Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal 😊 CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri 😊
Beranda » Artikel Terbaru » TIPS Menjaga Kesehatan Tubuh saat Ramadan di tengah Pandemi

TIPS Menjaga Kesehatan Tubuh saat Ramadan di tengah Pandemi

Diposting pada 11 February 2022 oleh admin | Dilihat: 227 kali

Saat ini umat muslim akan menjalankan ibadah puasa Ramadan 1443 Hijriah, seperti tahun kemarin tahun ini pun umat Islam harus menjalankan ibadah puasa dalam keadaan pandemi Covid – 19. Agar kita bisa menjalankan ibadah dengan baik, kita harus menjaga kesehatan seoptimal mungkin.

Kita memerlukan beberapa tips dan trik untuk menjaga kesehatan agar bisa beradaptasi dengan keadaan saat ini. Hal ini diperlukan terutama agar kita bisa beribadah sambil terus waspada dalam menghadapi pandemic Covid-19.
Berikut adalah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran selama Ramadhan :

  • Konsumsi Makanan Bergizi saat Sahur dan Berbuka Puasa

mengkonsumsi makanan bergizi adalah kunci menjaga kebugaran tubuh saat puasa di tengah pandemi Covid-19, hal ini bisa kita terapkan pada saat sahur dan berbuka puasa. Sebisa mungkin kita tidak boleh melewatkan makan di waktu sahur, karena hal ini akan mengakibatkan tubuh jadi lemas dan tidak bugar sepanjang hari.

Makanan yang dapat dikonsumsi saat sahur adalah makanan yang mengandung energi dan berserat tinggi,diantaranya adalah: Nasi,Oatmeal,Sereal,Yogurt,Roti.

Selain makanan mengandung energi, makanan mengandung protein juga bisa menjadi pilihan,beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 30% kalori makanan dari protein dapat mengurangi rasa lapar.

Saat buka puasa, hindari makan secara berlebihan. Hal ini justru dapat menyebabkan perut merasa kembung. Sebaiknya, berbukalah dengan air putih, makanan rendah lemak, dan makanan yang mengandung gula alami untuk memberi energi pada tubuh, seperti jus dan smoothies tanpa pemanis tambahan, kurma, buah, atau sup.

Makanlah makanan dengan gizi yang seimbang, terdiri dari karbohidrat, protein, dan serat. Makanan dengan gizi seimbang dapat menjaga tubuh tetap bugar saat puasa dan meningkatkan imun selama pandemi Covid-19, kemudian kurangi makanan berlemak seperti gorengan.

  • Penuhi Kebutuhan Air

Saat berbuka puasa, banyak orang lebih memilih minum-minuman manis dan melupakan air putih. Padahal, air putih justru lebih dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem imun tubuh. Sebelum meminum yang manis sebaiknya mendahulukan minum air putih.

Untuk menghindari dehidrasi kita harus tetap memenuhi kebutuhan air saat puasa, yaitu 8 gelas sehari, agar tubuh tetap bugar. Kita bisa melakukannya ketika sahur, berbuka puasa, dan menjelang tidur untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut. Hal ini juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh selama pandemi Covid-19.

  • Kurangi Konsumsi Gula

Mengkonsumsi yang manis ketika berbuka puasa memang disarankan, tapi perlu diingat, mengonsumsi gula secara berlebihan juga tidak baik bagi tubuh,karena dapat menyebabkan diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit jantung. Semua penyakit ini dapat melemahkan sistem imun tubuh. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi asupan gula di bulan puasa ini, demi sistem imun tubuh yang tetap baik dan terjaga

  • Lengkapi Nutrisi dengan Multivitamin

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama puasa adalah dengan mengonsumsi multivitamin kesehatan. Jenis mulitvatamin yang dipilih pun tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh seseorang sehingga tidak bisa disamaratakan.
Suplemen khusus Ramadan berupa multivitamin yang dibutuhkan tubuh meliputi vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, dan zat besi, habbatussauda dan sari kunyit (turmeric).

Mengonsumsi multivitamin saat puasa bisa membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Kandungan mineral dari multivitamin juga membantu memaksimalkan antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas.

  • Berolahraga

Tidak ada larangan untuk tetap melakukan olahraga saat menjalankan puasa. Hanya saja kamu perlu pilih waktu yang tepat. Di masa Ramadan ini kita bisa melakukan olahraga yang tidak terlalu berat, asalkan badan tetap berkeringat dan bergerak.

Misal contohnya, dengan melakukan jalan kaki ataupun yoga. Bila takut membebani tubuh, kita bisa memilih untuk berolahraga beberapa jam sebelum berbuka, Setelah sahur, daripada tidur lagi lebih baik dipergunakan untuk olahraga di pagi hari. Ini bisa dilakukan jika kamu tidak punya keluhan kesehatan. Kamu bisa langsung bersih-bersih dan mandi.

  • Tidur Cukup

Saat pandemi seperti ini kita tidak boleh stress,tidur yang cukup dapat mengurangi stres. Adapun mengontrol stres sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik di tengah pandemi Covid-19

Tidur juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa. Pastikan kita mendapatkan durasi tidur selama 6-8 jam sehari agar tidak mudah lelah saat puasa dan selama Covid-19.

  • Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan sangat diperlukan untuk mencegah penularan virus corona, baik itu kebersihan lingkungan dan kebersihan diri. Selain memakai masker dan menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dibawah air mengalir atau mencuci tangan dengan handsanitazer dengan larutan berbahan dasar alkohol harus sering kita lakukan terutama bila kita sudah kontak dengan lingkungan sekitar.

Pandemi Covid-19 membuat seorang harus lebih berupaya mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidup. Pasalnya, dampak virus corona tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik, kesehatan mental, hingga aspek kehidupan seseorang baik secara psikologis, sosial, bahkan spiritual ikut diuji saat ini, termasuk pada saat menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan seperti sekarang ini.

  • Buat Skala Prioritas

Sebaiknya kita menyusun skala prioritas dan jadwal aktivitas selama Ramadhan. Ini bisa dilakukan dengan membagi waktu beristirahat, beribadah, juga waktu untuk bekerja, terutama bagi mereka yang harus tetap bekerja diluar rumah.

Usahakan untuk mematuhi jadwal yang telah dibuat, agar Anda tetap bisa produktif sekaligus banyak mendapatkan porsi untuk beribadah. Dengan mengikuti jadwal dan menyusun prioritas, kita juga bisa memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat, agar tidak kelelahan karena serangkaian aktivitas yang dilakukan sambil berpuasa.

  • Berjemur

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D bagi tubuh sebaiknya kita berjemur dibawah sinar matahari. Menurut penelitian waktu yang tepat untuk berjemur adalah Pukul 10 pagi, berjemur tidak perlu lama-lama,cukup 10 sampai 15 menit saja.

  • Lakukan Aktivitas Menyenangkan

Selain menjaga kesehatan fisik, kita juga perlu menjaga kesehatan mental. Termasuk menjaga hubungan dengan pasangan dan anak-anak. Lakukan hal-hal yang bisa membuat kita senang seperti menjahit, bermain alat musik, melukis, menggambar, membuat cerita pendek, memasak atau menonton acara televise, berkebun, bersepeda, memelihara binatang seperti Ikan, Homster, Kelinci, Kucing dll.

Lakukan apapun yang membuat diri kita senang. Jangan sampai wabah Covid-19 menghambat pelaksanaan puasa kita dan keluarga. Ibadah harus tetap berjalan agar pahala terus mengalir di bulan penuh berkah.

Bagikan informasi tentang TIPS Menjaga Kesehatan Tubuh saat Ramadan di tengah Pandemi kepada teman atau kerabat Anda.

TIPS Menjaga Kesehatan Tubuh saat Ramadan di tengah Pandemi | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk TIPS Menjaga Kesehatan Tubuh saat Ramadan di tengah Pandemi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 35%
Kapsul Lancar BAB

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 64.900 Rp 100.000
Tersedia
Rp 64.900 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 44%
Madu Subur Kandungan

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 135.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 135.000
Stok: Tersedia
OFF 92%
Madu Raja Hitam Pahit

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 125.000 Rp 1.580.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 1.580.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
Golden Gamat Plus

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR