Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal ūüėä CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri ūüėä
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Diposting pada 10 February 2022 oleh admin | Dilihat: 29 kali

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang benar. Simak manfaat jeruk nipis untuk kesehatan berikut ini.

Tak hanya untuk masakan, jeruk nipis memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Jeruk nipis kaya akan vitamin C, menyediakan lebih dari 20% vitamin C untuk kebutuhan harian. Kandungan zat besi, kalsium, vitamin B6, tiamin, kalium, dan banyak lagi dapat ditemukan dalam jeruk nipis sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Jeruk nipis atau disebut juga key lime berasal dari tanaman Citrus aurantiifolia. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berwarna hijau, memiliki diameter 3-6 sentimeter, dan mengandung cairan asam. Rasa asam tersebut berasal dari asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis.

Jeruk nipis yang sudah matang memiliki kulit kekuningan dan daging buah yang hijau. Jeruk nipis dapat disimpan pada suhu kamar selama 3 hingga 5 hari namun lebih baik disimpan dalam kulkas untuk menghindari paparan cahaya dan udara yang dapat mengurangi kualitas. Rasa asam dengan sedikit rasa manis dan pahit dalam jeruk nipis adalah alasan mengapa jeruk nipis tidak dimakan langsung seperti buah jeruk biasa. Penggunaan jeruk nipis dapat ditemukan dalam masakan, salah satunya menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.

1. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang bernutrisi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian dalam jurnal Antioxidants tahun 2018 menunjukkan bahwa vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih sehingga bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.Dalam penelitian pada manusia, mengonsumsi vitamin C membantu mencegah pilek yang parah dan mempercepat penyembuhan serta mengurangi peradangan. Selain vitamin C, jeruk nipis juga merupakan sumber antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mempertahankan sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Melancarkan pencernaan

Jeruk nipis bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dengan memecah makromolekul makanan. Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis mampu merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu, dan asam sehingga merangsang gerakan peristaltik untuk menggerakkan makanan ke seluruh usus. Kandungan asam yang ada dalam jeruk nipis memiliki manfaat untuk membersihkan sistem pembuangan kotoran pada tubuh. Serat dalam jeruk nipis juga dapat membantu meredakan sembelit. Jeruk nipis merupakan obat pencahar alami yang aman untuk diminum.

3.  Meredakan Batuk

Jeruk nipis adalah mengandung senyawa bermanfaat seperti vitamin C, beta-karoten, flavonoid, limonoid dan asam sitrat. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipisyang lebih banyak dibandingkan buah jeruk lainnya. Sebagai asam, ia memiliki kemampuan yang diusulkan untuk memecah lendir, jika batuk produktif.

4. Menurunkan kolesterol

Zat hesperidin yang terkandung dalam jeruk nipis memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Kandungan kalium alami dalam jeruk nipis dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, sementara senyawa jeruk nipis yang disebut limonin dapat menurunkan kadar kolesterol.

5.Meredakan radang sendi

Jeruk nipis bersifat anti-inflamasi sehingga bermanfaat untuk masalah peradangan sendi. Salah satu dari banyak penyebab radang sendi adalah kelebihan asam urat dalam tubuh. Asam sitrat yang terdapat pada jeruk nipis memiliki manfaat untuk melarutkan kelebihan asam urat.

Jeruk nipis diandalkan untuk berbagai keperluan, terutama untuk kesehatan, karena kandungan vitamin dan mineral yang begitu melimpah. Lime adalah sumber dari vitamin C, vitamin A, kalsium, hingga zat besi.

Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam setiap jeruk nipis berukuran sedang:

  • Kalori:¬†20
  • Karbohidrat:¬†7 gram (g)
  • Protein:¬†0,5 g
  • Lemak:¬†0,1 g
  • Serat:¬†1,9 g
  • Vitamin C:¬†22% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Zat besi:¬†2% AKG
  • Kalsium:¬†2% AKG
  • Vitamin B6:¬†2% AKG
  • Thiamin:¬†2% AKG
  • Potasium:¬†1% AKG
  • Riboflavin
  • Niacin
  • Folat
  • Fosfor
  • Magnesium

 

 

Bagikan informasi tentang Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 30%
Mangosta

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 70.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 70.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Asam Urat

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 43%
HRP Susut Perut

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 84.900 Rp 150.000
Tersedia
Rp 84.900 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Golden Gamat Plus

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR