Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal šŸ˜Š CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri šŸ˜Š
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Buah Rambutan Si Manis yang Kaya Antioksidan

Manfaat Buah Rambutan Si Manis yang Kaya Antioksidan

Diposting pada 14 January 2022 oleh admin | Dilihat: 32 kali

Buah tropis dengan nama LatinĀ Nephelium lappaceumĀ ini cukup mudah ditemukan di Asia. Dagingnya berwarna putih dengan biji didalamnya, bentuknya juga mirip seperti leci dengan rasa yang sangat manis.

Tak kalah dengan buah lainnya, rambutan juga digemari oleh berbagai kalangan usia. Bukan hanya rasanya saja yang lezat, berbagai kandungan gizi di dalamnya pun mampu mendukung kesehatan .

Sebelum menyimak berbagai manfaat lainnya, berikut ini merupakan beberapa fakta unik yang bisa kamu ketahui mengenai rambutan:

  • Rambutan bisa diartikan sebagai buah yang memiliki kulit seperti rambut.
  • Bisa tumbuh hingga 25 meter, namun bila dibudidayakan hanya bisa tumbuh sekitar 5-10 meter.
  • Masih berhubungan dengan leci, karena masih dalam salah satu suku buahĀ Sapindaceae.
  • Minyak dari biji rambutan bisa diolah sebagai lilin dan sabun.

Kandungan Gizi Buah Rambutan

Berbagai manfaat yang bisa kamu terima dari rambutan tidak terlepas dari berbagai kandungan gizi didalamnya. Buah manis berwarna merah ini juga termasuk rendah kalori, di dalam 100 gram (g) rambutan terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Protein: 0,9 g
  • Karbohidrat: 18 g
  • Serat: 0,8-1 g
  • Kalsium: 15 miligram (mg)
  • Fosfor: 15 mg
  • Zat besi: 0,5 mg
  • Natrium: 15 mg
  • Kalium: 110 mg
  • vitamin cĀ  60 mg

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Karena kaya akan antioksidan dan vitamin C, buah rambutan mampu bantu tingkatkan imunitas tubuh dan mengatasi infeksi. Ada pun sederet manfaat lain yang bisa kamu terima jika mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat:

1. Kaya Akan Antioksidan

Rambutan merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan berfungsi untuk melawan berbagai macam penyakit dan menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan sehat.

Buah ini memiliki beberapa senyawa baik yang memiliki ciri antioksidan. Beberapa diantaranya merupakan karoten, xantofil, fenol, tanin, vitamin E , dan vitamin C.

Kehadiran para senyawa antioksidan ini memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh karena dapat membangun pembentukan radikal bebas dalam tubuh dan menjaga sel-sel dari kerusakan.

2. Menyeimbangkan Gula Darah

Jika tidak segera ditangani tentunya kadar gula darah yang tinggi akan menimbulkan efek samping yang dapat merugikan. Efek samping yang ditimbulkan seperti sering buang air kecil, berat badan cepat menurun, kerusakan pada jaringan saraf, dan berkurangnya penglihatan.

Agar terhindar dari hal tersebut, tentunya Kamu bisa menjaga pola makan yang sehat seperti menambahkan sayuran dan buah-buahan pada menu makanan.

Rambutan merupakan buah yang memiliki kandungan tinggi serat. Sehingga mengonsumsi rambutan adalah salah satu cara untuk memperlambat penyerapan gula pada aliran darah.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Serangan jantung seringkali datang secara tiba-tiba dan tidak memandang umur. Penyebab munculnya penyakit jantung disebabkan oleh dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan.

Vitamin C yang terdapat pada buah rambutan berperan penting dalam memperbaiki dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan. Sehingga serangan jantung dapat dicegah dengan baik.

4. Membersihkan dan Menjaga Fungsi Ginjal

Rambutan merupakan buah dengan manfaat yang dapat dirasakan oleh orang yang mengalami gangguan pada fungsi ginjal ataupun ingin menghindari penyakit ginjal. Ginjal merupakan organ yang menjadi tempat proses detoksifikasi, oleh karena itu organ yang satu ini harus selalu dalam kondisi sehat.

Rambutan ini juga mempunyai kandungan fosfor yang bertugas dalam menyaring racun yang dihasilkan oleh tubuh itu sendiri. Tidak hanya itu, kandungan mineral yang terdapat pada buah rambutan juga berfungsi untuk menjaga ginjal agar tetap bekerja dengan maksimal.

5.Menjaga Sistem Imun Tubuh

Manfaat yang terdapat pada rambutan yang utama merupakan untuk menjaga sistem kekebalan pada tubuh. Buah ini memiliki kandungan yang kaya akan vitamin, mineral dan senyawa-senyawa lainnya yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Selain memiliki kandungan serat, rambutan juga memiliki kandungan vitamin C yang bertugas sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel. Kamu dapat mengonsumsi 5 sampai 6 buah agar dapat memenuhi 50% kebutuhan vitamin C harian.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Rambutan memiliki manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan. Kandungan tinggi serat yang terdapat pada buah rambutan sangat berperan penting dalam meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Serat yang terdapat dalam daging buah ini juga tidak larut, sehingga dapat langsung melewati usus tanpa harus dicerna. Selain itu, serat tidak larut juga bisa menambah kotoran dalam tinja serta dapat membantu mempercepat kerja usus agar dapat mengurangi sembelit.

7. Membantu Mengatasi Infeksi

Rambutan memiliki manfaat yang dapat mengatasi infeksi. Buah ini juga dipercaya bisa membantu melawan infeksi dalam tubuh karena kandungan vitamin C yang mendorong produksi sel darah putih yang bertugas dalam meredakan infeksi.

Selain itu, sudah berjalan selama ratusan tahun kulit buah rambutan telah dijadikan obat untuk melawan infeksi. Menurut penelitian yang telah dilakukan, kulit dari buah ini mengandung senyawa yang bisa melindungi tubuh dari virus maupun bakteri.

8. Bisa Turunkan Berat Badan

Buah ini terbukti dapat menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan adanya kandungan serat yang terdapat di dalamnya. Kandungan serat yang terdapat pada buah ini sangat berperan penting dalam membasmi lemak dalam tubuh.

Selain itu, mengonsumsi buah rambutan juga dapat membuat anda merasakan kenyang yang lebih lama karena banyaknya kandungan air yang masuk ke dalam tubuh.

9. Menyehatkan Kulit

Manfaat buah rambutan yang selanjutnya adalah dapat menyehatkan kulit. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah dapat menjaga kelembaban kulit serta meningkatkan kolagen.

Selain itu, biji buah rambutan juga dapat digunakan sebagai bahan untuk masker kulit karena terdapat kandungan yang sangat bermanfaat untuk merawat keindahan dan kecantikan kulit muka.

10. Mencegah Kanker

Buah rambutan memiliki manfaat yang dapat mencegah munculnya sel kanker. Buah ini mempunyai beberapa kandungan antioksidan, seperti antosianin senyawa fenolik dan senyawa metanol.

Namun, antioksidan yang terdapat pada buah rambutan telah lama dihubungkan dengan pencegahan kanker. Kamu dapat memilih rambutan yang masih segar untuk mendapatkan konsentrasi antioksidan yang cukup besar untuk tubuh.

11. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat buah rambutan yaitu dapat meningkatkan kesehatan tulang. Pengeroposan pada tulang adalah risiko yang sudah pasti akan dihadapi oleh semua orang karena semakin bertambahnya umur.

Pengeroposan tulang dapat dihindari dengan merubah pola hidup yang lebih baik dan sehat dengan cara berolahraga serta mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Salah satunya adalah buah rambutan.

12. Peremajaan Kulit

Rambutan merupakan buah yang dapat membantu peremajaan pada kulit. Kulit adalah bagian tubuh yang halus dan memiliki penampilan yang sangat menarik. Rambutan memiliki kandungan protein serta mineral yang sangat penting dalam membantu menutrisi kulit.

Protein yang terkandung dalam buah ini juga dapat membantu menggantikan sel-sel yang telah mati pada permukaan dengan yang baru. Selain itu, masalah pada jerawat juga dapat teratasi. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk merawat kulit.

13. Mengatasi Bibir Kering dan Sariawan

Rambutan merupakan obat yang sangat ampuh dalam mengatasi penyakit ringan seperti bibir pecah-pecah dan sariawan. Vitamin C yang terdapat pada buah ini tentunya dapat memenuhi kebutuhan vitamin yang berperan penting dalam mengobati bibir kering dan sariawan.

Selain itu, vitamin C sangat efektif dalam melawan sakit tenggorokan. Mengonsumsi rambutan dapat melepaskan vitamin C dalam jumlah besar ke dalam tubuh yang berfungsi sebagai obat dalam mengatasi berbagai penyakit.

Efek Samping Rambutan

Buah merah ini memang terkenal dengan rasanya yang manis dan kaya akan nutrisi, walaupun begitu kamu tetap tidak disarankan mengonsumsi rambutan terlalu banyak. Sebab buah ini memilki kandungan gula yang tinggi.

Bila kamu mengonsumsi rambutan secara berlebihan, maka bisa meningkatkan berbagai resiko penyakit akibat gula, termasuk diabetes dan obesitas hingga kolesterol. Jadi, kamu bisa mengonsumsi rambutan secukupnya saja.

Bagikan informasi tentang Manfaat Buah Rambutan Si Manis yang Kaya Antioksidan kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Buah Rambutan Si Manis yang Kaya Antioksidan | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Manfaat Buah Rambutan Si Manis yang Kaya Antioksidan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 43%
HRP Susut Perut

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 84.900 Rp 150.000
Tersedia
Rp 84.900 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
D’haid

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Herbal Lancar BAK

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 36%
Olive Oil 60ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 25.000 Rp 39.000
Tersedia
Rp 25.000 Rp 39.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR