Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Bijak Memantau Media Sosial si Kecil

Tips Bijak Memantau Media Sosial si Kecil

Diposting pada 6 August 2021 oleh admin | Dilihat: 68 kali

 

Hai moms !

Di era digital, tentunya sulit untuk menjauhkan si kecil dari media sosial. Meski memiliki manfaat dalam memudahkan komunikasi, media sosial juga memiliki banyak dampak buruk yang perlu diwaspadai. Terutama jika tidak digunakan dengan benar dan bertanggung jawab.

Ketika anak telah diizinkan untuk mengakses media sosial, penting bagi Moms dan Dads untuk memastikan mereka menggunakannya dengan cara yang tepat. Seperti halnya di dunia nyata, anak juga perlu mendapatkan persiapan sebelum beraktivitas di media sosial.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), meski studi komprehensif tentang dampak media sosial terhadap anak-anak dan keluarga menunjukkan manfaat yang nyata, termasuk di antaranya peningkatan komunikasi, akses ke informasi, dan bantuan dalam mengembangkan kualitas diri, namun ada juga ancaman terselubung dari penggunaan media sosial.

Dalam studi tersebut ini ditemukan fakta bahwa 22 persen remaja online di media sosial lebih dari 10 kali sehari, dan 75 persen di antara mereka memiliki telepon seluler sendiri. Tingginya akses anak terhadap media sosial meningkatkan risiko cyberbullying, Facebook Depression (sebuah fenomena baru di mana ‘unfriend’ dan intimidasi online menyebabkan gejala depresi), paparan konten yang tidak pantas, dan sexting.

Berikut ini tips memantau media sosial anak yang bisa moms terapkan 😊

 

1. Membuat Kesepakatan

Anak pra remaja sudah tidak ingin dianggap anak-anak, tetapi kadang pola pikir mereka masih sangat kekanak-kanakan. Mereka mungkin saja tersinggung jika moms terlalu ingin tahu kehidupan pribadi mereka di media sosial.

Jadi, gunakan teknik diskusi dan buat kesepakatan tentang penggunaan internet, smartphone, atau komputer. Buat kesepakatan waktu untuk mereka bisa memakainya, misalnya saat liburan atau weekend. Buatlah juga kesepakatan bahwa moms atau dads berhak melihat riwayat jejak mereka di internet.

Jelaskan juga kepada anak dampak positif dan negatifnya serta hal-hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menggunakan media sosial mereka. Katakan jika kita sebagai orang tua akan memantau penggunaan media sosial mereka sehingga anak tidak merasa dikepoin oleh mata-mata.

Buat anak mengerti pentingnya menghindari berbagai hal negatif yang bisa timbul dari sana. Juga jika mereka satu hari nanti menghadapi, beritahu cara terbaik untuk menangani, terutama pastikan untuk langsung memberi tahu kita dengan segera.

 

2. Berteman dengan anak di media sosial

Ketika anak pertama kali membuat akun media sosial, katakan padanya bahwa Moms dan Dads serta anggota keluarga dan saudara yang lain wajib ia tambahkan ke dalam friend list-nya. Setelah itu, baru ia boleh menambahkan teman-temannya ke dalam friend list berikutnya.

Dengan begitu, Moms akan selalu bisa memantau apa saja yang di-posting anak ke media sosialnya. Pastikan konten yang dipost anak benar-benar aman untuknya dan tidak memunculkan identitas apapun tentang anak, misal nama sekolah, tempat les, atau lokasi tepat di mana ia berada.

Jika moms menemukan komentar tidak pantas, bicarakan dengan anak. Tanyakan baik-baik apakah ia mengenal si pemberi komentar, bagaimana hubungan mereka, dan peristiwa apa yang menyebabkan komentar-komentar tak pantas itu muncul.

 

3. Jadilah contoh yang baik dalam penggunaan social media

Karena anak berteman dengan Moms di media sosial, maka ia pun akan melihat semua aktivitas Moms di media sosial. Sebagai orang tua tentu sudah tahu jika dirinya akan menjadi contoh anak-anaknya dalam berperilaku. Pemahaman ini berlaku bukan hanya di dunia nyata saja tapi juga dunia maya.

Jadilah contoh yang baik untuk anak, misal dengan tidak menulis komentar yang merendahkan orang lain, atau mengunggah foto-foto seksi.

4. Perbanyak family time

Memperbanyak aktivitas keluarga seperti makan bersama, olahraga, menonton televisi bersama, bermain uno, atau sekadar berjalan-jalan bersama akan membantu si Anak melupakan sejenak kebutuhan online-nya.

Tentu saja, di saat seperti ini, Moms dan Dads pun harus berusaha keras menjauhkan diri dari internet.  Moms and Dads harus lebih kreatif dalam memberikan variasi kegiatan atau permainan agar anak tidak bosan dan terpaku pada gadget.

Itulah tiga tips dari IDAI dalam mengurangi risiko anak kecanduan gadget selama PJJ.

 

5. Beri Batasan Mengenai Penggunaan Ponsel

Melansir dari situs resmi IDAI, untuk mengurangi kemungkinan anak kecanduan gadget, Moms harus menerapkan screen time yakni waktu yang digunakan untuk bermain gadget.

Untuk anak yang berusia lebih dari 2 tahun, IDAI menyarankan orang tua memberikan screen time pada anak tidak boleh lebih dari 2 jam per hari. Namun, Moms bisa menyesuaikan waktu screen time dengan waktu sekolah anak.

Sama seperti Moms memberi anak batasan menonton televisi atau bermain games, Moms juga harus memberinya batasan mengenai penggunaan ponsel.

Tetapkan aturan bahwa ponsel hanya bisa diizinkan untuk digunakan pada jam-jam tertentu, atau setelah pekerjaan rumah selesai.

Selama ponsel tidak digunakan, ponsel harus dijauhkan sehingga pesan atau notifikasi yang masuk tidak akan terdengar dan mengganggu konsentrasi anak.

Bagikan informasi tentang Tips Bijak Memantau Media Sosial si Kecil kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Bijak Memantau Media Sosial si Kecil | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Tips Bijak Memantau Media Sosial si Kecil

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 45%
Dutabee Kids Boost

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 55.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 55.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Golden Gamat Plus

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 43%
HRP Susut Perut

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 84.900 Rp 150.000
Tersedia
Rp 84.900 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Vcos 350ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 98.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 98.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR