang panas juga akan jantung berdetak lebih cepat. Jantung juga akan memompa darah lebih banyak ke area kulit karena ini merupakan cara tubuh melepaskan sebagian panas. Akibatnya, bagian tubuh lain tidak mendapat pasokan darah yang cukup.

Kondisi inilah yang kemudian membuat kamu merasa lelah. Terutama bila sedang melakukan pekerjaan dengan beban fisik maupun mental yang berat.

7. Tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah juga bisa kamu alami ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Hal ini disebabkan oleh tubuh yang kehilangan cairan dan elektrolit. Pembuluh darah juga akan membesar sehingga produksi keringat lebih tinggi.

Ketika kedua hal tersebut terjadi, tekanan darah akan menurun dan dapat membuatmu merasa pusing bahkan pingsan.

8. Pusing

Perasaan pusing serta kesulitan berkonsentrasi juga umum dirasakan ketika cuaca sedang memanas. Kondisi ini normal dan dapat diatasi dengan beristirahat di tempat sejuk.

9. Pingsan

Panas dapat membuat dehidrasi dan membuat otak sulit mendapatkan pasokan darah sehingga kamu akan merasa pusing hingga pingsan.

10. Heat stroke

Heat stroke adalah dampak yang paling bahaya dari cuaca panas bagi kesehatan tubuh. Kondisi ini terjadi akibat tubuh tidak mampu mengontrol suhu. Kemudian suhu tubuh meningkat drastis hingga 41° C dalam hitungan menit.

Biasanya tubuh tidak dapat mengeluarkan keringat, kulit mengering dan terasa panas. Gejala lain juga mungkin timbul seperti pusing, detak jantung cepat, mual, dan sakit kepala.

Jika tidak diobati, heat stroke dapat menyebabkan kejang, koma, hingga kematian.

Tips menghadapi cuaca panas

Perubahan cuaca adalah hal yang tidak bisa dihindari. Supaya tidak mengalami dampak buruk akibat cuaca yang terlalu panas di wilayahmu, berikut ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Minum banyak cairan
  • Minimalisir kegiatan di luar ruangan
  • Gunakan pakaian yang longgar, berbahan ringan serta berwarna cerah
  • Jangan lupa gunakan tabir surya
  • Hindari aktivitas fisik yang berat saat siang hari
  • Mandi
  • Jangan tinggalkan anak atau hewan peliharaan di dalam mobil
  • Pastikan berkegiatan di tempat yang sejuk

Itu dia dampak dari cuaca panas pada tubuh dan kesehatan. Penting untuk kamu memerhatikan perubahan cuaca di wilayahmu agar bisa beradaptasi dengan baik. Jadi, jangan lagi anggap sepele masalah perubahan cuaca ya.

Bagikan informasi tentang Dampak dan Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan Manusia kepada teman atau kerabat Anda.

Dampak dan Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan Manusia | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Dampak dan Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan Manusia

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 35%
Vcos 350ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 98.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 98.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 33%
Eyesberry

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 110.000 Rp 165.000
Tersedia
Rp 110.000 Rp 165.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Kapsul Kunyit Putih Bio Griya Annur

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Asam Urat

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR