Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal šŸ˜Š CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri šŸ˜Š
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada 9 February 2022 oleh admin | Dilihat: 33 kali

Rasanya tidak lengkap kalau makan asinan atau rujak buah tanpa kehadiran bengkoang. Makanan ini memiliki rasa yang manis serta tekstur yang crunchy, sehingga sering jadi favorit banyak orang. Apalagi, makanan ini pun memiliki ragam manfaat yang tentu saja baik untuk kesehatan Anda. Lantas, tahukah kamu apa saja manfaat dan khasiat dari bengkoang, dan kandungan gizi apa saja yang tersimpan dalam makanan ini?

Kandungan gizi dalam bengkoang

Bengkoang atau bengkuang, dengan nama latin Pachyrrhizus erosus, adalah salah satu jenis umbi-umbian yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Meski demikian, jenis umbi ini sudah banyak ditemukan di Asia, termasuk Indonesia, dan seringkali menjadi bahan masakan atau sebagai camilan harian.

Di dalam bengkoang juga terdapat kandungan gizi penting lain, yaitu fitonutrien (phytonutrient), yang berasal dari tanaman dan menjadi pemberi warna pada tanaman tersebut. Adapun fitonutrien diketahui memiliki sifat antioksidan yang baik bagi tubuh Anda.

Ragam manfaat bengkoang untuk kesehatan:

1.Baik untuk bakteri di usus

Bengkuang mengandung banyak inulin, yang merupakan serat prebiotik. Prebiotik adalah zat yang dapat digunakan oleh bakteri di dalam tubuh da menghasilkan sejumlah manfaat kesehatan.Ā  Meskipun sistem pencernaan tidak dapat mencerna atau menyerap prebiotik seperti inulin, bakteri di usus dapat memfermentasi mereka.Ā  Diet tinggi prebiotik dilaporkan dapat meningkatkan populasi bakteri “baik” di usus dan mengurangi jumlah bakteri tidak sehat.Ā  Penelitian telah menunjukkan bahwa jenis bakteri di usus dapat memengaruhi berat badan, sistem kekebalan tubuh, dan bahkan suasana hati.Ā  Mengkonsumsi makanan prebiotik juga baik untuk meningkatkan pertumbuhan jenis bakteri yang dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan penyakit ginjal.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Kandungan bengkoang yang juga penting untuk tubuh adalah kalsium, magnesium, tembaga, fosfor, dan zat besi. Berbagai jenis mineral ini diketahui bermanfaat bagi tubuh untuk meningkatkan kepadatan tulang serta membantu menyembuhkan dan memicu pertumbuhan tulang baru yang rusak.

Namun nyatanya, tak hanya mineral tersebut yang berperan. Bengkuang juga diketahui mengandung inulin, yaitu salah satu jenis prebiotik yang dapat membantu mempertahankan mineral di tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi risiko pengeroposan tulang (osteoporosis).

3.Mengontrol kadar gula darah

Bengkoang mengandung kadar glukosa rendah yang baik untuk penderita diabetes, karena tidak akan meningkatkan gula darah. Selain itu, kandungan serat dalam bengkoang pun dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga Anda tidak akan makan terlalu banyak. Adapun kedua hal ini dapat membantu melawan diabetes yang Anda alami.

Bahkan, mendukung hal tersebut, sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa pemberian ekstrak bengkoang pada tikus, dapat mengurangi kadar gula darah secara signifikan serta meningkatkan sensitivitas insulin.

4.Mengontrol berat badan

Bengkoang merupakan makanan rendah kalori, sehingga sayuran umbi ini cocok bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan serat dalam bengkoang juga bisa meningkatkan rasa kenyang, sehingga membantu menjaga pola makan Anda.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, menjadikan bengkoang sebagai camilan sehat untuk diet sangat cocok dilakukan.

5.Menjaga kesehatan otak

Khasiat bengkoang yang tidak kalah penting yang bisa Anda dapatkan adalah otak yang lebih sehat. Hal ini didukung dengan adanya kandungan vitamin B6 atau piridoksin yang penting untuk perkembangan otak secara normal, termasuk fungsi kognitif, serta menjaga kesehatan sistem saraf dan sistem kekebalan.

Tak hanya untuk otak, vitamin B6 juga berperan dalam mengubah asam protein menjadi asam amino, yang digunakan tubuh untuk membantu memperbaiki proses metabolisme dan kerja organ tubuh.

6. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat bengkoang untuk menjaga kesehatan kulit tentu sudah sering Anda dengar. Khasiat ini bisa Anda peroleh karena kandungan vitamin C yang ada dalam bengkoang. Adapun vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu memproduksi kolagen agar kulit tetap sehat.

Jenis vitamin ini dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan kulit karena berperan dalam sintesis kolagen dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu memperbaiki dan mencegah kulit kering, serta melindungi kulit dari sinar matahari.

7. Menurunkan risiko kanker

Efek antioksidan dari vitamin C, vitamin E, selenium, dan senyawa lainnya dalam bengkoang juga berdampak positif pada pencegahan penyakit kanker. Sebagaimana informasi sebelumnya, senyawa antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas serta mencegah kerusakan sel yang merupakan penyebab berbagai penyakit kronis. Adapun hal tersebut dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Tak hanya itu, kandungan inulin dalam bengkoang juga berperan untuk mengurangi risiko kanker tertentu, terutama kanker usus besar.

Cara mengonsumsi bengkoang:

Umumnya konsumsi bengkoang sebagai tanaman umbi-umbian yaitu pada bagian akar. Pada bagian inilah kamu bisa mengonsumsi langsung dagingnya atau mengolahnya kembali menjadi masakan.

Namun, kamuĀ  harus berhati-hati pada bagian tumbuhan lainnya. Jangan sekali-kali mengonsumsi bagian daun, bunga, atau biji, karena justru mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh kamu.

Oleh karena itu, jika kamuĀ  membudidayakan tanaman ini, sebaiknya jangan pernah mencoba mengolah bagian tersebut atau menjadikannya sebagai obat. kamuĀ  pun harus segera menghubungi dokter jika sesuatu terjadi pada kamuĀ  setelah mengonsumsi bagian tersebut.

Konsultasikan juga pada dokter jika kamuĀ  ingin memanfaatkan khasiat bengkoang untuk mengobati penyakit tertentu. Dokter akan memberi saran terbaik sesuai dengan kondisi kamu.

Bagikan informasi tentang Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Tubuh kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Tubuh | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Tubuh

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 25%
Honey Maag

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Kapsul Lancar BAB

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 64.900 Rp 100.000
Tersedia
Rp 64.900 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 43%
Madu Kewanitaan Nisa Manja

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 100.000 Rp 175.000
Tersedia
Rp 100.000 Rp 175.000
Stok: Tersedia
OFF 39%
Garlic Sauda

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 55.000 Rp 90.000
Tersedia
Rp 55.000 Rp 90.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR