Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Penyebab Penyakit Step Atau Kejang Demam

Penyebab Penyakit Step Atau Kejang Demam

Diposting pada 6 October 2021 oleh admin | Dilihat: 8 kali

Penyebab penyakit step atau kejang demam belum diketahui dengan pasti, namun hal ini diketahui berkaitan dengan kenaikan suhu tubuh yang terlalu cepat dan kemampuan tubuh anak untuk beradaptasi terhadap peningkatan suhu tubuh.

penyakit step adalah kejang pada anak yang dipicu oleh demam, karena itulah disebut juga dengan kejang demam. Ketika mengalami penyakit step atau kejang demam, tubuh anak akan berguncang hebat diiringi gerakan menyentak di lengan dan tungkai, serta kehilangan kesadaran

Hal ini tentunya membuat orang tua sangat khawatir dengan keadaan anak. Namun, sebenarnya penyakit step pada anak ini umumnya tidak berbahaya dan bukan merupakan gejala penyakit serius. Penyakit ini bukanlah kelainan pada otak. Kejang demam berbeda dengan epilepsi atau ayan yang ditandai dengan kejang berulang tanpa perlu menyertai demam.

Penyebab penyakit step tetap perlu dikenali untuk menghindarinya. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak usia 6 bulan hingga 5 tahun, namun anak usia 1 sampai 1,5 tahun lebih umum mengalaminya. Saat menghadapinya, orang tua dianjurkan untuk waspada namun tetap tenang

Penyebab penyakit step atau kejang demam ini dapat timbul bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti:

Faktor Usia

Usia merupakan salah satu faktor penyebab penyakit step pada anak muncul. Anak yang berusia 12-18 bulan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kejang demam dibandingkan anak yang lebih tua

Kejang demam umumnya hanya terjadi kurang dari 2 menit yang akan membaik setelahnya. Gejala kejang demam adalah hentakan pada tungkai dan lengan yang berulang (kelojotan), mata mendelik ke atas, dan anak kehilangan kesadaran. Namun, pada beberapa kasus kejang pada kondisi ini bisa berlangsung, hingga 15 menit dan terjadi secara berulang.

Kejang demam yang terjadi lebih dari 15 menit dan berulang dalam 24 jam disebut dengan kejang demam kompleks. Sayangnya, hingga kini masih belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab anak bisa mengalami kondisi ini. Namun, ada beberapa faktor yang disebut bisa meningkatkan risikonya, seperti baru menjalani imunisasi, mengalami infeksi, serta faktor usia.

Riwayat Keluarga

Selain itu, penyebab penyakit step berikutnya dapat dipengaruhi faktor riwayat keluarga. Anak yang lahir dari keluarga dengan riwayat step kejang demam juga lebih berisiko mengalami kejang demam.

Salah satu faktor risiko timbulnya kejang demam adalah adanya riwayat kejang pada keluarga. Riwayat kejang pada keluarga juga dihubungkan dengan tipe kejang demam pertama dan usia saat timbulnya kejang demam pertama. Beberapa penelitian menunjukkan riwayat kejang pada keluarga meningkatkan risiko terjadinya kejang demam kompleks sebagai tipe kejang demam pertama dan berhubungan dengan usia timbulnya kejang demam pertama yang lebih dini. Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara riwayat kejang pada keluarga dengan tipe kejang demam pertama dan usia saat timbulnya kejang demam

 

Setelah Imunisasi

Selanjutnya, penyebab penyakit step juga bisa dipicu karena pemberian imunisasi. Pada beberapa anak, pemberian imunisasi dapat menimbulkan demam yang bisa memicu penyakit step atau kejang demam.

Pasca imunisasi, setiap anak pada umumnya akan mengalami efek samping yang berbeda-beda. Salah satunya adalah risiko kejang demam yang dapat meningkat setelah anak mendapatkan imunisasi.

Beberapa imunisasi yang dapat menyebabkan kejang demam yaitu vaksinasi difteri, tetanus dan pertusis atau campak-gondong-rubella. Perlu dipahami sebenarnya bukan karena imunisasinya, tetapi seorang anak pasca imunisasi mengalami demam ringan dan hal itulah yang menyebabkan kejang.

Infeksi

Selain itu, anak juga dapat mengalami kejang pada saat mengalami demam akibat infeksi virus atau infeksi bakteri.

Demam yang disebabkan oleh virus atau infeksi bakteri dapat menyebabkan step saat demam. Roseola adalah penyebab paling umum dari step yang terjadi saat demam.

Infeksi, baik infeksi virus maupun bakteri. Salah satu infeksi yang paling banyak menyebabkan kejang pada anak adalah virus penyakit roseola yang memang ditandai dengan demam tinggi pada anak.

Gejala utama penyakit step atau kejang demam tentunya adalah terjadinya kejang saat demam. Berikut beberapa gejala penyakit step atau kejang demam lainnya:

– Suhu tubuh meningkat hingga lebih dari 38°.

– Seluruh tubuh anak, terutama tungkai dan lengan, terlihat gemetar, kaku, atau menyentak-nyentak tidak terkontrol.

– Anak mengerang, menggigit keras lidahnya, atau buang air kecil tiba-tiba, dan bola matanya berputar ke atas.

– Anak tidak dapat merespons, seperti tidak menjawab saat diajak bermain atau berbicara.

– Anak mengalami pingsan atau kehilangan kesadaran setelah kejang.

Pada penyakit step atau kejang demam sederhana, kejang biasanya terjadi kurang dari 2 menit. Namun pada beberapa kasus, kejang dapat terjadi hingga 15 menit. Anak yang mengalami kejang demam akan langsung sadar setelah kejang reda, walaupun tampak bingung atau lelah. Biasanya kejang juga tidak berulang dalam kurun waktu 24 jam.

Sedangkan pada penyakit step atau kejang demam kompleks, kejang bisa terjadi lebih dari 15 menit, atau terjadi lebih dari sekali selama kurun 24 jam. Kejang yang muncul pada kejang

yang muncul pada kejang demam kompleks juga bisa terjadi hanya pada salah satu bagian tubuh.

Anak yang pernah mengalami penyakit step atau kejang demam berisiko untuk mengalaminya

Bagikan informasi tentang Penyebab Penyakit Step Atau Kejang Demam kepada teman atau kerabat Anda.

Penyebab Penyakit Step Atau Kejang Demam | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Penyebab Penyakit Step Atau Kejang Demam

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 51%
Duralove

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 73.900 Rp 150.000
Tersedia
Rp 73.900 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 57%
Vitanoni

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 50%
Madu Bidara

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 24%
Annur Madu Raw Honey

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 190.000 Rp 250.000
Tersedia
Rp 190.000 Rp 250.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR