Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal šŸ˜Š CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri šŸ˜Š
Beranda » Artikel Terbaru » Buah Bit untuk Kesehatan

Buah Bit untuk Kesehatan

Diposting pada 2 March 2022 oleh admin | Dilihat: 60 kali

Buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Umumnya, buah ini hanya digunakan akarnya saja yang terasa manis untuk obat kesehatan. Namun lama kelamaan, daging buah dan daunnya juga dikonsumsi.Buah bit pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat di Afrika ribuan tahun yang lalu.

Kandungan Buah Bit

  • Air: 87.6 gram
  • Protein: 1.6 gram
  • Lemak: 0.1 gram
  • Karbohidrat: 9.6 gram
  • Serat: 2.6 gram
  • Kalsium: 27 miligram (mg)
  • Fosfor: 43 mg
  • Zat besi: 1.0 mg
  • Natrium: 29 mg
  • Kalium: 404.9 mg
  • Tembaga: 0.20 mg
  • Seng: 0.7 mg
  • Karoten total: 20 mcg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0.02 mg
  • Riboflavin

Manfaat Buah BIT

1. Menurunkan tekanan darah

Melansir Healthline, studi menunjukkan, makan buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah hingga 4-10 mmHg dalam hitungan jam. Efek makan buah bit bisa lebih terasa apabila penderita hipertensi makan buah bit mentah daripada bit yang dimasak. Buah bit bisa membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan nitratnya yang tinggi. Di dalam tubuh, nitrat diubah menjadi nitrat oksida yang bisa melebarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa turun. Efek makan buah bit dalam menurunkan tekanan darah hanya bersifat sementara, selama enam jam setelah makan. Untuk mencegah penyakit pembuluh darah seperti jantung dan stroke, diperlukan konsumsi teratur buah bit agar tekanan darah bisa tetap stabil.

2. Meningkatkan kinerja fisik

Sejumlah studi menunjukkan, nitrat dalam buah bit dapat meningkatkan kinerja fisik seseorang, terutama jika dikonsumsi atlet. Nitrat dapat memengaruhi kinerja fisik dengan meningkatkan efisiensi mitokondria, yang bertanggung jawab menghasilkan energi sel tubuh. Penelitian lain mencatat, makan buah bit juga bisa meningkatkan kinerja saat bersepeda dan olahraga atletik. Dari hasil studi, bit bisa meningkatkan penggunaan oksigen sampai 20 persen. Hal yang perlu dicatat, kadar nitrat dalam darah naik selang 2-3 jam. Untuk itu, orang yang ingin meningkatkan kinerja fisik dengan buah bit perlu mengonsumsinya 2-3 jam sebelum mulai berolahraga.

3. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Penyakit jantung, termasuk serangan jantung, gagal jantung dan stroke, merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Dan tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko utama perkembangan kondisi ini.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Buah bit ternyata juga bisa mendatangkan manfaat untuk mata. Ini karena kandungan lutein atau zeaxanthin akan menjaga kesehatan makula dan retina pada mata.Buah bit juga mengandung vitamin C yang bisa menjaga tingkat kelembapan serta mencerahkan penglihatan.Nah, untuk mereka yang memiliki risiko katarak, konsumsi buah bit juga disarankan karena kandungan beta karoten di dalam buah bit yang merupakan salah satu bentuk vitamin A.

5. Mengatasi Inflamasi dalam Tubuh

Peradangan atau inflamasi yang kronis dikaitkan dengan sejumlah penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, penyakit hati, danĀ kanker.Nah, buah bit mengandung pigmen yang disebut betalains, yang berpotensi memiliki sejumlah sifat anti-inflamasi.Pada penelitian yang dilakukan kepada tikus, sus bit dan ekstrak bit telah terbukti mengurangi peradangan ginjal pada tikus yang disuntik dengan bahan kimia beracun yang diketahui dapat menyebabkan cedera serius.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat makanan merupakan komponen penting dariĀ pola makan yang sehat.Asupan serat yang cukup setiap hari telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk kesehatan pencernaan.Dalam satu cangkir bit mengandung 3,4 gram serat, sehingga bisa dikatakan bahwa buah ini adalah sumber serat yang baik.Serat yang ada dalam buah bit akan melewati pencernaan dan menuju ke usus besar, di mana ia akan memberi makan bakteri usus baik dan membuat feses lebih mudah dikeluarkan.

7. Baik untuk Kesehatan Otak

Fungsi mental dan kognitif bisa menurun secara alami seiring bertambahnya usia.Bagi beberapa orang, penurunan ini bisa terjadi secara signifikan dan dapat menyebabkan kondisi seperti demensia.Tak hanya itu, penurunan aliran darah dan suplai oksigen ke juga otak dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif.Menariknya, nitrat dalam buah bit juga dapatĀ meningkatkan fungsi mentalĀ dan kognitif dengan meningkatkan pelebaran pembuluh darah.Dengan demikian, ia mampu meningkatkan aliran darah ke otak.

8. Anti Kanker

Kanker adalah penyakit serius dan berpotensi fatal yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.Untungnya kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi dalam buah bit bisa membantu mencegah kanker meski bukti ilmiahnya masih cukup terbatas.MengutipĀ Journal of Medicinal Food, ekstrak bit telah terbukti mengurangi pembelahan dan pertumbuhan sel tumor pada hewan.Satu studi lain dalam tabung reaksi yang menggunakan sel manusia juga menemukan bahwa ekstrak akar bit, yang mengandung pigmen betalain tinggi, mampu mengurangi pertumbuhan sel prostat dan kanker payudara.Penting untuk dicatat bahwa penelitian ini dilakukan pada sel manusia dan tikus yang terisolasi.Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah efek serupa akan ditemukan pada manusia pada umumnya.

9. Mencegah Anemia

Orang yang memiliki kadar zat besi rendah terkadang dapat mengembangkan kondisi yang disebut anemia defisiensi besi.Untuk mencegahnya, maka diperlukan penambahan makanan dengan zat besi tinggi seperti buah bit.Jika Moms sedang hamil atau menyusui, maka kebutuhan zat besi juga lebih tinggi dan Moms harus mewaspadai gejalanya seperti:

  • Kelelahan
  • Pusing
  • Sesak napas
  • Sakit kepala
  • Detak jantung cepat

 

10. Manfaat Buah Bit untuk Kesuburan

Apakah Moms juga memiliki masalah terkait kesuburan? Jangan khawatir, karena buah bit juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan.Ini karena buah bit merupakan sumber dari antioksidan resveratrol yang dianggap mampu memerangi ketidaksuburan terkait usia.Selain itu, mengutip artikel dariĀ Harley Street Fertility Clinic, buah bit juga kaya akan nitrat yang bisa meningkatkan aliran darah sehingga implantasi embrio ke rahim jadi lebih lancar.Nitrat yang terkandung di dalamnya mudah diserap oleh lambung dan usus halus, sehingga konversinya menjadi oksida nitrat menjadi lebih cepat.Khasiat buah bit untuk kesuburan bahkan diduga bisa dirasakan dalam waktu 12 hari.

Manfaat Buah Bit untuk Kecantikan

 

1. Memberikan Rona Alami

Kandungan zat besi, fosfor, dan protein yang kaya pada buah bit ternyata juga bisa memberikan kulit merona merah jambu yang sehat nan cantik.Selain itu, berdasarkanĀ Indian Dermatology Online Journal, buah bit juga kaya akan vitamin C sehingga ia mampu mencegah pigmentasi kulit sehingga kulit tetap bersinar.

2. Menghaluskan Kulit

Moms ingin kulit tetap halus secara alami? Coba mulai rutin konsumsi buah bit.Ini karena buah bit kata akan zat besi dan karotenoid, yang akan menyerap dengan mudah ke dalam pori-pori kulit dan melembapkannya dari dalam.

 

3. Mencegah Jerawat

Buah bit juga kaya akan bahan antiseptik dan anti-mikroba yang mampu meredakan peradangan di daerah sekitar jerawat.

Buah bit juga mampu mengangkat minyak berlebih yang menumpuk di pori-pori kulit wajah penyebab jerawat.

4. Mencerahkan Warna Bibir

Banyak kondisi yang bisa membuat bibir jadi kering, pecah-pecah, dan berwarna gelap. Untungnya, warna cerah alami dari buah bit bisa dijadikan solusi untuk menjaga bibir tetap lembap dengan warna kemerahan yang alami.

5. Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata danĀ dark circleĀ juga merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi pada mereka yang sibuk.Untungnya di dalam buah bit terkandung antioksidan yang akan memberikan efek revitalisasi pada tubuh. Efek ini akan mengusir kantung mata dan area gelap di bawah mata serta menghilangkan stres.

Bahaya Buah Bit bagi Tubuh

1. Menyebabkan Encok

Oksalat di dalam buah bit juga dapat menyebabkan encok. Hal ini terjadi karena oksalat yang kaya di dalam buah bit meningkatkan kadar asam urat di aliran darah. Asam ini pun bisa menjadi padat dan menumpuk di sendi, umumnya di pangkal kaki. Sebuah studi juga menjelaskan kalau buah bit punya andil dalam pengkristalan asam urat.Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi buah bit lebih dari setengah gelas per harinya. Anda juga disarankan banyak minum air putih serta memakan daging bebas lemak dan unggas.

2. Berisiko pada Tekanan Darah

Orang yang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat disarankan mengonsumsi buah bit. Pasalnya, buah ini terkenal manjur dalam menurunkan tekanan darah berkat zat nitrat di dalamnya.Namun, ada yang perlu diperhatikan bila melihat sifat istimewa buah bit ini. Jika dikonsumsi orang yang punya tekanan darah rendah, buah bit dapat semakin merendahkan tekanan darah orang tersebut. Hal ini tentunya dapat berdampak buruk bagi kesehatannya. Lebih baik konsultasikan pada ahlinya dulu bila ingin mengonsumsi buah bit.

3. Memicu Batu Ginjal

Di antara jenis kanker lainnya, batuĀ ginjalĀ merupakan penyakit yang paling sering diidap. Penyakit batu ginjal terjadi karena tubuh menyerap terlalu banyak kalsium. Penyebab lainnya juga bisa berasal dari infeksi di saluran kemih.Buah bit sering dikaitkan dengan penyakit ini karena salah satu kandungan yang dimilikinya. Kandungan tersebut tak lain adalah oksalat. Dan, kandungan ini banyak sekali tersimpan dalam buah bit sehingga beberapa orang perlu mewaspadai buah ini.

4. Mematikan Fungsi Oksida Nitrat dalam Tubuh

Oksidasi nitrat sendiri adalah molekul yang dihasilkan tubuh untuk membesarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang melebar akan memudahkan aliran darah. Hal ini berkaitan dengan tekanan darah yang rendah dan fungsi otak yang baik.Sayangnya, produksi oksida nitrat mungkin terhenti bila sering mengonsumsi buah bit. Sebab, kandungan nitrat yang dimiliki buah bit juga memiliki fungsi yang sama dengan molekul tersebut. Nitrat yang berlebih bisa semakin menggeser hingga oksida nitrat tak terbentuk lagi.

5. Lonjakan Gula Darah

Rasa manis jadi alasan lainnya dari bahaya buah bit. Rasa manis ini dikarenakan kandungan gula buah bit memiliki jumlah yang berlimpah. Kalau dihitung, tiap 100 gram buah bit mengandung 7 gram gula. Karena hal ini juga, konsumsi buah bit sebaiknya ditemani dengan sayuran lainnya yang dapat menawar asupan gula berlebih tersebut.

Bagikan informasi tentang Buah Bit untuk Kesehatan kepada teman atau kerabat Anda.

Buah Bit untuk Kesehatan | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Buah Bit untuk Kesehatan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 36%
Olive Oil 60ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 25.000 Rp 39.000
Tersedia
Rp 25.000 Rp 39.000
Stok: Tersedia
OFF 47%
Madu Qusthul Hindi Habbazait

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 79.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 79.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Garlic Zaitun

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 55.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 55.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Bidara

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR