Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Nutrisi yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak

Nutrisi yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak

Diposting pada 23 August 2021 oleh admin | Dilihat: 52 kali

Hai Moms !

Siapa yang tak ingin buah hatinya tumbuh jadi anak yang hebat ?

Tentu selain stimulasi tepat untuk mewujudkannya, asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi juga menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil. Salah satu faktor yang penting dan mempengaruhi perkembangan kepintaran otak si Kecil adalah nutrisi.

Menutrisi otak si Kecil dengan asupan makanan yang berkualitas penting dilakukan sejak dini karena perkembangan otak anak paling pesat terjadi sejak dalam kandungan dan selama dua tahun pertama.

Fungsinya untuk mendukung perkembangan otak, menunjang ketrampilan fisik dan membentengi diri dari penyakit yang dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan otak si kecil.

 

Nutrisi untuk meningkatkan kecerdasan otak anak

Kebutuhan nutrisi otak anak tidak hanya perlu dipenuhi pada usia perkembangan balita (bawah lima tahun).

Nutrisi ini juga penting untuk dipenuhi selama masa perkembangan anak 6-9 tahun demi menunjang tumbuh kembangnya.

Menurut sebuah artikel yang dimuat dalam Virtual Lab School, kemampuan berpikir anak pada usia sekolah akan semakin meningkat.

Ini karena karena anak banyak bertemu dengan orang baru, pergi ke berbagai tempat baru, dan menemukan banyak hal-hal menarik.

Hal ini menunjukkan kebutuhan nutrisi untuk otak anak juga semakin tinggi.

Sebagai orangtua, Anda tentu ingin dapat menunjang perkembangan otak yang sedang dialami anak dengan memberikan makanan yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkannya.

Perkembangan otak ini nantinya dapat mendukung perkembangan kognitif anak, perkembangan sosial anak, perkembangan emosi anak, hingga perkembangan fisik anak.

Oleh sebab itu, Anda perlu tahu apa saja makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak agar anak cerdas.

Beberapa nutrisi khusus yang dapat menunjang perkembangan otak anak secara lebih optimal :

 

1. Asam Folat

Folat diperlukan untuk membentuk DNA dan menguatkan sistem saraf pada otak anak selama masa pertumbuhannya. Kekurangan asam folat saat bayi dalam kandungan meningkatkan risiko gangguan perkembangan saraf dan otak pada bayi ketika dilahirkan. Asam folat harus sudah dipenuhi oleh ibu sejak anak masih dalam kandungan hingga anak dalam masa pertumbuhan.

Otak anak perlu didukung oleh nutrisi yang tepat untuk memastikan perkembangannya, terutama di usia sekolah. Pastikan asupan anak Anda sehari-hari kaya akan kalsium, zat besi, asam folat, vitamin B1, B6, dan B12, dan yang terpenting adalah tinggi omega 3 dan 6. Alhasil, fungsi otak anak Anda akan semakin optimal dan meningkatkan kecerdasannya.

Moms bisa memenuhi asupan asam folat pada anak dengan memberikan makanan yang memiliki kandungan asam folat cukup tinggi. Melansir Healthline, telur, brokoli, sayur bayam, sayur kale, dan berbagai jenis kacang-kacangan mengandung asam folat. Jadi, tidak ada salahnya variasikan menu anak dengan campuran makanan tersebut.

Selain sayur-sayuran hijau, moms juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil dengan makanan sumber folat lainnya seperti hati sapi, daging ayam, tempe, dan biji-bijian.

Melansir dari Mott Children’s Hospital, asam folat juga membantu mencegah anak mengalami anemia.

2. Omega-3 dan omega-6

Omega-3 dan omega-6 adalah dua jenis asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh otak anak.

Jika moms pernah mendengar istilah DHA dan AA, kedua nutrisi tersebut merupakan bentuk lain dari asam lemak omega-3 dan omega-6. Kedua asam lemak ini dapat menunjang perkembangan otak anak menjadi lebih optimal.

DHA, yang merupakan bagian dari asam lemak omega-3, dapat membangun 8% dari total berat otak. Hal ini jelas bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi otak anak.

Asam lemak omega-3 yang didapatkan dari makanan akan diubah menjadi DHA dengan bantuan enzim delta-4-desaturase.

Sayangnya, anak usia 3 tahun tidak memiliki enzim ini dalam jumlah yang banyak. Itu sebabnya, anak perlu diberikan susu yang tinggi omega 3, 6, dan DHA supaya kecerdasannya semakin meningkat.

Selain itu, moms juga bisa memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak anak ini dengan memberikan beragam jenis ikan berminyak.

Sebagai contoh, ikan berminyak yang termasuk makanan sumber asam lemak omega-3 adalah salmon, makarel, dan sarden.

Sementara itu, untuk menambah asupan asam lemak omega-6 anak, Anda bisa memberikannya kacang-kacangan seperti kedelai, almond, dan mete sebagai camilannya.

Saat ini juga tersedia susu untuk anak yang sudah diperkaya dengan kedua nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak, yaitu omega-3 dan omega-6.

Dengan begitu, ini bisa jadi pilihan praktis untuk memenuhi kebutuhan gizi anak sehari-hari.

Selain untuk mendukung perkembangan otak anak, nutrisi ini juga memiliki manfaat kesehatan lain, salah satunya adalah meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Di samping itu, asam lemak omega-3 juga dapat mencegah plak pada pembuluh darah dan mengurangi terjadinya penumpukan lemak di bawah kulit dan yang tersimpan di liver.

 

3. Zat Besi

Zat besi adalah salah satu mineral yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal anak . Namun, 1 dari 3 anak Indonesia berusia di bawah 5 tahun berpotensi terhambat kemampuan kognitif dan fungsi mentalnya karena kekurangan zat besi. Padahal, si Kecil membutuhkan asupan zat besi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otaknya.

Zat besi untuk anak berperan penting dalam proses mielinisasi, pembentukan selaput saraf yang membantu proses penerimaan informasi pada otak. Oleh karena itu, si Kecil membutuhkan asupan zat besi yang cukup agar ia tumbuh menjadi anak aktif, punya kemampuan mengingat yang baik, dan siap belajar. Menurut AKG 2019, anak usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 7 mg zat besi per hari sedangkan anak usia 4-5 tahun membutuhkan sekitar 10 mg zat besi per hari.

Sajikan makanan kaya zat besi untuk anak  seperti daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, buah-buahan, sereal dan sayuran berdaun hijau pekat termasuk bayam. Serta lengkapi juga dengan minum susu pertumbuhan yang sudah difortifikasi dengan nutrisi penting seperti zat besi, vitamin C, minyak ikan, omega 3 & 6, kalsium dan serat makanan untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Melansir Psychology Today, kurang terpenuhinya asupan zat besi dalam tubuh memengaruhi fungsi kerja otak dan saraf sehingga menimbulkan gangguan pada neurotransmitter dan metabolisme otak. Jika tidak segera diatasi, hal ini menyebabkan gangguan pada kesehatan mental maupun memperburuk gangguan kesehatan mental.

Maka itu, penuhi kebutuhan nutrisi anak yang satu ini dengan memberikannya makanan yang kaya zat besi, seperti sereal, nasi, biji-bijian,sumber protein hewani (daging merah), dan kacang-kacangan. Sayuran berdaun hijau juga bisa moms berikan kepada anak karena termasuk sumber zat besi, menurut Kids Health.

Nutrisi yang baik untuk otak anak ini juga memiliki manfaat kesehatan lain, misalnya penting untuk meningkatkan energi dan sistem imun anak.

 

4. Kolin

Nutrisi lain yang juga baik untuk membantu meningkatkan fungsi otak anak adalah kolin.

Kolin adalah senyawa kimia larut air yang fungsinya mirip dengan vitamin. Kolin ini masih satu keluarga dengan folat dan vitamin B kompleks. Oleh karena masih berhubungan erat dengan folat dan vitamin B, kolin dikenal sebagai mikronutrien yang penting untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh.

Kolin dibutuhkan untuk membentuk serta membantu perkembangan otak si Kecil sejak ia dalam kandungan. Selain dari ASI, Kolin juga bisa didapatkan dari ikan, daging merah, kuning telur, brokoli, kembang kol, dan kacang-kacangan.

Nutrisi ini juga baik untuk fungsi kognitif dan kekuatan otak anak. Kolin dapat membantu memproduksi DNA sekaligus meningkatkan sinyal saraf di otak anak.

Jika aliran sinyal otak anak berkembang secara optimal, perkembangan otak anak pun juga akan lebih maksimal dalam berpikir. Selain itu, kolin juga dapat mengaktifkan asetilkolin yaitu senyawa kimia yang dapat membantu komunikasi antarsaraf dan otot.

Hal ini dapat membuat anak lebih mampu untuk berkonsentrasi dan meningkatkan daya ingatnya.

Tidak hanya sebagai nutrisi otak anak, kolin juga bermanfaat untuk membentuk suatu zat yang dapat memindahkan kolesterol pada liver di dalam tubuh.

Jika kekurangan nutrisi ini, mungkin saja terjadi penumpukan kolesterol di dalam liver. Sumber kolin yang paling baik terdapat di telur.

Namun, jika ada alergi pada anak terhadap telur, Anda bisa memberikan makanan sumber kolin lainnya seperti hati ayam, daging, salmon, dan susu.

 

5. Vitamin B

Vitamin B adalah jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang.

Serangkaian vitamin B tidak boleh luput dalam nutrisi perkembangan otak anak, khususnya bayi, terutama vitamin B6 dan B12.

Vitamin B6 dibutuhkan untuk perkembangan kemampuan anak saat beradaptasi dengan lingkungannya.
Vitamin B12 mendukung pembentukan mielin pada jaringan saraf anak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Food and Nutrition Bulletin mengungkapkan bahwa anak yang kekurangan vitamin B12 lebih rentan mengalami peradangan dan menghambat kecepatan impuls saraf di otak.

Terutama untuk ibu menyusui, pastikan konsumsi menu sehari-hari sudah mengandung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan otak anak.

Di samping bermanfaat sebagai nutrisi agar otak anak cerdas, vitamin B12 rupanya juga dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Saat kadar vitamin B12 di dalam tubuh terlalu rendah, produksi sel darah merah akan terhambat. Hal ini bisa menyebabkan anemia pada anak.

Vitamin B12 juga dapat membantu produksi materi genetik tubuh yaitu DNA dan RNA yang berperan penting untuk perkembangan otak anak.

Semakin optimal perkembangan DNA dan RNA dalam otak anak, semakin baik pula kemampuan otak anak di masa pertumbuhannya.

Moms dapat memberikan si kecil berbagai makanan sumber vitamin B12 seperti telur, tempe, susu kedelai, susu almond, keju cheddar, atau sereal.

Seiring usia perkembangan bayi menuju MPASI, pastikan Moms juga selalu cermat memilih menu makanan padat nutrisi. Konsultasikan kebutuhan nutrisi si anak dengan dokter ahli jika dibutuhkan.

Bimbing si kecil agar ia mau makan makanan bergizi seimbang secara rutin supaya kebutuhan nutrisi untuk perkembangan otak anak terpenuhi.

Sumber vitamin B6 antara lain; pisang, kentang dan selai kacang. Sedangkan vitamin B12 bisa Bunda dapatkan dari ikan dan daging sapi.

Bagikan informasi tentang Nutrisi yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak kepada teman atau kerabat Anda.

Nutrisi yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Nutrisi yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 35%
Garlic Zaitun

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 55.000 Rp 85.000
Tersedia
Rp 55.000 Rp 85.000
Stok: Tersedia
OFF 44%
Madu Subur Kandungan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 135.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 135.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Herbal Lancar BAK

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Kapsul Wasir

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR