Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Diposting pada 16 October 2021 oleh admin | Dilihat: 61 kali

kolesterol tinggi sering dijuluki sebagai penyakit yang hanya bisa menimpa orang tua atau orang gemuk. Padahal, kolesterol tinggi juga bisa dialami orang yang berusia muda dan bertubuh kurus. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui apa saja penyebab kolesterol naik untuk mengetahui seberapa besar risiko Anda, juga sekaligus menghindari risiko komplikasinya di kemudian hari.

Berbagai penyebab dan faktor risiko kolesterol tinggi

Faktanya, ada banyak hal yang bisa jadi penyebab kolesterol tinggi. Mulai dari kebiasaan sehari-hari yang sebenarnya bisa dicegah

1. Pertambahan usia

Salah satu faktor risiko kolesterol tinggi adalah usia. Semakin bertambahnya usia Anda, maka kemungkinan untuk mengalami kondisi ini semakin besar. Sebagai contoh, pria yang usianya sudah menginjak 45 tahun ke atas dan wanita yang usianya sudah lebih dari 55 tahun ke atas, memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami kolesterol tinggi dan serangan jantung .

Namun, bukan berarti pada usia yang telah disebutkan, Anda pasti mengalami kondisi tersebut. Saat usia menjadi faktor risiko dari kolesterol tinggi, hal ini biasanya dipengaruhi oleh perubahan fungsi dan metabolisme tubuh yang juga semakin menurun. Jadi, tak heran jika kebanyakan orang lanjut usia memiliki kolesterol LDL lebih tinggi daripada anak muda.

Akan tetapi, bukan berarti anak muda tidak bisa mengalami kondisi tersebut. Apalagi, kondisi ini seringnya tidak menunjukkan gejala kolesterol tinggi  tertentu. Maka dari itu, Anda tetap harus menjaga kadar kolesterol tetap normal , meski Anda masih muda. Salah satunya dengan menjaga pola makan sehat.

2. Terbiasa pola makan tak sehat

salah satu penyebab kolesterol adalah kebiasaan makan yang tidak sehat. Kebiasaan makan dan jajan sembarangan dapat menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah.

  • Konsumsi makanan kaya lemak jenuh berlebih

Mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh dan lemak trans memang dapat meningkatkan kadar lemak di dalam tubuh. Masalahnya, semakin tinggi kadar lemak dalam tubuh, semakin tinggi pula potensi Anda mengalami kolesterol tinggi.

Lemak jenuh memang mudah ditemukan pada makanan. Anda bisa menemukannya pada daging sapi, daging domba, mentega, krim, dan keju yang terbuat dari 2% susu.

Sementara itu, makanan yang terbuat dari tumbuhan dan memiliki kandungan kolesterol tinggi adalah kelapa serta minyak kelapa. Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh bisa menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol.

Tak hanya itu, lemak trans adalah lemak yang telah diolah oleh pabrik dan ditambahkan dengan hidrogen untuk membuat minyak sayuran menjadi lebih kental. Sama halnya dengan lemak jenuh, lemak ini juga bisa menjadi penyebab kadar kolesterol tinggi.

Hal ini disebabkan, lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan justru menurunkan kadar kolesterol baik di dalam darah. Mengingat tubuh masih membutuhkan asupan lemak, ganti asupan lemak jenuh dan lemak trans dengan lemak tak jenuh.

Anda bisa menemukannya pada minyak zaitun, buah zaitun, kacang-kacangan seperti kenari dan kacang almond, serta asam lemak omega-3 pada ikan. Pasalnya, lemak tak jenuh dapat membantu Anda mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh.

  • Konsumsi asupan gula dan alkohol berlebih

Ketika Anda didiagnosis menderita kolesterol tinggi, mungkin Anda hanya fokus untuk untuk membatasi makan makanan berlemak. Namun, banyak yang dari Anda yang tidak memperhatikan asupan gula dan alkohol.

Padahal, kalori berlebih yang mungkin Anda dapatkan dari gula dan alkohol akan berubah menjadi kolesterol trigliserida yang dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah Anda.

Salah satu cara cara agar kadar kolesterol seimbang adalah dengan mengurangi semua asupan gula, termasuk minuman manis, alkohol, dan karbohidrat olahan seperti roti, dan pasta.

  • Kurang konsumsi kolesterol

Meski kerap dipandang negatif, nyatanya tubuh membutuhkan kolesterol. Tubuh mendapatkan kolesterol dari dua sumber, yakni dengan membuatnya sendiri di hati serta dari makanan yang dikonsumsi.

Saat asupan kolesterol menurun, tubuh Anda akan memproduksi lebih banyak kolesterol untuk mencukupi kebutuhannya. Oleh sebab itu, terlalu membatasi konsumsi makanan berkolesterol justru dapat mengakibatkan kolesterol Anda melonjak tinggi sekalipun telah hidup sehat. Anda tetap dapat mengonsumsi jenis makanan ini asalkan dalam jumlah sewajarnya.

  • Salah dalam menentukan pantangan

Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak tak jenuh dan mengurangi makanan serta minuman manis, Anda juga perlu mengatur pola makan. Jangan sampai Anda salah dalam menentukan pantangan makanan.

Biasanya, untuk menghindari kolesterol, Anda menghindari telur yang mengandung kolesterol tinggi. Padahal, saat menghindarinya, Anda justru melewatkan protein tinggi yang terdapat pada telur.

Anda boleh-boleh saja makan satu butir telur dalam sehari , tetapi tidak disarankan untuk makan steak dan segelas susu setelahnya. Artinya, pastikan bahwa Anda tidak sembarang menghindari segala makanan. Hal yang terpenting adalah menentukan batasan yang tepat.

Cara menetukan pola makan yang tepat adalah dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan yang baik untuk kolesterol . Sebagai contoh, mengurangi makanan tinggi kolesterol meski tidak berhenti mengonsumsinya sama sekali dan meningkatkan makanan kaya serat. Ya,makanan berserat menurunkan kolesterol

3. Malas bergerak

Bagikan informasi tentang Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi kepada teman atau kerabat Anda.

Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 36%
Vicos 60 ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 25.000 Rp 39.000
Tersedia
Rp 25.000 Rp 39.000
Stok: Tersedia
OFF 31%
Jus Curcumin

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 125.000 Rp 180.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 180.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Bidara

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 37%
Happy Slim

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 85.000 Rp 135.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 135.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR