Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal ūüėä CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri ūüėä
Beranda » Artikel Terbaru » Ini Alasan Kenapa Quality Time Bersama Anak Sangat Penting!

Ini Alasan Kenapa Quality Time Bersama Anak Sangat Penting!

Diposting pada 14 October 2022 oleh admin | Dilihat: 156 kali

Sebagai orang tua, apakah kamu sudah meluangkan waktu yang cukup untuk si kecil? Meski pandemi ini membuat orang tua lebih sering berada di rumah, tetapi masih banyak yang belum memanfaatkan momen ini untuk memiliki quality time bersama anak. Padahal, quality time ini penting banget, lho. Bukan hanya bermanfaat bagi anak saja, tetapi juga untuk orang tua.

Dengan quality time, orang tua bisa memantau perkembangan anak dan semakin mengenal mereka. Sebagai orang tua yang hidup di zaman modern ini, penting untuk menjadwalkan waktu bersama anak tanpa ada gangguan apapun.

Arti Quality Time

Apa Itu Quality Time? Kenali Artinya dan Manfaat Menerapkannya

 

Quality time itu sendiri apa sih? Nah, quality time ini berarti meluangkan waktu untuk memberikan perhatian penuh tanpa ada distraksi. Orang tua dan anak bisa melakukan hal-hal baru atau melakukan hobi bersama. Quality time juga bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana, misalnya seperti berbincang dan saling bertukar cerita dengan anak.

Lalu, apa saja manfaat dari quality time bersama anak?

Manfaat Quality Time Bersama Anak

1. Mendorong Komunikasi yang Terbuka

Ini Alasan Kenapa Quality Time Bersama Anak Sangat Penting!

Dengan melakukan quality time, anak bisa berbincang dan bercerita tentang berbagai hal. Mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti cerita sehari-hari, hingga membicarakan hal-hal yang mereka rasakan atau pikirkan. Hal ini akan mendorong hubungan komunikasi yang baik dengan anak.

Ingat, penting sekali untuk menjadi pendengar yang baik untuk anak. Maka dari itu, orang tua perlu memberikan perhatian dan fokus yang penuh ketika anak sedang bercerita, sehingga mereka merasa nyaman dan mau untuk terbuka. Komunikasi yang terbuka ini akhirnya akan membangun bonding antara orang tua dan anak.

2. Membangun Self-Esteem Anak

Pentingnya Membangun Self Esteem pada Anak - Sang Buah Hati

Nah, masih berkaitan dengan poin pertama, quality time juga bisa membantu anak membangun self-esteem atau harga diri mereka. Anak yang terbiasa berkomunikasi dengan orang tuanya akan lebih percaya diri untuk berkontribusi dalam percakapan dan menyampaikan pendapat mereka.

Selain karena komunikasi yang bagus, self-esteem yang baik juga dapat dibentuk dengan memberikan apresiasi kepada anak. Orang tua juga bisa mengajak anak melakukan kegiatan yang berkesan dan bermakna bagi mereka.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak

Perhatian dan kasih sayang yang orang tua tunjukkan kepada anak mereka, tentu akan berdampak pada kesehatan mental dan emosional. Anak harus sadar dan tahu bahwa mereka dicintai oleh orang tua mereka.

Orang tua juga tidak hanya memberi tahu bahwa mereka mencintai anak-anak mereka, tetapi juga menunjukkannya. Ini penting, lho! Kasih sayang dan cinta yang orang tua tunjukkan juga bukan hanya di waktu-waktu penting saja, seperti Hari Anak atau hari ulang tahun, tetapi di kehidupan sehari-hari secara teratur, salah satunya dengan cara quality time.

Nah, itu dia manfaat dari quality time bersama anak. Quality time menjadi salah satu kegiatan yang penting untuk dilakukan oleh orang tua dan anak, karena dapat membangun hubungan yang erat dan harmonis.

Apa saja sih manfaat quality time dengan anak? Berkumpul bersama keluarga menjadi sebuah momen yang membahagiakan ya, Ma. Tapi juga enggak bisa dipungkiri terkadang berbagai kesibukan menyita waktu sampai mengurangi waktu kebersamaan dengan keluarga

Mama sendiri sedang merasa nih kalau quality time dengan keluarga menjadi lebih berkurang akhir-akhir ini.
Anak-anak Mama sudah mulai kembali ke sekolah usai pembelajaran tatap muka kembali diberlakukan. Suami Mama juga belakangan semakin sibuk dengan pekerjaannya. Berarti saatnya Mama mulai mencari lagi nih momen buat keluarga berkumpul bersama.
Sebenarnya quality time ini tak hanya dilihat dari jumlah waktu kebersamaannya, tetapi juga bagaimana waktu tersebut dihabiskan. Meskipun sekadar mengobrol, nonton film, atau bermain bersama, yang terpenting adalah bisa semakin mempererat hubungan antara orang tua dan anak-anak.
Terlebih lagi quality time juga bisa berguna bagi perkembangan si buah hati loh. Jadi apa saja sih manfaat quality time dengan anak?

Manfaat Quality Time dengan Anak

1. Mengembangkan Perilaku Positif pada Anak
7 Cara Mengembangkan Perilaku Positif pada Anak Sejak Dini | Popmama.com
Keluarga yang hangat dan harmonis akan berpengaruh pada kepribadian anak di masa yang akan datang. Salah satu cara agar suasana keluarga tetap hangat adalah dengan meluangkan waktu bersama atau quality time.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pusat Nasional untuk Ketergantungan dan Penyalahgunaan Zat dari Arizona State University menyatakan bahwa anak-anak dan remaja yang jarang menghabiskan waktu makan malam bersama keluarga, berpotensi dua kali lebih besar menggunakan ganja, minum alkohol, serta kemungkinan muncul perilaku agresif lainnya.
Sementara itu anak yang lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga, umumnya memiliki sifat yang lebih positif serta kooperatif terhadap lingkungan di sekitarnya.
2. Membangun Self Esteem pada Anak
Tips Membangun Self-Esteem Anak Halaman 1 - Kompasiana.com
Anak-anak yang menghabiskan banyak waktu bersama orang tuanya akan lebih bisa membangun rasa harga diri yang positif atau yang disebut juga dengan self esteem.
Adanya quality time membuat anak-anak merasa lebih dihargai oleh orang tua mereka. Si kecil pun bakal merasa lebih positif mengenai diri mereka sendiri.
Menghabiskan waktu bersama keluarga ini enggak perlu juga dengan jalan-jalan yang mahal di mal kok. Cukup dengan bersepeda atau bermain game bersama anak, yang penting menjadi bermakna bagi setiap anggota keluarga.
3. Semakin Memperkuat Ikatan Keluarga
5 Aktivitas yang Dapat Memperkuat Ikatan Keluarga Halaman all - Kompas.com
Keluarga yang rutin berbagi aktivitas bersama akan semakin membentuk ikatan emosional yang kuat. Banyak studi yang telah membuktikan bahwa anak yang menikmati banyak waktu bersama keluarganya akan semakin memperkuat ikatan emosionalnya terhadap orang tua serta saudara-saudaranya.
Jadi mulai sekarang lebih banyak luangkan waktu bersama anak-anakmu ya, Ma!
4. Dapat Memperbaiki Komunikasi
Tips memperbaiki komunikasi dengan anak untuk orangtua milenial - TheWriters.id - Komunitas Menulis Indonesia - Sebelum Mati Buatlah Minimal Satu Buku
Ketika menghabiskan waktu bersama anak-anak, kita juga artinya sedang semakin membuka peluang baginya untuk mengembangkan kemampuan komunikasinya. Ketika quality time, setiap anggota keluarga bebas untuk mengungkapkan apa yang sedang mereka rasakan.
Atau cukup bertanya pada anak bagaimana kegiatannya dan perasaannya pada hari ini. Dengan hal tersebut, anak menjadi bisa lebih terbuka dan merasa semakin nyaman untuk bercerita kepada orang tuanya.
5. Membantu Prestasi Akademik Anak Menjadi Lebih Baik
Apa yang Harus Dilakukan saat Prestasi Anak Menurun di Sekolah?
Anak yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga akan memiliki prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan dengan yang jarang melakukan quality time. Dengan quality time ini, anak biasanya bisa akan mendapatkan semangat yang lebih ketika belajar.
Saat ke sekolah mereka juga menjadi lebih nyaman karena telah mendapatkan dukungan dari keluarga maupun saudara-saudaranya.
Nah itu dia beberapa manfaat quality time dengan anak. Yang terpenting

Bagikan informasi tentang Ini Alasan Kenapa Quality Time Bersama Anak Sangat Penting! kepada teman atau kerabat Anda.

Ini Alasan Kenapa Quality Time Bersama Anak Sangat Penting! | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Ini Alasan Kenapa Quality Time Bersama Anak Sangat Penting!

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 40%
Madu Jawara

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 59.900 Rp 100.000
Tersedia
Rp 59.900 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 39%
Garlic Sauda

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 55.000 Rp 90.000
Tersedia
Rp 55.000 Rp 90.000
Stok: Tersedia
OFF 41%
Obat Batuk Herbal Dewasa

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 50.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 50.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Eyesberry

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 125.000 Rp 250.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 250.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR