Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Menjaga Kesehatan dan Pola Hidup Sehat Saat Bulan Puasa

Tips Menjaga Kesehatan dan Pola Hidup Sehat Saat Bulan Puasa

Diposting pada 15 March 2022 oleh admin | Dilihat: 24 kali

Saat menjalankan puasa di bulan suci Ramadan, umat muslim dituntut untuk tetap dapat tampil bugar dan bertenaga agar aktivitas lancar. Selain itu, Anda juga dapat beribadah secara maksimal apabila tubuh bugar. Ada beberapa tips puasa sehat yang bisa dilakukan di bulan suci Ramadan agar tubuh bugar.

Sebenarnya, berpuasa dengan tidak minum dan makan telah terbukti memberikan dampak yang sangat baik untuk kesehatan. Berpuasa terbukti akan membantu penderita diabetes dalam mengontrol gula darah. Puasa juga dapat memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik dan meningkatkan kesehatan otak.

8 Tips Puasa Sehat agar Tubuh Tetap Bugar dan Bertenaga

  • Jangan Lewatkan Sahur
    Sahur merupakan salah satu bagian terpenting dari puasa. Saat sahur, tubuh memperoleh nutrisi yang dibutuhkan selama menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, Nabi Muhammad saw. sangat menganjurkan umatnya untuk sahur dan disunahkan untuk sahur mendekati waktu azan subuh.Hal ini bertujuan agar nutrisi dan cairan yang dibutuhkan tubuh masih ada di dalam tubuh dan belum selesai dicerna ketika Anda mulai berpuasa.

 

 

  • Selain mengonsumsi sahur tepat waktu, tips puasa lainnya yang harus Anda perhatikan adalah tidak mengonsumsi makanan tinggi kandungan minyak terutama ketika sahur. Makanan tinggi kandungan minyak dapat menyebabkan penggumpalan sel darah merah.Penggumpalan sel darah merah akan menghambat aliran oksigen di dalam tubuh. Bahkan penurunan aliran oksigen dapat mencapai 20 persen. Hal ini akan menyebabkan Anda mudah mengantuk di siang hari.

 

  • Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin dan Mineral
    Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh ketika menjalani ibadah puasa. Vitamin berfungsi untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh sehingga tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalani puasa.Konsumsi sumber vitamin dan mineral alami baik dari makanan dan minuman. Disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan selama puasa terutama sayur dan buah-buahan tinggi kandungan air.

 

  • Perbanyak Konsumsi Protein
    Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan serta membantu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dibandingkan hanya mengonsumsi karbohidrat saja. Protein juga merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh terutama jika Anda harus menahan lapar lebih lama.Protein yang tersedia di alam meliputi protein hewani dan protein nabati. Sumber protein hewani seperti ayam, telur, daging sapi, ikan, udang, dan hati. Sementara sumber protein nabati berasal dari kacang-kacangan, tempe, dan tahu.

 

  • Makan Secukupnya Saat Berbuka
    Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang saat berpuasa adalah berlebihan ketika berbuka puasa. Melihat makanan yang tersaji di depan mata saat berbuka memang terlihat sangat menggiurkan. Rasanya ingin menghabiskan semua makanan dan minuman segar yang terhidang.Padahal, Anda tidak disarankan untuk berbuka puasa dengan berlebihan. Konsumsilah makanan secukupnya saja agar tidak membuat perut terasa penuh dan sesak. Makan berlebihan saat berbuka justru membuat pencernaan kaget setelah sebelumnya kosong selama seharian.Alhasil, enzim pencernaan pun berkurang akibat lambung mengecil. Sebaiknya konsumsi makan dan minuman dilakukan secara bertahap dimulai dari minum air putih seteguk, makan ringan yang manis, baru kemudian makan besar setelah setengah atau satu jam kemudian.

 

  • Makan Manis Bukan dari Gula
    Mayoritas masyarakat Indonesia masih berpikir bahwa saat berbuka kita disunahkan makan makanan manis. Alhasil, banyak masyarakat yang mengonsumsi makanan atau minuman manis yang berasal dari gula. Padahal, yang benar adalah saat berbuka kita disunahkan mengonsumsi buah kurma.Buah kurma sendiri memang secara alami terasa sangat manis berkat kandungan karbohidrat sederhana di dalamnya berupa glukosa. Bahkan, kandungan glukosa di setiap 100 gram kurma mencapai 25 gram, yakni sekitar 25%. Kurma juga sangat kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.

 

  • Perhatikan Pola Tidur
    Meski sedang berpuasa, Anda tetap harus memperhatikan pola tidur. Pastikan Anda tetap memperoleh waktu tidur yang mencukupi selama seharian. Sebaiknya beristirahat sebentar di siang hari sekitar 15 menit sampai 30 menit.

 

  • Tetap BerolahragaSalah satu kunci tips puasa sehat yang sering sekali terlupakan oleh banyak orang adalah tetap aktif dan berolahraga. Banyak orang yang justru memanfaatkan momen puasa untuk bermalas-malasan seharian. Padahal, bermalas-malasan justru membuat tubuh semakin lemah dan tidak bertenaga.Tetap aktif menjalankan aktivitas selama berpuasa terbukti dapat menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, berolahraga singkat selama puasa juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal paling penting yang perlu diperhatikan jika ingin berolahraga ketika berpuasa adalah jangan berlebihan.Pilihlah jenis olahraga yang aman untuk dilakukan selama berpuasa seperti jalan santai, joging, bersepeda atau naik turun tangga. Lakukan olahraga setidaknya 15 sampai 30 menit dalam sehari.

 

Bagikan informasi tentang Tips Menjaga Kesehatan dan Pola Hidup Sehat Saat Bulan Puasa kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Menjaga Kesehatan dan Pola Hidup Sehat Saat Bulan Puasa | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Tips Menjaga Kesehatan dan Pola Hidup Sehat Saat Bulan Puasa

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 24%
Annur Madu Raw Honey

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 190.000 Rp 250.000
Tersedia
Rp 190.000 Rp 250.000
Stok: Tersedia
OFF 25%
Honey Maag

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Kapsul Wasir

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 28%
Hiperol

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 90.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 90.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR