Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal šŸ˜Š CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri šŸ˜Š
Beranda » Artikel Terbaru » Kebiasaan Buruk Penyebab GERD

Kebiasaan Buruk Penyebab GERD

Diposting pada 10 August 2022 oleh admin | Dilihat: 184 kali

Asam lambung telah menjadi salah satu penyakit yang sudah umum dijumpai saat ini atau lebih sering disebut sebagaiĀ gerd. Gastroesophageal reflux diseaseĀ sendiri cukup rentan terhadap beberapa jenis makanan sehingga Anda wajib memilih makanan yang aman bagi lambung.

Dilansir dari WebMD, penyakit GERD secara umum dapat didiagnosnosis ketika refluks asam lambung terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu atau menyebabkan peradangan di kerongkongan. Beberapa kondisi yang bisa dikenali sebagai gejala penyakit asam lambung di antaranya, yakni:

Heartburn atau sensasi terbakar di dada Bau mulut Kerusakan emai gigi karena asam berlebih Merasa seperti isi perut kembali ke tenggorokan atau mulut (regurgitasi) Nyeri dada Batuk kering terus-menerus Asma Kesulitan menela.
Bagi para penderita asam lambung, ada sejumlah kebiasaan buruk yang tak boleh lagi dilakukan. Jangan dilanggar, karena hal ini ditujukan untuk mencegah terjadinya ketidaknyamanan akibat gangguan medis tersebut. Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disesase (GERD) di sini bisa dipahami sebagai bentuk kronis dari refluks asam lambung atau naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus).

Penyebab penyakit GERD

Gastroesophageal reflux disease atau yang lebih umum disingkat dengan GERD merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus).

Dalam kondisi normal, sfingter (katup) pada kerongkongan bagian bawah, berfungsi sebagai jalan masuknya makanan dari mulut menuju ke sistem pencernaan.

Sfingter esofagus (kerongkongan) dilengkapi oleh otot-otot yang akan terbuka secara otomatis ketika Anda menelan makanan, dan kembali menutup setelahnya.

Namun pada kasus GERD, otot sfringter esofagus ini lemah hingga tidak bisa menutup dengan sempurna. Maka itu, asam lambung bisa naik ke kerongkongan dan menjadi penyebab utama dari penyakit GERD.

Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, umumnya akan timbul gejala seperti nyeri dan sensasi panas di dada yang disebut heartburn. Kenaikan asam lambung yang terbilang sering bisa membuat menimbulkan iritasi lapisan kerongkongan.

Alhasil, lapisan kerongkongan pun meradang atau terluka. Meski kebanyakan orang yang mengalami GERD mengalami peradangan pada lapisan kerongkongan, tapi ternyata tidak selalu.

Melansir International Foundation for Gastrointestinal Disorders, GERD bisa muncul tanpa merusak saluran kerongkongan. Sekali pun mengalami iritasi atau luka, biasanya tingkat keparahan GERD dan peradangannya bergantung pada beberapa hal.

Mulai dari frekuensi atau seberapa sering terjadinya kenaikan asam lambung, lama waktu asam lambung berada di kerongkongan, hingga jumlah asam tersebut.

Singkatnya, penyebab GERD yakni ketika otot sfringter di bagian bawah kerongkongan melemah dan terbuka, ketika seharusnya tertutup.

 

PenyebabĀ AsamĀ LambungĀ Naik

Lalu, apa saja kebiasaan yang dapat menjadi penyebab asam lambung naik ? Ada beberapa kegiatan yang wajib kamu hindari agar tidak membuat asam lambung naik.

1. Sering Mengonsumsi Buah dan Sayur yang Asam

Buah dan sayuran jenis ini merupakan makanan penyebab asam lambung. Oleh sebab itu, cobalah hindari jeruk, lemon, ataupun anggur karena bersifat asam. Selain itu, hindari pula tomat dan salad yang ditambahi cuka. Ingat, buah dan sayuran jenis ini bisa memicu asam lambung, terutama dikonsumsi saat perut kosong.

2. Gemar Makanan dan Minuman Bergas

Sederhananya kamu harus menghindari makanan yang menyebabkan atau memperberat gejala sakit maag. Salah satunya, hindari mengasup menu-menu yang mengandung gas dan terlalu banyak serat. Misalnya, sayuran sawi, buah nangka, kol, pisang ambon, kedondong, dan buah yang dikeringkan.

3. Porsi yang Berlebihan

Bagi kamu yang sering makan berlebihan, rasanya perlu harap-harap cemas. Sebab saat lambung terisi penuh, maka mungkin saja makanan tersebut akan menekan diafragma. Kondisi ini ujung-ujungnya bisa membuat kita mengalami sesak napas atau napas yang dangkal. Tak cuma itu saja, lambung yang terisi penuh juga bisa memicu makanan kembali naik ke esofagus atau kerongkongan.

Selain dapat membuat lambung penuh dan bekerja ekstra, makan dalam jumlah banyak bisa memicu masalah pada sistem pencernaan. Nah, kondisi inilah yang bisa memunculkan gejala kembung, mual, rasa begah, hingga nyeri perut.

4. Kebiasaan Ngopi

Alasannya, minuman ini bisa merangsang pengeluaran asam lambung. Sebenarnya enggak cuma kopi saja yang mesti dihindari pengidap maag, minuman, seperti sari buah dan susu full cream juga mesti dihindari.

5. Bercuka dan Pedas

Ada juga makanan pedas dan bercuka yang masuk ke dalam kelompok makanan penyebab asam lambung. Makanan pedas ini mesti diwaspadai bagi pengidap maag karena bisa mengiritasi lapisan dalam kerongkongan dan menyebabkan nyeri ulu hati.

Selain itu, ada juga makanan dengan sumber karbohidrat yang sebaiknya dihindari penderita maag. Misalnya, mie, bihun, ubi, beras ketan, jagung, talas, dan dodol.

6. Berbaring Setelah Makan

Punya kebiasaan berbaring setelah makan? Awas kebiasaan ini bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Ketika berbaring tubuh tidak lagi memiliki gravitasi untuk membantu menjaga isi perut tetap ada di perut. Saat berbaring, makanan yang dikonsumsi justru berisiko bocor melalui sfingter esofagus.Ā Oleh sebab itu, hindarilah berbaring sehabis makan untuk mencegah naiknya asam lambung.

 

7. Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak

Makanan jenis ini bisa memicu peningkatan tekanan asam lambung. Cobalah hindari makanan berlemak, seperti daging sapi, kentang goreng, keripik kentang, es krim, susu, keju, dan makanan-makanan berminyak lainnya.

Bagikan informasi tentang Kebiasaan Buruk Penyebab GERD kepada teman atau kerabat Anda.

Kebiasaan Buruk Penyebab GERD | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Kebiasaan Buruk Penyebab GERD

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 50%
Eyesberry

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 125.000 Rp 250.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 250.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Ananda

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 25%
Annur Madu Randu

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 180.000 Rp 240.000
Tersedia
Rp 180.000 Rp 240.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Asam Urat

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR