Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Diposting pada 22 July 2022 oleh admin | Dilihat: 157 kali

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi. Makanan yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan ini mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil selama masa kehamilan dan mendukung pertumbuhan janin.

Berdasarkan jurnal Food Science and Human Wellness, banyak kandungan nutrisi bermanfaat dalam kacang hijau, seperti asam folat, tiamin dan zat besi. Ketiga vitamin dan mineral tersebut merupakan zat yang sangat dibutuhkan wanita selama masa kehamilan.

Saat hamil, Moms diminta untuk mengonsumsi meningkatkan asupan makanan sehat. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi, karena membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk membantu kesehatan tumbuh kembang janin.

Moms mungkin setuju dengan penyataan kalau bubur kacang hijau menjadi makanan favorit banyak orang. Biasanya bubur kacang hijau disajikan dengan ketan hitam atau roti, bubur kacang hijau sangat nikmat disantap selagi masih hangat. Ternyata, ada manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang juga memiliki nilai nutrisi yang baik.

Kandungan gizi kacang hijau

Kacang hijau menjadi salah satu makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Hal ini karena kacang hijau mempunyai kandungan protein yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Apalagi, ibu hamil juga disarankan mengonsumsi protein sebanyak 61-90 gram per hari yang disesuaikan dengan trimester kehamilan.

Selain protein, berikut kandungan gizi dalam 100 gram kacang hijau rebus.

  • Kalori: 109
  • Protein: 8,7 gr
  • Lemak: 0,5 gr
  • Karbohidrat: 18,3 gr
  • Serat: 1,5 gr
  • Folat: 321 mcg
  • Kalsium: 95 mg
  • Zat besi: 1,5 mg
  • Zinc: 2,8 mg
  • Kalium: 657,8 mg
  • Total karoten: 120 mcg
  • Vitamin B1: 0,12 mcg
  • Vitamin B2: 0,04 mcg
  • Vitamin C: 3 mg

Apa saja manfaat kacang hijau untuk ibu hamil ?

1. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin

Kacang hijau merupakan salah satu sumber folat yang baik. Nutrisi ini sangat dibutuhkan selama masa kehamilan hingga sering disebut sebagai zat pahlawan bagi ibu hamil.

Folat berperan dalam pertumbuhan dan pekembangan janin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencukupi kebutuhan folat sebelum dan selama kehamilan dapat mencegah terjadinya cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang janin, seperti spina bifida dan anensefali.

Oleh karena itu, saat hamil atau sedang berencana untuk hamil, seorang wanita perlu mencukupi kebutuhan folat setiap hari minimal 600 mcg.

Studi dari Food Chemistry mengungkapkan, kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik.

Kacang hijau kaya akan asam amino esensial, seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin, dan masih banyak lagi.

Perlu Moms pahami, tubuh kita tidak dapat memproduksi asam amino esensial sendiri, sehingga butuh asupan makanan yang mendukungnya.

2. Mencegah bayi lahir berat rendah dan lahir prematur

Tidak hanya kaya zat besi serta protein, di dalam kacang hijau juga terdapat kandungan folat yang dibutuhkan di masa kehamilan. Walaupun bukan menjadi sumber utama, ibu bisa mengonsumsi bubur kacang hijau sebagai asupan tambahan.

Perlu diketahui bahwa manfaat asam folat dalam kacang hijau untuk bumil adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan. Tidak hanya itu saja, folat juga dapat memproduksi sel darah merah serta mencegah terjadinya gangguan otak dan cacat lahir pada bayi.

 

3. Menurunkan Tekanan Darah

Selain bermanfaat untuk perkembangan janin, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil juga berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Sebuah penelitian Circulation, menunjukkan bahwa kacang hijau mampu membantu menurunkan tekanan darah. Alasannya, kacang hijau menjadi sumber potasium, magnesium, dan serat yang baik.

Studi tersebut telah menghubungkan masing-masing nutrisi ini dengan risiko tekanan darah tinggi yang secara signifikan lebih rendah. Kacang hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh pada ibu hamil. Kandungan serat dalam kacang hijau juga dapat mengurangi risiko sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil.

4. Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah kaya vitamin dan mineral. Kacang hijau kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Ada beberapa nutrisi baik yang terkandung dalam kacang hijau, seperti, vitamin A,B, C, E, dan K.

Nutrisi lainnya yang terdapat di dalam kacang hijau, seperti magnesium, zat besi, karbohidrat, folat, zinc, fosfor, mangan, selenium, dan tembaga. Kandungan-kandungan tersebut jelas memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara benar dan teratur.

5. Melancarkan Pencernaan

Dalam African Journal Of Agricultural Research, secara khusus, kacang hijau mengandung sejenis serat larut yang disebut pektin. Kandungan ini dapat membantu menjaga usus kita tetap teratur dengan mempercepat pergerakan makanan melalui usus. Kacang hijau, seperti kacang-kacangan lainnya, juga mengandung pati resisten.

Jenis pati ini bekerja serupa dengan serat larut, karena membantu memberi makan bakteri usus yang sehat. Bakteri kemudian mencernanya dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek, butirat khususnya. Studi menunjukkan bahwa butirat meningkatkan kesehatan pencernaan dalam banyak hal.

Misalnya, dapat memberi makan sel-sel usus besar kita, meningkatkan pertahanan kekebalan usus dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar. Terlebih lagi, karbohidrat dalam kacang hijau tampaknya lebih mudah dicerna daripada yang ditemukan pada kacang-kacangan lainnya. Oleh karena itu, kacang hijau cenderung menyebabkan perut kembung dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya.

6. Menunjang Kehamilan yang Sehat

Wanita disarankan untuk makan banyak makanan kaya folat selama kehamilan. Folat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal calon buah hati kita.

Namun, kebanyakan wanita tidak mendapatkan cukup folat, yang dikaitkan dengan risiko cacat lahir yang lebih tinggi. Kacang hijau menyediakan 80% RDI untuk folat dalam satu cangkir yang dimasak (202 gram). Kacang ini juga tinggi zat besi, protein, dan serat, yang dibutuhkan wanita lebih banyak selama kehamilan.

Namun, wanita hamil harus menghindari makan tauge mentah karena dapat membawa bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Kacang dan kecambah yang dimasak harus aman.

7. Menangkal radikal bebas

Beta karoten juga merupakan salah satu nutrisi di dalam kacang ini yang bermanfaat dan dibutuhkan untuk ibu hamil. Zat ini nantinya akan berubah menjadi vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga menangkal radikal bebas.

 

8. Meningkatkan Mood

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah mencegah depresi. Perubahan mood yang naik turun adalah hal yang kerap dirasakan ibu hamil tua. Selama hamil, perubahan hormon bisa memengaruhi kadar zat kimia di otak yang berhubungan langsung dengan pengaturan suasana hati.

Kandungan asam folat pada kacang hijau dapat mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh. Homosistein ini dapat menghentikan darah dan nutrisi yang mencapai pada otak sehingga tidak menganggu suasana hati.

Itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Yuk, seimbangkan dengan nutrisi lainnya agar kebutuhan gizi Moms dan Si Kecil dapat terpenuhi dengan baik, ya!

Bagikan informasi tentang Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 30%
Mangosta

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 70.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 70.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 24%
Annur Madu Raw Honey

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 190.000 Rp 250.000
Tersedia
Rp 190.000 Rp 250.000
Stok: Tersedia
OFF 43%
Happy Slim

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 77.500 Rp 135.000
Tersedia
Rp 77.500 Rp 135.000
Stok: Tersedia
OFF 40%
Madu Jawara

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 59.900 Rp 100.000
Tersedia
Rp 59.900 Rp 100.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR