Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Penting Diketahui, Ini Penanganan Pertama Yang Harus Dilakukan Jika Keluarga Terserang Stroke

Penting Diketahui, Ini Penanganan Pertama Yang Harus Dilakukan Jika Keluarga Terserang Stroke

Diposting pada 1 November 2021 oleh admin | Dilihat: 16 kali

 

Serangan stroke bisa terjadi secara tiba-tiba akibat dari gangguan aliran darah karena adanya sumbatan atau pecahnya pembuluh darah tertentu di otak sehingga menyebabkan gangguan fungsi otak, baik sebagian atau menyeluruh. Penyakit ini berbahaya jika tak ditangani dengan segera. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui penanganan pertama yang harus dilakukan jika orang terdekat kita terkena serangan stroke.

Jika seseorang terkena stroke, maka kondisinya akan sangat bergantung pada waktu. Semakin banyak waktu yang terbuang, semakin banyak pula risiko kerusakan otak yang dialami. Meskipun penderita stroke rata-rata berusia di atas 65 tahun, generasi muda berusia 20-60 tahun hingga anak-anak juga bisa saja terkena penyakit ini.

Penting untuk diingat, meski gejala stroke yang dialami penderita masih terhitung ringan, tetap saja tidak boleh diabaikan. Ketika keluarga atau orang terdekat Anda mengalami gejala stroke, segera cari pertolongan medis dan jangan biarkan diri Anda ikut panik. Saat menunggu pertolongan medis, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menolong penderita stroke agar tidak mengalami keadaan yang lebih parah.

Jangan Pindahkan Penderita

Jika Anda melihat seseorang terkena serangan stroke, jangan ubah posisinya dari tempat semula. Mengubah posisinya hanya akan memperbesar kemungkinan pecahnya pembuluh darah halus di otak penderita. Cukup bantu ia untuk berbaring telentang supaya tidak terjatuh ke lantai.

Usahakan Pasien Berada dalam Posisi Nyaman

Sandarkan tubuh penderita stroke dalam posisi yang senyaman mungkin agar tidak terjadi gangguan peredaran darah. Usahakan penderita stroke tersebut berada dalam posisi yang memungkinkannya untuk terus bernapas dengan lancar.

Berikan Minum Agar Tidak Dehidrasi

Cegah pasien dari dehidrasi dengan memberikannya segelas air putih. Jika sulit, Anda bisa memberikan minum dengan menggunakan sendok. Jika pasien mengalami dehidrasi, pasokan oksigen menuju saraf jaringan otak akan terhambat. Ketika hal tersebut terlanjur terjadi, akan bertambah besar pula risiko kondisi pasien menjadi semakin buruk seiring berjalannya waktu.

Ungkapkan Kata-kata yang Menenangkan

Sembari menunggu pertolongan medis datang, cobalah untuk membuat penderita lebih rileks dengan mengungkapkan kata-kata yang menenangkan. Ungkapkan bahwa penderita dapat melalui semua ini dan pertolongan akan segera datang. Oleh karena itu, Anda pun tidak boleh panik agar tidak membuat penderita semakin panik.

Hindari Mitos Menusuk Jari Penderita dengan Jarum

Hindari menusuk-nusuk jari pasien dengan jarum karena stroke tidak bisa sembuh dengan cara ini. Respons nyeri akibat jari ditusuk justru bisa membuat tekanan darah pasien mendadak tinggi dan memperburuk kondisi stroke. Cara ini juga berisiko tinggi karena jarum bisa jadi tidak steril.

Untuk kasus stroke, akan lebih baik jika Anda memanggil ambulans karena bantuan medis yang cepat oleh paramedis selama perjalanan akan membantu mengurangi risiko gangguan otak yang lebih buruk. Perlu diketahui bahwa dalam rentang waktu dari serangan tiba-tiba hingga diberikan tindakan di rumah sakit, tidak boleh berjalan lebih dari 4,5 jam. Periode ini disebut sebagai golden period untuk menyelamatkan pasien dari kelumpuhan total setelah serangan stroke mendadak. Jika lebih dari 4,5 jam maka kelumpuhan dan kerusakan otak akibat stroke tidak dapat dikembalikan.

Jangan lupa untuk terus memantau respons penderita dengan saksama dari waktu ke waktu untuk melihat apakah ada penurunan kondisi penderita. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa melaporkan kondisi pasien dengan lebih tepat kepada petugas medis.

Agar kita dan keluarga terjauh dari serangan stroke, penting bagi kita untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Stroke bisa dicegah dengan cara sederhana seperti mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan hidup yang buruk seperti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol. Mulai aktivitas sehat seperti rutin berolahraga untuk menjaga agar berat badan tetap proporsional dan raih kualitas hidup yang lebih baik.

Bagikan informasi tentang Penting Diketahui, Ini Penanganan Pertama Yang Harus Dilakukan Jika Keluarga Terserang Stroke kepada teman atau kerabat Anda.

Penting Diketahui, Ini Penanganan Pertama Yang Harus Dilakukan Jika Keluarga Terserang Stroke | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Penting Diketahui, Ini Penanganan Pertama Yang Harus Dilakukan Jika Keluarga Terserang Stroke

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 47%
Kapsul Buah Merah BM PRO Griya Annur

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 79.900 Rp 150.000
Tersedia
Rp 79.900 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Ananda

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 37%
Happy Slim

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 85.000 Rp 135.000
Tersedia
Rp 85.000 Rp 135.000
Stok: Tersedia
OFF 25%
Madu Centelia

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR