Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Menyehatkan Biji Selasih untuk Tubuh

Manfaat Menyehatkan Biji Selasih untuk Tubuh

Diposting pada 14 February 2022 oleh admin | Dilihat: 30 kali

Mengupas Manfaat Biji Selasih yang Tak Boleh Dilewatkan

Biji selasih dan chia seed kerap dianggap sama. Biji selasih sendiri didapatkan dari tanaman selasih yang masih satu keluarga dengan daun kemangi. Biji-bijian ini akan mengembang dan terasa kenyal setelah dicampur dengan air. Tanaman selasih tergolong ke dalam familia tumbuhan Labiatae. Di beberapa daerah di Indonesia, selasih juga dikenal dengan sebutan selaseh, telasih, amping, atau kukuru. Selain di Indonesia, tanaman selasih diketahui saat ini ditanam juga secara intensif di beberapa negara lain, seperi Perancis, Mesir, Hungaria, Maroko, Yunani, Israel, dan Amerika Serika.

  • Protein: 4 g
  • Lemak: 0,5 g
  • Karbohidrat: 10,5 g
  • Serat: 5,3 g
  • Kalsium: 122 mg
  • Fosfor: 16 mg
  • Besi: 13,9 mg
  • Natrium: 3 mg
  • Kalium: 259 mg
  • Tembaga: 0,4 mg
  • Seng: 0,7 mg
  • Beta-karoten: 4,112 mcg
  • Tiamin (vitamin B1): 0,5 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,1 mg
  • Niasin: 0,2 mg
  • Vitamin C: 24 mg.

Manfaat biji selasih

1. Cegah penyakit jantung

Melansir Buku Sehat dengan Hidangan Kacang dan Biji-bijian (2009) oleh Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS., vitamin K mempunyai potensi dalam mencegah penyakit-penyakit serius, seperti penyakit jantung dan stroke. Hal itu dikarenakan, efek vitamin K dapat mengurangi pengerasan pembuluh darah oleh faktor-faktor seperti timbunan plak kalsium.

Kandungan air pada biji selasih tergolong tinggi, yakni mencapai 91 gram/100 gram bahan. Oleh karena itu, minuman biji selasih sering menjadi idola ketika rasa haus tiba. Biji selasih juga kata akan berbagai vitamin dan mineral. Dikenal dengan nama latin Ocimum basilicum, kandungan gizi tanaman basil dan biji-bijiannya mengandung beragam senyawa aktif yang bermanfaat di bawah ini.

2. Kaya Mineral

Satu sendok makan biji selasih menyediakan 15 persen kebutuhan harian kalsium serta 10 persen kebutuhan harian untuk magnesium dan besi. Kamu perlu tahu, kalsium dan magnesium sangat penting untuk kesehatan tulang dan fungsi otot.

3. Tinggi Zat Besi

Di dalam biji selasih mengandung zat besi yang sangat penting untuk produksi sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, biji-bijian kecil berwarna hitam ini bisa menjadi sumber zat besi dan kalsium bagi orang yang tidak mengonsumsi daging atau produk susu

4. Menjaga Kesehatan Usus

Sebuah studi menunjukkan bahwa pektin memiliki manfaat prebiotik. Artinya, kandungan pektin di dalam biji selasih dapat memelihara dan meningkatkan bakteri baik di dalam usus.

5. Baik untuk tulang Biji

selasih baik untuk kesehatan tulang mengingat kandungan vitamin K di dalamnya juga berkaitan dengan pengaturan protein dan kalsium dalam tulang dan darah yang akan menjaga tulang-tulang dari proses osteoporosis.

6. Membantu mengecilkan perut buncit

Mengkonsumsi biji selasih membuat nafsu makan dapat tertahan. Pasalnya, biji selasih dapat mengembangkan 30 kali dari ukuran aslinya saat telah dikonsumsi, hal inilah yang membuat kita lebih tahan lapar setelah mengkonsumsi biji selasih.

7. Kaya Serat

Biji selasih merupakan sumber makanan yang kaya serat. Sebagian besar serat di dalam biji selasih adalah serat larut, termasuk pektin. Manfaat biji selasih adalah dapat mencukupi kebutuhan serat harian. Sebab, di dalam  1 sendok makan biji selasih mengandung 7 gram serat yang bisa mencukupi 25 persen dari rekomendasi harian.

8. Kaya Antioksidan

Biji selasih kaya akan senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Flavonoid berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa tanaman selasih juga memiliki sifat antiinflamasi dan antikanker. Beberapa studi juga menghubungkan asupan tinggi flavonoid dengan pengurangan risiko penyakit jantung. Dalam studi lainnya, ekstrak biji selasih ditemukan bisa membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh.

 

Jadi, manfaat biji selasih tidak kalah jika dibandingkan dengan chia seed. Kamu juga bisa mencampurkan biji selasih bersama beragam makanan dan minuman sehari-hari, misalnya air putih hangat, jus, salad, hingga puding.

Bagikan informasi tentang Manfaat Menyehatkan Biji Selasih untuk Tubuh kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Menyehatkan Biji Selasih untuk Tubuh | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Manfaat Menyehatkan Biji Selasih untuk Tubuh

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 36%
Vicos 60 ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 25.000 Rp 39.000
Tersedia
Rp 25.000 Rp 39.000
Stok: Tersedia
OFF 25%
Honey Maag

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Focus

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 39%
Garlic Sauda

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 55.000 Rp 90.000
Tersedia
Rp 55.000 Rp 90.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR