Butuh Bantuan? Customer service Griya Annur siap melayani dan membantu Anda.
Selamat datang diwebsite Griya Annur Herbal šŸ˜Š CV. Griya Annur menggunakan mesin modern berstandart tinggi dan bahan baku berkualitas yang sudah melalui uji lab. Memberi kesempatan bagi anda yang ingin memiliki Produk EXCLUSIVE dengan brand dan design milik kalian sendiri šŸ˜Š
Beranda » Artikel Terbaru » Waspada Sakit Gondongan

Waspada Sakit Gondongan

Diposting pada 16 March 2022 oleh admin | Dilihat: 17 kali

Gondongan adalah infeksi virus yang menyerang kelenjar parotid (kelenjar yang memproduksi air liur) dan menyebabkan pembengkakan. Kelenjar parotoid terletak tepat di bawah telinga di samping wajah. Itulah mengapa orang yang mengalami gondongan, bagian sisi wajahnya akan terlihat membesar.

Penyebab Gondongan:

Gondongan merupakan jenis penyakit menular yang umumnya dididap oleh anak-anak. Penyebaran virus gondongan mirip dengan penyebaran virus flu, yaitu melalui air liur yang terkontaminasi. Bila kamu tidak sengaja menghirup percikan air liur dari pengidap gondongan saat ia bersin atau batuk, kamu berisiko tertular gondongan juga.

Penyebaran virus gondongan juga bisa terjadi secara tidak langsung, yaitu melalui media perantara. Misalnya, kamu menggunakan peralatan makan yang sama dengan pengidap gondongan. Di samping itu, apabila pengidap gondongan menyentuh mulut atau hidungnya, lalu tangan mereka yang telah terkontaminasi virus memegang meja makan, kamu pun juga berisiko tertular gondongan bila memegang meja makan tersebut.

Saat terinfeksi, virus gondongan akan masuk ke saluran pernapasan melalui hidung, mulut atau tenggorokan.Ā  Ā  Ā  Ā  Ā  Kemudian, virus bergerak menuju kelenjar parotid untuk menetap, berkembang biak, dan berinkubasi selama 2-3 minggu.

Gejala Gondongan

Selain sisi wajah yang tampak membesar akibat pembengkakan kelenjar parotid, gondongan juga bisa menyebabkan gejala-gejala lainnya, yaitu:

  • Nyeri sendi.
  • Demam tinggi.
  • Mulut kering.
  • Nyeri perut.
  • Hilang nafsu makan.
  • Lelah.
  • Sakit kepala.

Gejala-gejala tersebut sering kali terasa sebelum dan setelah pembengkakan kelenjar parotid terjadi. Biasanya, pengidap juga akan kesulitan menelan dan merasakan nyeri pada sisi wajah.

Pengobatan Gondongan

Sayangnya, hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan gondongan. Pengidap gondongan bisa sembuh jika sistem kekebalan tubuh berhasil melawan infeksi. Sementara sistem kekebalan tubuh melakukan pemulihan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala gondongan, yaitu:

  • Mengompres bagian tubuh yang bengkak dan sakit dengan air hangat.
  • Banyak minum air putih.
  • Istirahat yang cukup.
  • Menghindari minuman yang dapat mengiritasi kelenjar parotid, seperti jus buah.
  • Konsumsi makanan lunak agar terhindar dari rasa sakit akibat mengunyah.
  • Minum obat pereda rasa sakit sesuai resep yang diberikan dokter.

Penyakit gondongan biasa sembuh dalam waktu 1-2 minggu. Apabila setelah jangka waktu tersebut, gejala gondongan tidak menunjukkan tanda-tanda membaik atau malah memburuk, segera temui dokter kembali.

Bahan Alami untuk Mengatasi Gondongan

Penyakit gondongan dapat sembuh dengan sendirinya ketika sistem imunitas tubuh bekerja dengan maksimal. Umumnya, pengobatan yang dilakukan hanya untuk mengurangi gejala yang dirasakan. Selain mengompres bagian yang bengkak dengan air hangat, gunakan bahan alami ini untuk meringankan gejala, seperti:

1. Air Putih

Nyeri pada rahang bagian belakang yang dirasakan oleh pengidap gondongan dapat mengakibatkan terjadinya penurunan nafsu makan dan minum. Jika dibiarkan, kondisi ini karena memicuĀ dehidrasi.

Tidak ada pantangan bagi pengidap gondongan untuk mengonsumsi cairan dalam bentuk apa pun, tetapi untuk mengoptimalkan kondisi imunitas tubuh, tidak ada salahnya perbanyak konsumsi air putih. Hindari mengonsumsi jus buah karena merangsang produksi air liur yang membuat kelenjar parotis semakin terasa nyeri.

2. Lidah Buaya

Tidak hanya memiliki khasiat untuk kesehatan kulit maupun rambut, kamu dapat menggunakan lidah buaya untuk mengompres bagian sisi wajah kamu yang mengalami pembengkakan akibat penyakit gondongan.

Efek dingin yang diberikan oleh lidah buaya mampu meringankan gejala penyakit gondongan. Gunakan bagian dalam lidah buaya yang sudah dipotong menjadi dua. Oleskan beberapa kali dalam sehari agar hasilnya lebih maksimal.

3. Air Garam

Berkumur dengan air garam juga bisa membantu meringankan gejala gondongan yang kamu rasakan. Rutin lakukan kumur agar rasa nyeri yang kamu rasakan dapat berangsur menghilang.

4. Bawang Putih

Tidak ada salahnya untuk menambahkan asupan bawang putih pada sup atau makanan yang kamu konsumsi ketika gondongan. Bawang putih memiliki kandunganĀ allicinĀ yang membuat sistem imunitas tubuh meningkat. Sistem imunitas tubuh yang optimal membuat virus penyebab gondongan berangsur menghilang.

5. Jahe

Jahe mengandung minyak atsiri di dalamnya yang memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya dapat membuat sistem daya tahan tubuh menjadi optimal, minyak atsiri pada jahe memiliki manfaat antiperadangan.

Bagikan informasi tentang Waspada Sakit Gondongan kepada teman atau kerabat Anda.

Waspada Sakit Gondongan | Produsen Obat Herbal

Belum ada komentar untuk Waspada Sakit Gondongan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

OFF 50%
Madu Asam Urat

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 150.000
Tersedia
Rp 75.000 Rp 150.000
Stok: Tersedia
OFF 35%
D’haid

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 65.000 Rp 100.000
Tersedia
Rp 65.000 Rp 100.000
Stok: Tersedia
OFF 92%
Madu Raja Hitam Pahit

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 125.000 Rp 1.580.000
Tersedia
Rp 125.000 Rp 1.580.000
Stok: Tersedia
OFF 30%
Vicos 100ml

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 48.000 Rp 69.000
Tersedia
Rp 48.000 Rp 69.000
Stok: Tersedia
SIDEBAR