Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Lebih Sehat dengan Membiasakan Tidur Sebelum Jam 10 Malam

Lebih Sehat dengan Membiasakan Tidur Sebelum Jam 10 Malam

Diposting pada 29 November 2021 oleh admin | Dilihat: 99 kali

Menjaga kualitas tidur merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kualitas hidup yang lebih baik.

Bukan saja baik secara fisik tapi juga mental dan pikiran menjadi lebih sehat dengan memenuhi waktu tidur di malam hari.

Mencukupi waktu tidur di malam hari sangatlah penting. Waktu tidur di malam hari tidak bisa digantikan di waktu pagi atau siang hari.

Walaupun jumlah waktu tidur tetap 6 hingga 9 jam, tetapi tidur di malam hari tak tergantikan. Sebab, banyak proses biologis yang terjadi oleh tubuh di waktu malam.

Dalam berbagai penelitian juga menyatakan bahwa tidur malam sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental.

Hal ini dikarenakan oleh tubuh memiliki waktu kerja. Sehingga, apabila tubuh mendapatkan haknya di waktu yang tepat maka tubuh dapat bekerja dengan baik.

1. Terhindar dari berbagai penyakit

Membiasakan tidur sebelum jam 10 malam terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini dikarenakan pada saat tidur di waktu antara jam 10 malam hingga 2 pagi tubuh akan mengeluarkan senyawa yang disebut sitokin. Senyawa ini berperan penting terhadap sel-sel kekebalan tubuh. Senyawa ini akan membantu tubuh melawan peradangan dan infeksi.

Orang-orang yang membiasakan tidur sebelum jam 10 malam memiliki kemungkinan yang lebih kecil terkena penyakit mematikan, seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan kanker. Mereka akan memiliki tubuh yang lebih sehat dan kuat

2. Tubuh menjadi lebih berenergi

Tidur merupakan hal utama yang diperlukan oleh tubuh untuk beristirahat. Pada beberapa penelitian, seseorang yang membiasakan tidur sebelum jam 10 malam terbukti semangat hidup yang lebih baik. Sebab, ia menjadi lebih berenergi di pagi hari dibandingkan dengan orang yang tidur larut malam.

Menurut Matt Walker, pemimpin Sleep and Neuroimaging Lab University of California bahwa antara pukul 8 hingga 12 malam otak akan mendapatkan REM (Rapid Eye Movement) dan non REM yang dibutuhkan berfungsi secara optimal.

Tidur REM adalah tidur yang ditandai dengan gerakan cepat dan acak mata. Sedangkan non REM adalah tidur dengan pergerakan mata yang lambat. Jika kebutuhan tubuh REM terlewatkan maka kemungkinan tubuh akan merasa lelah keesokan harinya.

3. Berat badan yang lebih terkontrol

Salah satu manfaat dari membiasakan tidur sebelum jam 10 malam adalah terhindar dari kenaikan berat badan. Sebab, tidur tepat waktu sangat memengaruhi tubuh dalam mengontrol berat badan.

Terbukti bahwa orang-orang yang sering tidur larut malam memiliki bobot tubuh yang lebih tinggi. Sebab, tidur terlalu larut merangsang hormon ghrelin diproduksi oleh tubuh. Hormon ini adalah hormon yang membuat rasa lapar.

Sedangkan disaat bersamaan metabolisme tubuh melambat sehingga makanan yang dikonsumsi akan tersimpan menjadi lemak.

4. Menjaga kondisi kesehatan mental

Seseorang yang terbiasa tidur larut malam sangat rentan terhadap masalah mental, seperti mudah cemas, stres, hingga depresi. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon kortisol yang meningkat.

Hormon ini biasa dikenal juga sebagai hormon stres yang berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah ke otak sehingga otak bisa aktif bekerja.

Hormon kortisol dalam kondisi normal akan meningkat di pagi hari dan akan menurun di malam hari. Jika yang terjadi adalah produksi hormon kortisol meningkat di malam hari maka otak akan aktif di malam hari dimana seharusnya otak beristirahat. Hal ini yang memicu seseorang rentan terhadap masalah mental.

Dengan membiasakan tidur sebelum jam 10 malam maka alarm tubuh akan bekerja normal. Sehingga, hormon kortisol hanya akan diproduksi di waktu yang dibutuhkan. Dengan begitu, kondisi kesehatan mental akan terjaga.

5. Meningkatkan kemampuan kognitif

Membiasakan diri tidur sebelum jam 10 malam terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Tidur yang cukup akan membuat seseorang menjadi lebih mudah berkonsentrasi dan fokus. Bahkan, ia cenderung produktif dan memiliki ide-ide yang inovatif dan kreatif. Tidur yang cukup akan membantu otak untuk berfungsi secara optimal.

Memiliki kualitas tidur yang baik memiliki dampak baik yang sangat banyak dalam meningkatkan kualitas hidup.

Bahkan, membiasakan tidur sebelum jam 10 malam terbukti dapat menghindari beberapa penyakit mematikan. Jadi, jangan sepelekan hal ini sebagai sesuatu yang tidak penting karena efek jangka panjangnya sangat banyak.

 

Bagikan informasi tentang Lebih Sehat dengan Membiasakan Tidur Sebelum Jam 10 Malam kepada teman atau kerabat Anda.

Lebih Sehat dengan Membiasakan Tidur Sebelum Jam 10 Malam | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Lebih Sehat dengan Membiasakan Tidur Sebelum Jam 10 Malam

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 36%
Vicos 60 ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 25.000 Rp 39.000
Tersedia
Rp 25.000 Rp 39.000
Stok: Tersedia
OFF 30%
Mangosta

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 70.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 70.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 24%
Annur Madu Raw Honey

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 190.000 Rp 250.000
Tersedia
Rp 190.000 Rp 250.000
Stok: Tersedia
OFF 43%
HRP Susut Perut

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 84.900 Rp 150.000
Tersedia
Rp 84.900 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR