Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Mencegah Penyakit Radang Tenggorokan

Mencegah Penyakit Radang Tenggorokan

Diposting pada 8 February 2022 oleh admin | Dilihat: 30 kali

Radang tenggorokan atau faringitis adalah peradangan pada faring yang menimbulkan rasa sakit atau panas ketika makan dan menelan. Penyebabnya bisa dari berbagai hal, seperti infeksi virus (flu atau pilek berat), mononucleosis (demam kelenjar), campak, dan cacar air.

Radang tenggorokan yang berasal dari infeksi virus memiliki gejala seperti suhu tubuh mencapai 38 derajat Celcius bahkan lebih, terdapat benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan, sakit kepala, batuk, dan pegal-pegal. Sementara itu, radang tenggorokan yang disebabkan demam kelenjar menimbulkan gejala pembengkakan amandel dan limpa, pembesaran kelenjar getah bening di leher dan ketiak, kehilangan nafsu makan, serta peradangan hati.

Untuk mencegah terjadinya radang tenggorokan:

1. Hindari asap rokok

Hindari merokok dan asap rokok karena dapat mengiritasi tenggorokan dan membuatnya meradang. Merokok juga dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker seperti kanker mulut, tenggorokan, laring (kotak suara) serta kanker paru-paru.

2. Rajin mencuci tangan

Upayakan untuk rajin mencuci tangan apalagi setelah menggunakan fasilitas umum. Bakteri dan virus dapat bersarang dimana saja seperti gagang pintu, tombol lift, mesin ATM, dan ponsel. Tanpa disadari, tangan yang kotor tersebut kemudian menyentuh hidung dan wajah sehingga menimbulkan penyakit.

Jika sedang dalam perjalanan atau di transportasi umum, Anda bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70%., seperti hand sanitizer dari Lifebuoy. Selain hand sanitizer, Lifebuoy juga memiliki produk hand wash Lifebuoy Mild Care, Lifebuoy Cool Fresh, dan Lifebuoy Kitchen Fresh.

3.Hindari makanan pemicu radang tenggorokan

Hindari makanan yang dapat memicu radang tenggorokan, di antaranya makanan berminyak seperti gorengan, makanan pedas, makanan asam, serta makanan yang bertekstur keras. Gorengan mengandung minyak berlebih yang juga meningkatkan penyakit kolesterol, obesitas, dan hipertensi. Pilihlah makanan sehat yang mudah ditelan dan empuk seperti sup, telur rebus, ubi kukus, kentang yang dihaluskan, atau sereal.

 4. Tingkatkan imunitas tubuh

Anda pun dapat mencegah terjadinya radang tenggorokan dengan meningkatkan imunitas tubuh. Misalnya dengan melakukan aktivitas olahraga seperti bersepeda, main basket, dan senam lantai.

5. Jaga kebersihan lingkungan sekitar

Lingkungan yang kotor adalah habitat bagi berbagai macam kuman penyebab penyakit. Karena itu, jagalah kebersihan lingkungan sekitar Anda seperti rumah dan meja kerja dengan rutin membersihkannya. Jika rutin dibersihkan, debu-debu yang menempel pada perabot pun akan berkurang.

Apa penyebab radang tenggorokan (faringitis)?

Penyebab radang tenggorokan yang paling umum adalah infeksi virus dan bakteri.

Faringitis biasanya ditularkan saat seseorang menghirup bakteri atau virus yang menyebar di udara dan juga melalui percikan air liur penderita yang menempel pada permukaan.

Pada strep throat, penyebab peradangan pada tenggorokan adalah infeksi bakteri Streptococcus pyogenes dan Streptococcus kelompok A. Sementara virus yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan di antaranya:

  • Virus influenza
  • Adenovirus, rhinovirus, dan RSV
  • Virus campak
  • Virus Corona
  • Virus cacar air
  • Virus penyebab mononukleosis (demam kelenjar)

Cara mengatasi tenggorokan kering berdasarkan penyebabnya

1. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam dapat meredakan berbagai gangguan yang menyerang tenggorokan, termasuk tenggorokan yang terasa kering.Garam mampu mengurangi pembengkakan dan iritasi sekaligus membersihkan virus-virus yang bersarang di mulut dan tenggorokan.

Larutkan 1/2 sendok garam dalam satu gelas air hangat, lalu berkumurlah selama 30 sampai 60 detik. Berkumurlah 3-4 kali dalam sehari sampai rasa kering di tenggorokan mereda.

2. Memperbanyak cairan

Sakit tenggorokan tanpa sebab yang jelas mungkin tandanya Anda kurang minum. Tubuh yang kekurangan cairan tidak bisa memproduksi liur dalam jumlah banyak untuk membasalah mulut dan tenggorokan.

Sebagai cara mengatasi tenggorokan kering akibat dehidrasi, Anda cukup minum air hingga tenggorokan terasa lebih baik. Selain itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda agar tubuh tidak mengalami dehidrasi yang bisa membuat tenggorokan kering dan gatal, pusing, dan lemas.

Jus buah, air mineral, dan juga air kelapa menjadi sumber air yang bagus untuk melegakan tenggorokan Anda. Hindari minuman soda dan kafein karena bisa membuat tubuh kehilangan lebih banyak air.

3. Madu

Madu memiliki efek melegakan tenggorokan dan berfungsi sebagai antiseptik dan antibakteri alami. Selain itu, tekstur madu yang kental akan membantu menjaga kelembapan di tenggorokan lebih lama. Anda bisa mencampurkan madu dengan air hangat atau teh, tapi bisa juga Anda konsumsi langsung.

4. Permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan bisa melembapkan jaringan-jaringan pada mulut dan tenggorokan. Selain itu, permen ini juga akan merangsang produksi ludah yang akan membantu membasahi tenggorokan.

Hindari permen pelega tenggorokan yang mengandung gula atau perasa tambahan supaya tenggorokan tidak terasa gatal.

5. Obat tenggorokan kering akibat alergi

Alergi rhinitis sekelompok gejala termasuk pilek, bersin, batuk, tenggorokan kering, dan mata gatal yang terjadi akibat paparan suatu pemicu alergi. Misalnya debu atau bulu binatang.

Menurut studi dari The Journal Of Nutritional Biochemistry, gejala-gejala alergi rhinitis dapat diobati dengan:

  • Mengonsumsi obat antihistamin seperti diphenhydramine untuk mengobati alergi.
  • Suntikan alergi yang dilakukan oleh dokter jika dengan obat antihistamin minum tidak membaik.
  • Alergi rhinitis sekelompok gejala termasuk pilek, bersin, batuk, tenggorokan kering, dan mata gatal yang terjadi akibat paparan suatu pemicu alergi. Misalnya debu atau bulu binatang.

  • Mengonsumsi obat dekongestan untuk melegakan hidung tersumbat.

  • Minum teh jahe hangat untuk melegakan tenggorokan, karena jahe memiliki sifat antiradang.

  • Kunyah bawang putih, karena bawang putih memiliki efek antihistamin.
  • Kunyah bawang merah karena bersifat antiradang dan mengandung antioksidan.sakit

Bagikan informasi tentang Mencegah Penyakit Radang Tenggorokan kepada teman atau kerabat Anda.

Mencegah Penyakit Radang Tenggorokan | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Mencegah Penyakit Radang Tenggorokan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 44%
Madu Subur Kandungan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 135.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 135.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Asam Urat

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 45%
Madu OB Kiddos

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 55.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 55.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Kapsul Wasir

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR