Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal ūüėä CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri ūüėä
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada 12 May 2022 oleh admin | Dilihat: 4 kali

Selain dagingnya, susu dari kambing juga bisa dimanfaatkan untuk konsumsi. Ya, susu dari hewan herbivora ini mengandung banyak nutrisi yang tidak kalah dengan susu sapi. Apa saja kandungan dan manfaat susu kambing? Yuk, bahas lebih dalam!

Kandungan nutrisi pada susu kambing

Dibanding susu kambing, susu sapi memang lebih populer. Pasalnya, di pasaran Anda akan lebih mudah menemukan susu ini dan berbagai jenis olahannya, seperti keju dan yogurt dibanding susu kambing.

Meskipun begitu, susu kambing juga tak kalah menyehatkan. Di bawah ini berbagai kandungan zat gizi yang ditemukan dalam 1oo mililiter susu kambing.

  • Air:¬†85,9 gram
  • Energi:¬†64 kalori
  • Protein:¬†4,3 gram
  • Lemak:¬†2,3 gram
  • Karbohidrat:¬†6,6 gram
  • Kalsium:¬†98 miligram
  • Fosfor:¬†78 miligram
  • Besi:¬†2,7 miligram
  • Natrium:¬†35 miligram
  • Kalium:¬†160 miligram

Manfaat susu kambing

Berbagai zat gizi yang terkandung dalam susu kambing tentu memiliki manfaat masing-masing. Banyak penelitian yang mengamati kandungan nutrisi dan potensi manfaat susu kambing bagi kesehatan manusia.

1. Baik untuk jantung

Susu kambing punya kandungan kalium, yaitu mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Tertulis bahwa pada takaran 100 mililiter, jumlah kalium pada susu kambing mencapai 160 miligram.

Kalium pada susu kambing ternyata dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Caranya, dengan mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Kadar natrium yang berlebihan dapat memicu naiknya tekanan darah.

Semakin tinggi tekanan darah, jantung yang bertugas untuk memompa darah tentu harus bekerja lebih keras. Sebaliknya, jika tekanan darah lebih terkendali, kesehatan jantung tentu akan lebih terjaga.

2. Menjaga kesehatan sel tubuh

Selain membantu mengendalikan tekanan darah, kalium pada susu kambing ditemukan pada banyak sel tubuh, misalnya sel otot, sel darah merah, organ hati, dan tulang. Itu artinya, sel di dalam tubuh akan bekerja dengan baik jika asupan kalium tercukupi.

Bukan hanya kalium, susu kambing juga mengandung asam amino triptofan. Tidak hanya membantu menjaga kesehatan saraf, asam ini juga berperan dalam pembentukan hormon serotonin, yaitu hormon yang mengatur suasana hati.

3. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Sebenarnya, di dalam perut Anda terdapat bakteri baik yang membantu pencernaan. Namun, jumlah bakteri baik ini tergantung dengan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Nah, untungnya susu kambing mengandung prebiotik, yaitu makanan untuk si bakteri baik. Jika jumlah bakteri baik dalam tubuh normal atau bahkan meningkat, maka proses metabolisme tubuh akan lebih baik.

Bakteri tersebut nantinya akan membantu kerja usus untuk mencerna makanan dan melawan bakteri jahat. Itu artinya, susu kambing memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

4. Meningkatkan pH dalam tubuh

pH atau potential Hydrogen merupakan tingkat asam atau basa dalam suatu zat. Bukan hanya pada makanan atau minuman, tubuh Anda juga memiliki standar pH normal yaitu 7 ‚Äď 7,4. Namun, sejumlah masalah kesehatan dapat membuat tubuh Anda terlalu asam.

Kadar keasaman pada tubuh yang tidak ideal bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda mudah jatuh sakit. Untuk menstabilkan tingkat pH dalam tubuh, Anda perlu mengontrolnya dengan asupan makanan dan minuman.

Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi susu kambing. Susu ini mengandung asam amino L glutamin yang sifatnya basa (alkali) sehingga membantu menormalkan kembali pH tubuh yang asam dan meningkatkan sistem imun manusia.

5. Membantu membuat tidur lebih nyenyak

Asam amino triptofan yang terkandung pada susu kambing akan membantu tubuh memproduksi hormon serotonin. Hormon ini tidak hanya berfungsi untuk mengatur suasana hati, tapi juga merangsang bagian otak yang mengendalikan waktu bangun dan tidur.

Jika tubuh Anda tahu kapan waktu bangun dan tidur dengan baik, tentu siklus tidur Anda akan membaik. Anda bisa memulai tidur dengan mudah dan tidur sepanjang malam dengan nyenyak.

6. Rendah lemak

Susu kambing juga mengandung lemak, tapi dalam jumlah yang lebih sedikit. Lemak yang ada dalam susu kambing memiliki asam lemak esensial yang tinggi seperti linoleat dan arakidonat.

Kedua asam lemak tersebut menjadi sumber energi yang cepat dibakar dan tidak disimpan dalam tubuh menjadi lemak. Karena itu, pengendapan kolesterol jadi berkurang. Hal ini sekaligus juga akan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

7. Manfaat susu kambing untuk kulit

Ternyata, asam lemak yang terkandung dalam susu kambing tidak hanya baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Kadar asam laktat di dalamnya juga bisa membantu membersihkan tubuh dari sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit Anda. Maka itu, tak heran bila banyak tersedia produk skincare yang menggunakan susu kambing sebagai salah satu bahan utamanya.

Yang harus diketahui sebelum minum susu kambing

Banyak manfaat susu kambing bagi kesehatan yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan. Anak-anak hingga orang dewasa bisa mengonsumsi susu ini, jadi jangan ragu untuk mencobanya.

Pada orang-orang yang memiliki masalah medis seperti kanker, tekanan darah tinggi, atau kencing manis, susu ini aman dikonsumsi. Bahkan, terkadang susu kambing dijadikan perawatan tambahan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Meski demikian, susu kambing sebaiknya tidak diberikan untuk bayi di bawah satu tahun. Pasalnya, sistem pencernaan bayi belum sempurna untuk memproses susu selain ASI. Jadi, konsultasikan dahulu kepada dokter sebelum memilih pengganti ASI.

Bagi anak yang memiliki alergi susu, susu kambing bisa menjadi pilihan. Pasalnya, kandungan kasein (protein yang menyebabkan alergi) pada susu kambing kadarnya lebih rendah dari susu sapi.

Sementara bagi orang dengan intoleransi laktosa, Anda perlu memahami seberapa sensitif tubuh Anda dengan laktosa (gula yang ada pada susu). Bila sensitivitasnya tinggi, lebih baik pilihlah alternatif lain, misalnya susu nabati.

Ada hal lain yang perlu untuk diperhatikan sebelum Anda minum susu kambing. Menurut penelitian, susu ini dapat mendetoksifikasi tubuh atau mengeluarkan racun dalam tubuh.

Setelah diminum, tubuh akan menimbulkan gejala yang mirip dengan intoleransi laktosa, seperti mual, diare, dan perut kembung. Untungnya, gejala ini akan membaik dengan cepat. Jika tidak, kemungkinan besar ini merupakan gejala intoleransi laktosa.

Aturan banyaknya minum susu kambing sama dengan susu sapi pada umumnya, yaitu dua gelas ukuran 250 ml per hari.

Susu ini dapat diminum di pagi hari untuk sumber energi untuk mengawali hari, sebelum atau sesudah olahraga, serta di malam hari untuk membantu tidur lebih nyenyak.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa susu kambing yang Anda konsumsi sudah melewati proses pasteurisasi, sehingga keamanannya lebih terjamin.

Pentingnya Asam Lemak dari Susu Organik untuk Anak

Asam lemak merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai pembangun dan pembentuk sel. Beberapa makanan dan minuman memiliki sejumlah kandungan asam lemak yang bermanfaat baik dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satu contohnya adalah susu sapi organik.

Kandungan asam lemak di dalam susu sapi organik

Susu sapi pada dasarnya mengandung sejumlah asam lemak penting yang diperlukan oleh tubuh. Di antaranya asam lemak omega 3 dan omega 6 yang tidak dihasilkan oleh tubuh, sehingga harus didapat dari sumber makanan dan minuman sehari-hari.

Nah, dibandingkan dengan susu sapi biasa, kandungan asam lemak di dalam susu sapi organik memiliki komposisi yang lebih baik. Hal ini disebabkan oleh susu sapi organik yang mengandung asam lemak omega 3 dan 6 dalam rasio perbandingan yang lebih baik jika dibandingkan dengan susu sapi biasa.

Perbedaan kandungan nutrisi asam lemak di dalam kedua jenis susu sapi ini, diperkirakan karena proses perawatan sapi pada peternakan organik. Sapi organik diberi makanan berupa rumput dan pakan ternak yang bebas dari zat kimia tambahan seperti pestisida atau pupuk kimiawi. Selain itu, sapi dari peternakan organik juga bebas dari antibiotik maupun hormon pertumbuhan.

Manfaat asam lemak omega 3 dan omega 3 untuk anak

Secara umum, asam lemak omega 3 yang ada di dalam susu organik penting untuk mencegah peradangan. Jika ditelisik lebih lanjut, asam lemak omega 3 mengandung DHA yang baik untuk mendukung perkembangan otak anak.

Kandungan asam lemak omega 3 dalam susu organik berperan pula untuk melancarkan berbagai fungsi tubuh anak. Mulai dari koordinasi mata, tangan, fokus, kemampuan sosial, hingga kecerdasan otak.

Selain itu, asam lemak omega 3 dapat memengaruhi kerja neurotransmitter atau senyawa khusus pada sistem saraf. Itu sebabnya, kadar omega 3 yang tercukupi dengan baik mampu membantu untuk memelihara kondisi psikologis dan perilaku anak.

Uniknya lagi, omega 3 juga diyakini baik untuk membantu mengendalikan gejala depresi pada anak, serta menghindari risiko diabetes dan asma.

Begitu pula dengan asam lemak omega 6 untuk anak yang juga ada di dalam susu organik. Ada beragam manfaat omega 6 bagi kesehatan tubuh. Meliputi merangsang pertumbuhan kulit dan rambut, menjaga kesehatan tulang, hingga melancarkan metabolisme anak.

Apabila jumlah kedua asam lemak ini tidak dapat terpenuhi sebagaimana mestinya, beberapa fungsi tubuh tidak dapat bekerja secara optimal. Berkat sejumlah kandungan asam lemak itulah, susu organik dinilai baik untuk dijadikan asupan anak sehari-hari.

Berapa kandungan asam lemak yang tepat?

Kandungan asam lemak pada makanan dan tubuh haruslah dalam perbandingan (rasio) yang seimbang. Perbandingan seimbang di sini bukan berarti jumlah kedua asam lemak tersebut harus benar-benar sama.

Perbandingan asam lemak omega 3 dan omega 6 yang optimal yakni 2:1 sampai 4:1. Ya, sebaiknya kandungan asam lemak omega 3 sedikit lebih banyak dari asam lemak omega 6. Mengapa?

Asam lemak omega 3 memiliki sifat antiinflamasi alias melawan peradangan. Sementara asam lemak omega 6 bersifat sebaliknya, yaitu proinflamasi atau menyebabkan peradangan.

Dikhawatirkan jika jumlah asam lemak omega 6 berlebih, asam lemak omega 3 yang lebih sedikit ini tidak dapat bekerja optimal untuk meredakan proses peradangan.

Bahkan tidak menutup kemungkinan munculnya peradangan kronis akibat terlalu banyak kadar omega 6 ini. Itu artinya, proses peradangan di dalam tubuh akan terus berlangsung dan malah membahayakan tubuh.

Atas dasar inilah, perbandingan asam lemak omega 3 dan omega 6 di dalam susu sapi organik haruslah proporsional.

Memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 dan 6 anak

Sebelumnya sempat saya jelaskan bahwa perbandingan asam lemak omega 3 dan omega 6 harus proporsional. Jika tidak proporsional, tubuh jadi lebih rentan mengalami peradangan kronis.

Salah satu sumber asam lemak omega 3 dan 6 dengan kandungan yang proporsional yaitu susu sapi organik. Selain omega 3 dan 6, susu sapi organik juga menawarkan sejumlah nutrisi lain seperti protein, kalsium, serta berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan anak.

Susu sapi organik bisa diberikan untuk mencukupi kebutuhan harian anak, tetapi perhatikan jumlah serta frekuensi pemberian susu yang harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap anak.

Aturan minum susu sapi organik demi memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 dan omega 6 anak tidak selalu sama. Ini karena masing-masing anak memiliki kebutuhan gizi yang berbeda-beda.

Hal ini ditentukan oleh usia, jenis kelamin, serta berat dan tinggi badan anak. Nah, agar tahu berapa persisnya kebutuhan gizi anak, sebaiknya Anda konsultasikan lebih lanjut dengan dokter spesialis anak atau dokter spesialis gizi klinik.

Jangan lupa, kebutuhan gizi yang utama tentunya harus dipenuhi melalui makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang.

Susu untuk Program Kehamilan yang Efektif Tingkatkan Kesuburan, Seperti Apa?

Susu untuk program hamil kerap disebut dapat meningkatkan kesuburan dan bikin cepat hamil. Namun, apakah benar efektif? Simak penjelasan berikut ini

Sebagai cara memaksimalkan kesuburan wanita agar cepat hamil, asupan gizi dari makanan dan minuman perlu perhatian khusus. Selain buah untuk program hamil, mengonsumsi susu juga kerap disebut membantu menambah kesuburan seorang calon ibu.

Minum susu tinggi lemak (full-fat) biar cepat hamil

Sebelum membahas tentang susu untuk program kehamilan, menarik kita tengok penelitian dari Harvard School of Publich Health yang berkolaborasi dengan Brigham and Women’s Hospital.

Tim peneliti menemukan fakta bahwa produk olahan susu rendah lemak berpengaruh terhadap penurunan kesuburan wanita.

Sebanyak 18,555 wanita berusia 24-42 tahun menjadi responden dalam penelitian ini, dan tidak satu pun di antaranya yang pernah mengalami keluhan terkait infertilitas sebelumnya. Pengamatan dilakukan dalam rentang waktu yang cukup panjang yaitu 8 tahun mulai 1991 hingga 1999.

Hasilnya, wanita yang mengonsumsi 2 gelas susu rendah lemak per hari berisiko 85% lebih mungkin mengalami ketidaksuburan ketimbang yang hanya mengonsumsi seminggu sekali.

Penelitian lain oleh Chavarro dan Rosner sebagaimana dikutip dari American Pregnancy melaporkan, minum susu murni juga berkaitan dengan kesuburan seseorang. Penelitian tersebut menemukan, bahwa wanita yang minum 3 gelas atau lebih susu sehari 70% lebih kecil kemungkinannya menjadi tidak subur karena gagal ovulasi.

Ada banyak penelitian serupa, tapi hasilnya belum menunjukkan tren yang konsisten. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah konsumsi makanan olahan produk susu rendah lemak bisa meningkatkan risiko infertilitas seseorang.

Tingginya kandungan lemak dalam susu bisa menjadi stimulus ovulasi karena meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh. Semakin tinggi kadar estrogen dalam tubuh, semakin rendah hormon insulin-like growth factor (IGF-1). Hasilnya, semakin besar kemungkinan terjadinya ovulasi.

Susu untuk program kehamilan yang baik seperti apa?

Kesimpulan yang juga kerap muncul adalah ketika seorang wanita tidak mengonsumsi susu sama sekali, keseimbangan hormon mereka membaik. Bisa jadi, kaitannya adalah risiko produksi lendir berlebih terutama bagi mereka dengan alergi laktosa.

Kelebihan produksi lendir ini diklaim mengganggu sistem produksi sehingga motilitas sperma berkurang. Selain itu, konsumsi susu juga kerap dihubungkan dengan gangguan sistem pencernaan sehingga nutrisi tidak dapat terserap secara maksimal.

Sebenarnya, bukan jenis susu tertentu yang bisa membantu seorang wanita berhasil hamil, namun kembali lagi pada kondisi tubuh seseorang. Ada banyak faktor yang perlu diperhitungkan.

Namun lagi-lagi, hal ini bisa berbeda antara satu orang dan lainnya. Beberapa wanita yang ingin memiliki keturunan mungkin perlu mengonsumsi susu biar cepat hamil.

Berikut adalah syarat yang baik saat mencari susu untuk program hamil:

1. Konsumsi susu segar

Mengonsumsi susu yang masih segar atau terpasteurisasi dengan suhu tidak terlalu tinggi bisa jadi pilihan tepat bagi wanita yang ingin memiliki keturunan. Tujuannya tentu saja memastikan agar susu masih mengandung enzim dan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Mengonsumsi susu segar juga tidak masalah selama sumbernya dari sapi yang diberi makan rumput (grass-fed cow) dan bukan makanan olahan sehingga proteinnya baik untuk kesehatan.

2. Alternatif susu kambing

Jenis susu yang paling populer adalah susu sapi. Meski demikian, susu untuk program kehamilan juga bisa diganti dengan susu kambing. Struktur susu kambing paling mirip dengan susu yang dihasilkan manusia.

Artinya, susu kambing lebih mudah terserap ketimbang susu sapi. Hanya perlu waktu 30 menit untuk mencerna susu kambing, sementara susu sapi perlu waktu sekitar 2-3 jam karena kadar lemaknya yang lebih tinggi.

Tak hanya itu, kandungan asam lemak dalam susu kambing juga lebih tinggi, sekitar 35%. Susu sapi hanya mengandung 17%. Susu kambing juga kerap menjadi pilihan bagi mereka memiliki alergi laktosa.

3. Susu beras

Jenis susu buat promil ini mengandung karbohidrat (lebih banyak daripada susu sapi), vitamin B, kalsium, dan antioksidan, namun rendah protein.

4. Susu almond

Susu bebas lemak yang kaya serat, asam folat kalsium, vitamin B, dan E, protein, kalsium, dan zat besi. Susu almond merupakan alternatif bagi Anda yang alergi terhadap gluten atau kedelai.

5. Susu gandum

Kandungan serat tinggi dalam susu oat mampu mencegah sembelit selama kehamilan. Selain itu, oat milk juga kaya akan vitamin A, B, dan mineral seperti kalium, mangan, serta fosfor.

Selain susu untuk program kehamilan, apa saja hal lain yang bikin cepat hamil?

Menelusuri benang merah seputar topik susu untuk program kehamilan, rupanya tak ada satu jenis susu tertentu yang meningkatkan kesuburan seorang wanita. Justru yang lebih berperan dan penting adalah memastikan mengonsumsi makanan penyubur kandungan sehingga nutrisi yang diperlukan benar-benar tercukupi.

Tak kalah penting untuk pastikan berat badan Anda ideal. Tidak terlalu gemuk, tidak juga terlalu kurus. Wanita dengan indeks massa tubuh ideal punya kemungkinan lebih besar melihat dua garis di testpack mereka.

Sementara wanita kelebihan berat badan perlu waktu 2 kali lebih lama untuk bisa hamil. Di sisi lain, wanita yang berat badannya di bawah normal perlu waktu 4 kali lebih lama untuk hamil.

Program ini dapat didiskusikan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui obat-obatan dan suplementasi yang baik dan mendukung program tersebut.

Saaat program hamil, apa saja hal lain yang perlu diperhatikan?

  • Memenuhi kebutuhan¬†nutrisi¬†agar rahim siap untuk implantasi, seperti asam folat, kalsium, zat besi, dan zat gizi lainnya
  • Melakukan hubungan seksual secara rutin dengan pasangan, 2-3 kali seminggu tanpa kontrasepsi
  • Membuat¬†kalender masa subur
  • Tidak begadang dan tidur teratur

Catatan Sehat

Sebelum memutuskan minum susu biar cepat hamil, sebaiknya Anda cek dulu kandungan gizi dari susu tersebut di kemasannya. Tidak ada merek tertentu yang direkomendasikan, merek apa saja boleh selama kandungan nutrisinya sesuai bagi ibu hamil.

Kaitannya adalah terlalu banyak lemak dalam tubuh menyebabkan hormon estrogen berlebih. Kondisi ini dapat mengintervensi proses ovulasi. Jadi, jika Anda sedang dalam usaha memiliki keturunan, tak perlu berpatokan pada susu untuk program kehamilan tertentu. Tugas yang lebih penting: pastikan mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi

Bagikan informasi tentang Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 30%
Mangosta

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 70.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 70.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 43%
HRP Susut Perut

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 84.900 Rp 150.000
Tersedia
Rp 84.900 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 25%
Honey Maag

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 43%
Madu Kewanitaan Nisa Manja

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 100.000 Rp 175.000
Tersedia
Rp 100.000 Rp 175.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR