Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Diposting pada 10 February 2022 oleh admin | Dilihat: 24 kali

Manfaat daun pandan untuk kesehatan yaitu menambahkan  kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan relaksasi. Selain itu daun pandan bermanfaat untuk mencegah kolesterol dan asam urat.

Daun pandan atau Pandanus adalah tanaman yang memiliki aroma bunga yang manis. Pandan biasanya digunakan untuk bubuk, pasta, dan minyak esensial. Di Indonesia, daun pandan dipakai untuk bahan membuat kue supaya rasanya lebih enak. Ciri-ciri daun pandan warnanya hijau, panjang, dan bagian pinggirnya runcing. Panjang tanaman sekitar 30-51 cm tergantung jenisnya. Daun pandan memiliki 600 spesies yang bisa dikonsumsi untuk makanan.
Tanaman ini tumbuh subur di iklim tropis dan hangat. Pandan tumbuh di ketinggian 20 meter diatas permukaan laut. Ada juga yang tumbuh di ketinggian 600 meter. Pandan bisa tumbuh di sepanjang pantai, tepi sungai, dan dekat air. Tumbuhan ini bisa hidup dalam kondisi kering dan angin kencang. Di Filipina, pandan menghasilkan buah pinus warna merah jingga yang bisa dimakan.

Daun pandan dikenal luas di wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Pandan populer di negara Srilankan, Thailan, dan Indonesia.

Tanaman ini dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan obat alami:
Kandungan Daun Pandan Pada 100 gram daun pandan terdiri dari karbohidrat, air, protein, dan lemak. Daun pandan mengandung vitamin C, B1, B2, B3. Biasanya pandan dibuat tepung untuk bahan kue.

Berikut Kandungan Daun Pandan:

Kalori: 321 kkal

Protein: 2,2 gram

Karbohidrat: 78 gram

Serat: 3,5 gram

Vitamin A: 390 – 724 mikrogram

Tiamin (vitamin B1): 0,04 miligram

Vitamin C: 2 miligram

Kalsium: 134 miligram

Fosfor: 108 miligram

Zat besi: 5,7 miligram

Pandan mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Zat bersi bisa mencegah anemia dan membantu sirkulasi oksigen yang diangkut darah. Buah pandan mentah juga baik untuk tubuh karena mengandung serat dan rendah kalori.

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Di Asia Tenggara daun pandan menjadi rempah-rempah karena rasa dan aroma yang unik. Di Vietnam, daun pandan menjadi penyegar udara karena aromanya yang khas. Tanaman ini mudah ditanam dan tumbuh subur di halaman.

Berikut manfaat daun pandan untuk kesehatan:

1. Mengurangi nyeri artritis

Artritis adalah peradangan yang terjadi pada salah satu sendi. Peradangan ini berefek pada nyeri dan kaku seiring bertambahnya usia. Arthritis disebabkan oleh infeksi dan penyakit tertentu. Gejala penyakit ini yaitu timbulnya nyeri sendi tanpa bergerak, terjadi pembengkakan, dan timul kemerahan di kulit yang dekat dengan sendi.Sebenarnya efek penyembuhan nyeri sendi berasal dari minyak kelapa yang mengandung anti-inflamasi. Daun pandan bisa menjadi tanaman alami untuk penyembuhan. Daun pandan bisa mengurangi rasa sakit. Penelitian menemukan ekstrak minyak dari daun pandan mengandung fitokimia. Kandungan ini bisa meredakan gejalan radang sendi, membantu meringankan sakit kepala, dan sakit telinga.

2.Meningkatkan kesehatan mulut

Daun pandan bisa menjadi penyegar mulut alami. Mengunyah daun pandan bisa menyegarkan napas karena aroma yang dikeluarkan. Praktikum ini dilakukan di beberapa negara Asia. Selain menyegarkan mulut, mengunyah daun pandan bisa menghentikan gusi berdarah.

3. Menetralkan racun

Daun pandan ketika digunakan sebagai bahan masakan menetralkan racun. Daun pandan bisa melakukan detoksifikasi atau pelepasan racun yang tertinggal ketika dikonsumsi.
Tak hanya menetralkan, daun ini bisa membantu melepaskan racun dan kotoran dalam tubuh. Beberapa orang memakai daun pandan sebagai pencahar alami untuk melancarkan pencernaan.

4.Pencegahan Penyakit Jantung

Mengutip dari webmd.com, daun pandan memiliki karotenoid yang bisa mengurangi resiko pengembangan penyakit aterosklerosis. Penyakit ini terjadi karena penyempitan arteri jantung karena penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.

5.Perawatan kulit

Daun pandan bisa dikeringkan lalu dihancurkan untuk pengobatan penyakit luka ringan di kulit. Daun pandan bisa mengobati luka bakar ringan, terkena sinar matahari, dan masalah kulit lainnya. Asam tanat pada daun pandan memberikan tindakan pendinginan sehingga bisa menyembuhkan luka bakar ringan.

Manfaat Daun Pandan untuk Kolesterol dan Asam Urat:

Alasan dipilihnya daun pandan wangi karena tidak menyebabkan peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan ini dapat mengikat asam empedu di usus dan akhirnya dibuang melalui feses. Kandungan fenol pada daun pandan bisa menghambat oksidasi Low Density Lipoprotein (LDL) yang bisa menurunkan kecenderungan kolesterol. Ekstrak pandan bisa mengurangi asam urat secara alami. Manfaat daun pandan yaitu mempercepat pembuangan asam urat dalam tubuh, menjaga kandungan asam urat normal pada tubuh, dan memperbaiki kristal asam urat. Daun pandan bermanfaat untuk metabolisme dan sumber energi untuk orang yang sembuh dari sakit. Manfaat lain tanaman ini dapat menenangkan saraf dan membantu relaksasi.

Cara Mengkonsumsi Daun Pandan:

Daun pandan biasanya dimasak untuk pengolahan kue dan sayur. Sebelum dimasak, bersihkan terlebih dahulu daun pandan. Bersihkan daun pandan di atas air bersih yang mengalir. Bersihkan bagian depan, belakang, sampai ujung daun. Setelah bersih kemudian keringkan daun. Daun pandan bisa dipotong kecil-kecil untuk penyedap rasa makanan. Anda bisa juga membuat infused water dari daun pandan. Infused water merupakan campuran air putih dan buah-buahan yang didinginkan selama beberapa waktu.
Infused water baik diminum karena kandungan nutrisi buah meresap dalam air.

Berikut resep membuat infused water dari daun pandan:

1. Siapkan daun pandan yang sudah dibersihkan

2. Potong daun pandan menjadi beberapa bagian

3. Siapkan botol berisi air bersih lalu masukkan potongan daun pandan dalam air tersebut. Anda bisa menambahkan buah lain untuk infused water. Diamkan selama semalam dalam kulkas.

 

 

Bagikan informasi tentang Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 30%
Vicos 100ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 48.000 Rp 69.000
Tersedia
Rp 48.000 Rp 69.000
Stok: Tersedia
OFF 25%
Madu Centelia

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Bidara

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Vcos 350ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 98.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 98.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR