Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal šŸ˜Š CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri šŸ˜Š
Beranda » Artikel Terbaru » Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Darah Tinggi

Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Darah Tinggi

Diposting pada 21 March 2022 oleh admin | Dilihat: 27 kali

Ā Hipertensi adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah melebihi batas normal.

Hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa adanya gejala, dimana tekanan darah yang tidak normal di dalam arteri menyebabkan meningkatnya risiko terhadapĀ stroke, aneurisma atau pelebaran pembuluh darah, gagal jantung, serangan jantung, dan kerusakan ginjal, dilansir dariĀ Mayo Clinic.

MelansirĀ Cleveland Clinic, makanan asin dan manis, serta makanan tinggi lemak jenuh, dapat meningkatkan tekanan darah.

Salah satu cara untuk menjaga tekanan darah tetap normal adalah dengan memerhatikan asupan makanan. Misalnya dengan menghindari makanan yang bisa memicu tekanan darah tinggi.

Pengidap Darah Tinggi Perlu Hindari Makanan Ini

Ada beberapa makanan yang perlu dihindari atau setidaknya benar-benar dibatasi oleh pengidap darah tinggi, yaitu:

1.Garam

Makanan utama yang perlu dijadikan ā€œmusuhā€ oleh pengidap darah tinggi adalah garam atau natrium. Hal ini karena garam dapat mengikat cairan, sehingga meningkatkan volume darah.

Akibatnya, tekanan darah jadi meningkat. Jika kamu mengidap darah tinggi, asupan garam perlu dibatasi, yaitu maksimal 1.500 miligram per hari, atau setara dengan 1 sendok teh.

2.Acar

Karena terdiri dari potongan sayuran, seperti timun dan wortel, kamu mungkin mengira bahwa acar menyehatkan. Namun, acar biasanya diberi tambahan garam agar awet, sehingga tidak baik bagi pengidap darah tinggi. Tambahan garam dalam acar dapat mengendap dalam mentimun, bagaikan spons yang menyerap air.

3.Makanan yang Digoreng

Salah satu proses memasak yang banyak digemari adalah menggoreng. Namun, makanan yang digoreng dapat menjadi pantangan bagi pengidap darah tinggi, karena dapat mengandung lemak trans.

4.Kulit Ayam

Mungkin kamu tak menyangka, tetapi kulit ayam juga merupakan salah satu makanan yang sebaiknya dihindari pengidap darah tinggi. Alasannya karena kulit ayam banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Terlebih jika diolah dengan cara digoreng.

5.Daging Olahan

Aneka daging olahan seperti sosis, sering kali dikemas dengan natrium, agar awet dan kaya rasa. Jika dicampurkan dengan makanan tinggi garam lainnya, seperti keju, berbagai bumbu, dan acar, tentu asupan garam dalam tubuh jadi berlebihan.

6.Sup dan Tomat Kalengan

Makanan kalengan seringkali jadi solusi praktis saat menyiapkan makanan. Namun, makanan seperti sup dan tomat kalengan nyatanya tinggi natrium, sehingga tidak baik bagi pengidap darah tinggi.

Sekaleng sup ayam dan sayur mengandung sekitar 2.140 miligram natrium, sedangkan satu porsi (135 gram) saus marinara mengandung 566 miligram natrium. Cukup tinggi, bukan? Terlebih jika kamu mengonsumsi makanan lain yang juga mengandung garam.

Untuk menyiasatinya, carilah produk makanan kalengan yang rendah natrium, atau buat sendiri sup dan saus tomat dari bahan alami. Dengan begitu, kamu bisa mengatur berapa jumlah garam yang ingin dimasukkan.

7.Makanan dan Minuman Manis

Makanan dengan kalori ekstra dan tinggi gula dapat menyebabkan berat badan bertambah dengan cepat. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menjadi pemicu tekanan darah tinggi.

Hal ini karena tumpukan lemak dalam tubuh dapat membuat jantung bekerja ekstra menyempitkan pembuluh darah sehingga terjadilah darah tinggi. Oleh karena itu, batasi konsumsi gula harian, dengan cara mengurangi makanan dan minuman manis.

8.Margarin

Margarin mengandung lemak trans yang berbahaya bagi pengidap darah tinggi. Namun, ada beberapa produk margarin yang tidak mengandung lemak trans. Jadi, baca label kemasan dengan teliti, karena sangat penting untuk selalu menghindari lemak trans dari manapun sumbernya.

9.Alkohol

Sering mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Hal ini juga dapat merusak dinding pembuluh darah, serta meningkatkan risiko komplikasi lebih lanjut.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari pengidap darah tinggi. Selain menghindari makanan-makanan tersebut, penting juga untuk menerapkan pola hidup sehat lain, seperti rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, dan istirahat yang cukup.

Mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensiĀ memang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius. Namun, hal itu bukan akhir dari segalanya, karena tekanan darah tinggi bisa dikelola dengan baik, agar tidak menimbulkan komplikasi.

Bagikan informasi tentang Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Darah Tinggi kepada teman atau kerabat Anda.

Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Darah Tinggi | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Darah Tinggi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 35%
Herbal Lancar BAK

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Kapsul Cacing Lumbrifit

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 50.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 50.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Kapsul Wasir

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 43%
HRP Susut Perut

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 84.900 Rp 150.000
Tersedia
Rp 84.900 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR