Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Teripang untuk Kesehatan

Manfaat Teripang untuk Kesehatan

Diposting pada 15 July 2022 oleh admin | Dilihat: 167 kali

 

Teripang adalah hewan laut berbentuk menyerupai sayuran timun dan bertekstur seperti cacing atau ulat, alias cukup lunak. Kabar baiknya, biota laut ini dapat dikonsumsi dan sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit.

Khasiat dari teripang tentu tidak terlepas dari zat gizi yang ada di dalamnya. Ada pun kandungan gizi yang diperlukan tubuh dalam teripang meliputi:

  • Energi: 462 kalori
  • Protein: 39,1 g
  • Lemak: 32,4 g
  • Karbohidrat: 3,5 g
  • Kalsium: 499 mg
  • Besi: 96,4 mg
  • Fosfor: 616 mg
  • Natrium: 315 mg
  • Kalium: 402,5 mg
  • Retinol (vitamin A): 2 mcg
  • Karoten Total: 144 mcg
  • Thiamin (vitamin B1): 1,37 mg
  • Niasin: 5,3 mg

Walaupun rasa daging timun laut sedikit hambar, ada banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsi hewan laut ini dengan cara dikeringkan atau digoreng. Anda juga dapat mencoba memakannya mentah-mentah.

Sebelum mencobanya, simak berbagai manfaat teripang yang perlu Anda ketahui. Di bawah ini sederet khasiat timun laut yang tentu sayang dilewatkan.

1. Membantu melawan sel kanker

Salah satu manfaat teripang yang paling populer adalah membantu melawan sel kanker. Pasalnya, hewan laut ini mengandung zat yang disebut sitotoksin, yaitu senyawa yang terbukti dapat melawan sel kanker.

Hal ini dibuktikan lewat penelitian laboratorium yang dimuat dalam Bioorganic & medical chemistry letters. Para peneliti menemukan zat sitotoksik, lebih tepatnya Ds-echinoidea, yang dapat mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat kemanjuran dan efek samping dari timun laut sebagai pengobatan kanker.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Teripang mengandung asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menumbuhkan jaringan tubuh saat terluka. Selain itu, teripang juga mengandung kolagen yang merupakan zat pembentuk lapisan kulit.

3. Mengatasi Nyeri Sendi

Ternyata teripang bermanfaat untuk menyembuhkan nyeri sendi, lho. Sebab teripang mengandung zat yang berfungsi sebagai pelumas sendi, yaitu kondroitin sulfat.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebagai sumber kandungan protein yang baik, konsumsi teripang bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bagaimana tidak, protein merupakan zat gizi yang dibutuhkan untuk metabolisme dan kesehatan tubuh untuk:

  • memperbaiki jaringan sel,
  • memproduksi enzim dan hormon untuk menjaga fungsi sel dan organ,
  • membangun sel dan jaringan dalam tubuh, serta
  • memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Bila tubuh kekurangan protein, pertumbuhan akan terhambat dan massa otot pun berkurang. Akibatnya, sistem kekebalan melemah dan tubuh lebih rentan terhadap penyakit, seperti pernapasan dan jantung.

Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsi teripang untuk mengambil khasiat dari protein. Namun, perlu diingat untuk memakannya dalam batas yang wajar karena konsumsi protein berlebihan justru bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan.

5. Mencegah Keriput

Penelitian di Inggris yang dimuat dalam Prevention menemukan bahwa ekstrak teripang punya khasiat tersendiri bagi kulit. Ekstrak teripang mampu mengatasi kulit tipis, garis-garis halus, dan kulit kering pada orang dewasa.

Teripang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun Anda harus berhati-hati mengonsumsinya, khususnya bagi orang dengan riwayat alergi terhadap makanan laut.

Teripang juga memiliki efek antikoagulan atau pengencer darah. Oleh karena itu, orang yang mengonsumsi obat-obatan pengencer darah harus berhati-hati apabila ingin mengonsumsi teripang karena dapat menimbulkan perdarahan dan memar.

Hindari konsumsi teripang selama dua minggu sebelum melakukan tindakan pembedahan agar mencegah terjadinya perdarahan berlebihan.

Bagikan informasi tentang Manfaat Teripang untuk Kesehatan kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Teripang untuk Kesehatan | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Manfaat Teripang untuk Kesehatan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 50%
Kapsul Cacing Lumbrifit

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 50.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 50.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Herbal Lancar BAK

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 43%
Happy Slim

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 77.500 Rp 135.000
Tersedia
Rp 77.500 Rp 135.000
Stok: Tersedia
OFF 47%
Madu Qusthul Hindi Habbazait

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 79.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 79.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR