Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal ūüėä CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri ūüėä
Beranda » Artikel Terbaru » Ini Cara Merawat Newborn yang Perlu Diperhatikan

Ini Cara Merawat Newborn yang Perlu Diperhatikan

Diposting pada 13 May 2022 oleh admin | Dilihat: 5 kali

Segala sesuatu yang baru tentu mendebarkan dan membuat khawatir, termasuk ketika menjadi ibu baru. Tidak adanya pengalaman langsung merawat bayi baru lahir tentu akan menimbulkan banyak kebingungan. Nah daripada bingung, yuk simak beberapa tips dan cara merawat newborn berikut ini!

Pertama, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika merawat bayi baru lahir, yaitu:

1. Jaga Kebersihan

Karena daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa, ibu perlu memperhatikan baik-baik masalah kebersihan sebelum memegang atau menggendong bayi. Cucilah tangan terlebih dahulu sebelum menyentuhnya, agar terhindari dari bakteri dan virus yang dapat menyebabkan Si Kecil sakit.

2. Berhati-Hati Saat Menggendong dan Mengajak Bayi Bermain

Menggendong bayi baru lahir tentu lebih membutuhkan kehati-hatian ketimbang menggendong bayi berusia 7 bulan lebih. Perhatikan cara memegang bagian kepala dan leher. Jangan pernah mengguncang tubuh bayi saat membangunkan atau menenangkannya, karena dapat memicu perdarahan otak.

3. Jangan Mandikan Sebelum Tali Pusar Copot

Selama tali pusar bayi belum copot, sebaiknya jangan mandikan ia. Cukup seka badannya dengan menggunakan waslap atau handuk lembut. Ketika tali pusatnya sudah copot, ibu baru boleh memandikannya. Namun, perhatikan jenis sabun dan shampo yang digunakan. Pastikan untuk menggunakan produk yang diperuntukkan khusus untuk bayi.

Jika masih bingung dan khawatir jika produk yang digunakan bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi Jangan lupa juga siapkan benda-benda pendukung lain yang diperlukan untuk memandikan bayi baru lahir, seperti handuk lembut dan bak mandi bayi.

4. Ganti Popok Terus? Wajar Kok

Mengganti popok mungkin merupakan salah satu hal yang dianggap sulit bagi ibu baru, yang belum pernah mengganti popok bayi sebelumnya. Jika Si Kecil sering sekali butuh ganti popok, bahkan hingga 10 kali dalam sehari, itu wajar kok. Frekuensi ganti popok pada bayi baru lahir biasanya tergantung asupan yang diterimanya. Bayi yang sejak lahir diberi susu formula biasanya lebih sering pipis dan buang air besar, ketimbang bayi yang hanya diberi ASI.

Buang air besar pertama yang dialami bayi baru lahir adalah sekitar sehari atau dua hari sejak kelahirannya. Kotoran bayi baru lahir umumnya berwarna hitam. Perlu diketahui bahwa itu adalah mekonium, yaitu lendir, cairan ketuban, dan semua yang ditelan bayi saat berada di dalam kandungan.

5. Susui Bayi Sesering Mungkin

Bayi baru lahir umumnya perlu diberi susu sekitar 8-15 kali dalam sehari. Hal ini karena kapasitas perutnya yang masih sangat kecil. Ibu harus menyusuinya sesering mungkin tanpa menunggu hingga ia menangis atau berteriak. Sebab, ketika menangis, bayi malah akan lebih sulit menelan susu karena lidahnya tidak berada dalam posisi yang tepat untuk meneguk cairan.

Fakta tentang Bayi Baru Lahir

Kelahiran sang buah hati ke dunia tentu menjadi kegembiraan tak tergantikan bagi orangtuanya. Banyak sekali hal-hal menakjubkan tentang Si Kecil yang tentunya akan selalu membuat ibu dan ayah kagum dengan dirinya. Berikut ulasannya.

Meski baru saja menjadi penghuni baru dunia, bayi sudah memiliki banyak hal unik tentang dirinya untuk kedua orangtuanya. Tak hanya suara tangisnya yang menjadi penanda haus, lapar, ngantuk, atau ada yang keliru pada tubuhnya. Banyak sekali fakta menarik tentang bayi baru lahir yang nyatanya belum diketahui orangtua.

Misalnya, mata bayi memiliki ukuran mata sekitar 70 persen dari ukuran yang dimiliki oleh orang dewasa. Lalu, mata bayi baru lahir memiliki panjang 16,5 milimeter, sementara mata orang dewasa panjangnya sekitar 24 milimeter. Nah, apa lagi fakta unik lain yang dimiliki oleh bayi baru lahir?

  • Kotoran Pertama Tidak Berbau

Kotoran pertama bayi baru lahir tidak berbau. Ini dikarenakan bayi belum memiliki bakteri usus yang membuat bau pada kotoran. Selama di dalam perut ibu, bayi juga hanya mengonsumsi cairan dari rahim ibu, sehingga bau kotoran pertamanya sama sekali tidak ada. Nanti setelah bayi menyusui, bakteri akan mulai hidup di dalam ususnya, dan setelah dua atau tiga hari, buang air besar bayi akan menjadi hijau, kuning, dengan bau yang familiar.

  • Bayi Terkadang Berhenti Bernapas

Saat sedang tidur, ternyata ada kemungkinan bayi berhenti bernapas selama 5 sampai 10 detik. Pernapasan tidak teratur ini normal kok, bu. Namun, jika bayi berhenti bernapas untuk waktu yang lebih lama atau wajah dan tubuhnya berubah menjadi biru, ibu perlu waspada. Saat bayi bersemangat atau setelah menangis, mereka mungkin mengambil lebih dari 60 napas dalam satu menit.

Jika ibu mendapati bayi tidak bernapas dalam waktu lama hingga muka dan tubuhnya membiru, segera tanyakan pada dokter Jika memang dibutuhkan, ibu bisa langsung membuat janji di rumah sakit sehingga pengobatan bisa segera

  • Amandel Bayi Memiliki Pengecap

Meskipun bayi memiliki jumlah sensor rasa yang hampir sama dengan anak-anak dan orang dewasa yang lebih muda, sensor pada bayi yang baru lahir mencakup lebih banyak area, termasuk amandel dan bagian belakang tenggorokan.

Bayi baru lahir bisa merasakan manis, pahit, dan asam, tetapi tidak asin (sampai sekitar 5 bulan). Ketika bayi mulai mengonsumsi makanan padat, mereka akan cenderung menyukai makanan yang sama yang dikonsumsi ibu saat hamil dan menyusui.

  • Menangis Tanpa Air Mata pada Awal Kehidupannya

Bayi mulai menangis sekitar 2‚Äď3 minggu, tetapi air mata tidak muncul sampai mereka berusia sekitar satu bulan. Puncak atau kuantitas menangis paling sering terjadi sekitar 46 minggu setelah kelahiran atau ketika usia bayi menginjak 6‚Äď8 minggu jika lahirnya cukup bulan.

  • Bayi Baru Lahir Memiliki Payudara

Bayi baru lahir, baik laki-laki maupun perempuan bisa terlihat memiliki payudara kecil. Ini terbentuk karena bayi menyerap estrogen dari ibu, dan biasanya akan hilang dalam beberapa minggu. Bayi perempuan juga bisa mengalami haid kecil atau keputihan yang berlangsung selama beberapa hari.

  • Lebih Suka Menghadap ke Kanan

Hanya 15 persen bayi baru lahir lebih suka menoleh ke kiri saat berbaring telentang. Sepertinya itu terkait dengan gen, sama seperti bayi yang memiliki lesung pipit. Biasanya ini berlangsung selama beberapa bulan, dan kondisi tersebut juga dapat membantu menjelaskan mengapa lebih banyak orang mengalami kidal.

  • Memiliki Lebih Banyak Sel Otak Tertentu

Meskipun otak bayi akan membesar lebih dari dua kali lipat ukurannya pada tahun pertama kehidupannya, tetapi bayi sudah memiliki sebagian besar sel saraf yang membawa pesan listrik. Banyak dari neuron ini tidak akan tergantikan sampai meninggal. Jadi, orang dewasa memiliki lebih sedikit sel otak tertentu ketimbang bayi.

Bagaimana, banyak sekali bukan keunikan dan fakta menarik pada bayi baru lahir? Siap-siap untuk terus terkejut dengan hal baru yang mereka bawa sepanjang perjalanan pertumbuhan dan perkembangannya, ya! Jangan lupa, terus berikan dampingan dan bimbingan agar sang buah hati lebih cepat belajar.

Fakta Menarik Seputar Bayi dan Perkembangannya

Kelahiran seorang bayi tak hanya membawa kebahagiaan, namun juga banyak ‘kejutan terutama untuk kedua orang tua yang merawatnya. Kejutan tersebut menyangkut hal-hal baru yang terjadi selama masa awal kehidupannya di dunia.

1. Si Kecil belajar bicara sejak dalam kandungan

Bayi sudah bisa mendengar suara ibunya dan suara lain di luar kandungan sejak usia 23-24 minggu di dalam kandungan. Bahkan, bagi kebanyakan bayi, suara ibu merupakan suara yang paling mereka sukai. Jadi, tidak heran kalau bayi baru lahir terlihat senang saat mendengarkan ibunya bicara atau bernyanyi.

Jadi, meskipun Si Kecil baru mulai bisa bicara pada usia sekitar 1 tahun, sebenarnya dia sudah belajar bicara sejak dalam kandungan, dengan cara mendengarkan suara Bunda.

2. Bayi baru lahir menangis tanpa mengeluarkan air mata

Menangis identik dengan mengeluarkan air mata. Nah, bayi yang baru lahir itu ternyata belum bisa meneteskan air mata ketika menangis. Umumnya mereka hanya mengerang dan berteriak.

Hal ini karena kelenjar air mata mereka belum benar-benar berkembang dengan sempurna, sehingga belum dapat memproduksi air mata dalam jumlah yang cukup untuk dikeluarkan ketika menangis. Bayi baru akan mengeluarkan air mata saat menangis ketika usianya sudah lebih dari 3-4 minggu.

3. Feses pertama bayi biasanya berwarna hijau gelap dan tidak berba

Bunda tidak perlu khawatir jika feses Si Kecil yang baru lahir berwarna hijau gelap atau nyaris hitam. Feses pertama bayi yang disebut mekonium ini terdiri dari lendir, cairan ketuban, sel kulit, cairan empedu, dan lanugo (rambut halus bayi) yang tertelan oleh bayi sewaktu ia masih dalam kandungan. Feses pertamanya ini juga tidak berbau karena belum terdapat bakteri di usus.

Bakteri normal di dalam usus Si Kecil baru mulai tumbuh setelah ia mendapatkan ASI. Dalam beberapa hari setelah bayi menyusui, fesesnya akan mulai berubah warna menjadi hijau, kuning, atau kecokelatan, dengan tekstur yang lebih padat dan berbau layaknya feses pada umumnya.

4. Bayi punya lebih banyak tulang daripada orang dewasa

Tulang bayi baru lahir berjumlah 300, sedangkan orang dewasa hanya memiliki 206 tulang. Jumlah tulang bayi akan berkurang seiring bertambahnya usia karena beberapa tulangnya yang menyatu.

Sebagai contoh, pada awal terbentuk, tengkorak bayi terdiri dari tiga tulang yang disambung oleh tulang rawan. Hal ini untuk memudahkan bayi keluar dari jalan lahir. Nah, tulang-tulang tersebut pada akhirnya akan menyatu dan membentuk satu tulang padat.

5. Bayi baru lahir hanya bisa melihat jelas dari jarak yang sangat dekat

Bayi baru lahir hanya bisa melihat dengan jelas benda yang jaraknya 20-30 cm dari wajah mereka. Di luar itu, semuanya masih tampak seperti bayangan samar. Saat usia bayi satu atau dua bulan, bayi baru mampu memfokuskan padangannya pada mainan atau benda lain yang diletakkan di depan matanya.

Namun, saat memasuki akhir bulan ke-3 atau menjelang usia 4 bulan, ia sudah mampu melihat bentuk dan warna benda dengan lebih jelas.

6. Lambung bayi baru lahir hanya sebesar kacang kenari

Inilah alasan mengapa bayi baru lahir perlu sering disusui. Si Kecil tidak punya ruang yang cukup di lambungnya untuk menampung ASI dalam jumlah banyak sekaligus. Bahkan, gelembung udara sekecil apa pun bisa memakan tempat di dalam lambungnya. Itulah sebabnya, bayi perlu disendawakan sebelum dan setelah menyusu.

Lambung bayi akan terus tumbuh dan berkembang dengan pesat hingga berukuran sebesar telur ayam saat usianya 2 atau 3 minggu. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan cairannya, susuilah Si Kecil secara teratur dan sering, sampai usianya 6 bulan.

7. Perkembangan otak bayi laki-laki berbeda dengan bayi perempuan

Meskipun masih menjadi perdebatan, hasil penelitian menunjukkan bahwa otak bayi laki-laki cenderung tumbuh lebih cepat daripada otak anak perempuan pada tiga bulan pertama kehidupannya. Disebutkan juga bahwa bagian otak yang tumbuh lebih pesat adalah lobus frontal yang mengendalikan gerakan tubuh.

Sementara itu, bayi perempuan yang baru lahir diketahui memiliki indera yang lebih tajam. Mereka dapat melihat dan mendengar lebih baik daripada bayi laki-laki. Bayi perempuan juga dikatakan memiliki kemampuan bicara yang lebih baik dibanding bayi laki-laki.

Akan tetapi, perbedaan ini tidak mutlak menjadikan bayi laki-laki dan perempuan berbeda. Tumbuh kembang bayi tetap dipengaruhi oleh pola asuh, nutrisi, dan interaksi antara bayi dan lingkungan sekitarnya.

8. Bayi baru lahir akan tidur hingga 18 jam

Kebanyakan bayi yang baru lahir lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Kebutuhan tidur tiap bayi tidaklah sama, namun rata-rata adalah sekitar 15-17 jam per hari.

Waktu tidur bayi baru lahir tidak menentu dan ia bisa tidur kapan saja. Namun ketika bayi sudah mulai belajar membedakan siang dan malam hari, biasanya ia akan lebih mudah tidur di tempat yang cahayanya redup dan suasanya hening.

Selain fakta menakjubkan di atas, masih banyak lagi hal-hal unik dan menakjubkan seputar bayi baru lahir. Misalnya, bayi baru lahir tidak bisa merasakan rasa asin hingga umurnya mencapai 5 bulan, bayi biasanya memiliki tanda lahir, dan kebanyakan bayi baru lahir juga lebih senang tidur menghadap kanan.

Dalam hal komunikasi, bayi memiliki banyak trik untuk mencuri perhatian ayah dan ibunya, misalnya dengan menangis, mengerang, atau berceloteh.

Dengan mengetahui fakta-fakta unik seputar bayi dan perkembangannya, diharapkan setiap orang tua dapat lebih memahami apa yang terjadi selama bulan-bulan pertama kehidupan buah hatinya di dunia, serta selama proses tumbuh kembangnya.

Bagikan informasi tentang Ini Cara Merawat Newborn yang Perlu Diperhatikan kepada teman atau kerabat Anda.

Ini Cara Merawat Newborn yang Perlu Diperhatikan | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Ini Cara Merawat Newborn yang Perlu Diperhatikan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 37%
Happy Slim

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 85.000 Rp 135.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 135.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Focus

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Asam Urat

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 47%
Madu Qusthul Hindi Habbazait

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 79.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 79.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR